PANTAI SUNDAK

Tentang Pantai Sundak

Salah satu wisata Indonesia yang berada di Gunung Kidul tepatnya di dekat Pantai Indrayanti. Pantai ini berpasir putih dan memilii air yang masih bersih, bening, dan menyegarkan. Tetapi ombak di Pantai Sundak ini sangat besar, jadi jika anda ingin bermain air di Pantai Sundak diharapkan untuk berhati-hati. Selain bermain air anda juga bisa berjalan-jalan di tepi pantai sambil menikmati keindahan pantai ini. Jika anda berjalan di tepi pantai sampai sejauh 40 meter anda akan menemukan batu-batu karang kecil berjajar dan batu-batu karang tersebut adalah tempat persembunyian hewan-hewan laut yang kecil, tetapi harus tetap berhati-hati karena batu karang tersebut begitu tajam.

Di sebelah utara Pantai Sundak terdapat beberapa bukit batu karang dan batu kapur dengan tinggi sekitar 12 meter. Yang menjadi pemandangan yang indah di kawasan Pantai Sundak ini. Dan dari beberapa batu karang tersebut salah satunya terdapat sebuah lorong atau goa, dan dapat untuk dimasukki. Pantai ini juga sangat cocok untuk dikunjungi bersama keluarga dengan berfoto ria.

Di sekitar pantai ini juga terdapat batu-batu karang kecil dan batu karang berbentuk payun, serta terdapat bukit yang menjadi pemisah antara Pantai Sundak dengan pantai-pantai lainnya yang ada di Gunung kidul. Di pantai ini juga disediakan area untuk camping.


Sejarah

Menurut sejarahnya dulu sekitar tahun 1930, batu karang yang terdapat gua tersebut awalnya masih terendam air laut. Bahkan, air laut tersebut meluas sanpai ke wilayah masjid dekat pantai ini. Semakin berjalannya waktu, terjadi perubahan struktur pantai selatan yang menyebabkan pemukaan laut dan airnya menyusut.

Pantai Sundak ini memiliki fenomena alam yang unik. Ketika tiba musim hujan volume air menjadi besar dan muncul air yang mengalir ke lautan. Oleh karena itu, daratan di sebelah timur pantai ini menjadi seperti terbelah dan membentuk sebuah sungai. Air lautan tersebut mengalir di sungai dan membelah pasir. Dan ketika musim kemarau tiba, belahan pasir itu menghilang. Keunikan tersebut yang menjadikan Pantai Sundak juga dikenal dengan nama Pantai Wedibedah.


Lokasi

Lokasi Pantai Sundak sudah cukup aman untuk dijangkau karena jalan menuju Pantai Sundak sudah cukup layak untuk dilewati, tetapi ada sebagian jalan yang masih naik turun dan berbelok-belok. Jadi jika Anda ingin mengunjungi Pantai Sundak diharapkan untuk berhati-hati. Lokasi tepat Pantai Sundak yaitu berada di Sidoharjo, Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.


Rute

Rute menuju Pantai Sundak ini sudah cukup mudah dijangkau. Jika Anda dari pusat Kota Jogja ke selatan melewati jl mayor suryotomo jalan terus, sampai melewati jl brigjen katamso sampai ke perempatan ke arah timur melewati jl kolonel sugiono, kemudian jalan terus sampai ke pertigaan ke selatan melewati jl sisingamangaraja lurus terus melewati jl imogiri barat sampai ke pertigaan ke timur melewati jl bakulan imogiri ikuti terus jalan tersebut sampai melewati jl imogiri siluk jalan terus menuju jl siluk panggang lurus melewati jl raya panggang wonosari, lalu melewati jl pantai sel jawa ikuti jalan tersebut kemudian Anda akan sampai ke Pantai Sundak.

Jarak dari pusat Kota Jogjakarta ke wisata Pantai Sundak cukup jauh yaitu sekitar 65,3 kilometer dan waktu tempuh untuk kendaraan bermotor dari pusat Kota Jogja ke Pantai Sundak sekitar 1 jam 46 menit.


Harga Tiket

Harga tiket masuk ke Pantai Sundak cukup murah. Jika anda berkunjung ke Pantai Sundak anda akan dikenakan biaya sebesar Rp. 5000/orang saat weekday dan Rp. 6000/orang saat weekend. Dan jika Anda ingin menyewa gazebo akan dikenakan biaya sekitar Rp. 10.000 sampai Rp. 20.000.

Sedangkan untuk biaya parkir pengunjung dikenakan biaya Rp. 2000 untuk sepeda motor dan Rp. 5000 untuk mobil.


Fasilitas

Fasilitas yang ada di Pantai Sundak sudah cukup memadai dan pastinya membuat pengunjung merasa nyaman fasilitas diantaranya:

1. Area parkir luas

2. Mushola

3. Kamar mandi/Toilet

4. Terdapat gazebo untuk bersantai

5. Kamar ganti


Wahana

1. Menikmati Suasana Pantai

Anda bisa duduk di gazebo pantai yang sudah di sediakan atau pun di bawah pohon yang ada di tepi pantai, sambil menikmati suasana pantai yang indah dengan suara deburan ombak dan angin yang semilir ataupun membeli makanan olahan laut yang tersedia di sana

2. Bermain Pasir

Di pantai ini, anda tidak bisa melakukan aktivitas berenang karena airnya yang dangkal dan terdapat banyak karang-karang kecil yang tajam, anda bisa bermain air di bibir pantai dan berjalan sejauh 40 meter ke tengah laut jika penasaran ingin melihat penampakan karang kecil dari dekat. Bermain pasir pun bisa menjadi aktivitas yang menyenangkan jika di lakukan bersama dengan teman, keluarga ataupun pasangan.

3. Berfoto

Di pantai ini pun banyak spot untuk berfoto yang bagus, anda bisa foto sepuasnyaa bersama keluarga, teman atau pun pasangan anda di pantai ini dengan bebas karena pantai ini sepi sehingga anda bisa lebih leluasa untuk mengekspresikan gaya atau pose saat berfoto bersama.

4. Mencicipi Makanan

Anda juga bisa menikmati aneka makanan olahan laut lezat di sekitaran pantai sambil menunggu matahari terbenam ataupun hanya sekedar mengisi perut saja bersama keluarga.

5. Penginapan

Penginapan, bagi yang ingin menikmati matahari terbenam di sore hari, menikmati pemandangan hamparan bintang-bintang di lautan luas ketika malam dan menikmati aejuknya udara pagi dan indahnya matahari terbit dari tepi pantai. Tetapi penginapan yang tersedia hanya Hotel kelas melati dan hotel-hotel kecil lainnya.

6. Goa Air Tawar

Di sebelah utara pantai, tampak perbukitan batu kapur dan batu karang dengan tinggi kurang lebih sekitar 12 meter. Di salah satu bukit batu karang ada goa atau lorong, anda bisa memasukinya. Di sebelah barat, ada masjid dan ruangan kosong yang ekarang sudah menjadi tempat parkir. Di sebelah timur terdapat batu karang yang ada goa nya, dengan ketinggian goa kurang lebih sekitar 2 meter. Di sana terdapat sumur alami yang dijadikan tempat untuk mengambil air tawar oleh warga sekitar.

Karena sejarah pantai yang pernah terjadi tentang Anjing dan Landak, akhirnya warga sekitar dapat menemukan sumber mata air yang ada di dalam goa tersebut. Setelah lama kampung itu mengalami kekeringan, sumber air ini pun di temukan oleh si pemilik Anjing yang bingung pada saat melihat tubuh Anjingnya basah setelah keluar dari goa, karena penasaran si pemilik Anjing mencari tahu goa tersebut lalu memasukinya dan melihat ada sumber mata air tersebut.

Dan akhirnya warga sekitar dapat menggunakan sumber mata air dalam goa itu untuk kebutuhan sehari-hari bahkan warga pun memasang pipa khusus untuk menyambung air dari goa itu ke pemukiman para warga.

7. Melihat Ikan-ikan Kecil

Pemandangan di Pantai Sundak ini masih terbilang alami, dengan pantai pasir putih yang masih bersih dan air lautnya yang jernih sehingga menjadi daya tarik bagi pengunjung untuk datang ke pantai ini. Jika kita berjalan ke arah laut sejauh 40 meter, anda akan menemukan karang-karang kecil yang menjdi tempat persembunyian ikan-ikan kecil.


Wonderful Indonesia