PANTAI NGLAMBOR

Tentang Pantai Nglambor

Salah satu wisata Indonesia yang terletak di Kelurahan Purwodadi, Kecamatan Tepus, Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Lokasinya persis di sebelah barat dari Pantai Siung dan sebelah timur dari Pantai Jogan. Jaraknya kurang lebih 74 km dari pusat kota Jogja, pantai ini menawarkan panorama pantai yang indah. Terdapat dua batu karang besar yang menyerupai kura-kura persis di depan teluknya. Air lautnya yang jernih menjadikan pengunjung bisa dengan leluasa melihat karang, rumput laut, ikan dengan berbagai warna berkejaran, dan aneka biota laut lainnya dari permukaan air. Para pengunjung pun bisa melakukan snorkeling dan berenang di pantai ini tanpa harus khawatir tergulung ombak besar karena memang lokasinya pantainya yang berada di teluk.Seringkali pengunjung berasal dari luar kota bahkan luar negeri, seperti turis dari Belanda, Prancis dan Singapura


Harga Tiket

Merasakan asyiknya snorkling, melihat terumbu karang dan ikan-ikan di pantai Ngalmbor, maupun menikmati pemandangan pantai yang menarik hati, bisa Anda dapatkan semuanya. Untuk itu, Anda hanya cukup membayar biaya tiket masuk yang terjangkau, bahkan wisata yang Anda dapatkan lebih bagus dan banyak sekali.

Biaya tiket tersebut hanya sebesar Rp 6.000,-/orang. Kemudian untuk biaya parkir motor hanya Rp 2.000,- dan pakir kendaraan roda empat seperti mobil Rp 5.000,-. Dengan harga yang sangat murah tersebut, liburan di pantai tak perlu jauh dan mahal untuk mendapatkan pemandangan dan obyek wisata yang menarik.


Rute

Akses dan rute menuju pantai Nglambor disebut-sebut sebagai rute yang sedikit susah. Namun Anda tidak perlu khawatir karena perjalanan akan terbayar tuntas dengan obyek wisata di Pantai Nglambor. Untuk menuju ke pantai unik ini Anda bisa mulai dari kota Yogyakarta. Melajulah menuju ke Jalan Wonosari untuk tiba di Piyungan.

Ketika sampai di Piyungan Anda akan melewati bukit bintang. Kemudian menuju ke Patuk dan Sambipitu. Setelah itu melaju ke arah Pemda Kota Wonosari. Jika sudah sampai di sana, silakan Anda menuju ke arah Tepus, Menthel, Cabean, lalu Bintaos. Dari Bintaos Anda akan sampai di kantor kecamatan Tepus, kemudian menuju ke desa Tepus, Gesing, setelah itu Purwodadi.

Dari Purwodadi ini Anda sudah hampir dekat dengan pantai Nglambor. Arahkan kendaraan Anda menuju simpang tiga Nagun menuju ke jalur Pantai Siung. Dari sini Anda akan segera menemukan tempat pos pemungutan retribusi. Setelah membayar retribusi, Anda bisa melanjutkan perjalanan menuju pantai Nglambor yaitu di simpang tiga kedua.


Hal Menarik

Panorama alam di pantai Nglambor sangat menarik dan indah. Namun tak hanya itu, bahkan di pantai Nglambor terdapat banyak obyek wisata yang bisa Anda nikmati bersama keluarga maupun teman. Apa saja obyek wisata yang disediakan di pantai di Gunungkidul ini? Inilah obyek wisata di pantai Nglambor.

1. Wahana Snorkeling

Snorkling Pantai Nglambor

Melihat secara langsung biota laut berupa kerang-kerang dan ikan-ikan khas laut yang bermacam-macam adalah kegiatan yang menyenangkan dan bikin ketagihan. Di pantai satu ini, aktivitas tersebut dapa dilakukan. Tenang saja, meskipun ombak cukup besar, namun snorkeling dilakukan di area yang aman. Area ini diapit oleh dua kerang besar yang kata orang disebut seperti kura-kura raksasa penjaga pantai.

Selain itu, disediakan juga alat-alat untuk snorkeling yang lengkap dengan harga sewa yang terjangkau. Saat melakukan aktivitas seru snorkeling ini Anda boleh menikmati hingga puas. Namun perlu diperhatikan agar tetap berhati-hati terutama agar tidak menginjak terumbu karang. Jika Anda menginjaknya, maka akan berdampak pada terumbu karang yang menjadi rusak.

Terdapat dua tempat penyewaan alat snorkeling di pantai Nglambor ini. Anda bisa memilihnya salah satu. Namun sebelum itu lebih baik Anda hubungi pihak penyewa alat untuk memastikan agar tidak kehabisan saat di tempat. Siapkan juga alam untuk mengabadikan momen snorkeling dan pemandangan bawah laut ala pantai Nglambor tersebut.

2. Foto di Bawah Air

Akhir-akhir ini foto di bawah permukaan air laut menjadi populer di sosial media. Anda pun bisa melakukannya di pantai Gunungkidul ini. siapkan pembungkus kamera yang anti air dengan kualitas yang baik agar air laut tidak masuk dan merusak handphone Anda. Atau jika ada, gunakan kamera khusus underwater.

3. Susur Pantai Nglambor

Objek Wisata Pantai Nglambor

Setelah mencoba berbagai obyek wisata seperti snorkeling dan trekking, saatnya berjalan santai menikmati indahnya pantai Nglambor. Menyusuri pinggiran pantai sambil bermain pasir ataupun mencicip pinggiran ombak akan sangat menyenangkan. Anda juga bisa mampir ke pantai-pantai lainnya yang berdekatan dengan pantai ini.

4. Jalur Trekking

Pantai Nglambor terletak di daerah yang mempunyai banyak tebing dan perbukitan. Jika Anda menginginkan wisata alam yang menantang, Anda bisa mencoba wahana trekking ini. kemudia jika Anda sudah sampai dipuncak, Anda akan dapat menyaksikan pemandangan dari atas bukit. Lengkap dengan pemandangan area snorkeling, dua batu karang raksasa, dan landscape pantai serta horizon. Anda juga bisa melihat pemandangan pantai-pantai di sekitar pantai Nglambor.


Yang harus diketahui sebelum berlibur ke Pantai Nglambor

1. Harus menggunakan kendaraan pribadi

Menuju Pantai Nglambor, pengunjung dari kota Wonosari menuju ke Tepus, lalu dilanjutkan menuju ke arah pantai Siung. Atau jika terjadi kepadatan bisa melalui Semanu menuju ke Desa Purwodadi, Tepus. Tidak ada transportasi umum menuju kawasan Pantai Nglambor. Untuk pengendara mobil pribadi harus memarkirkan kendaraan di pinggir jalan. Pengunjung bisa memanfaatkan ojek warga sekitar atau memilih berjalan kaki sekitar 1 km. Untuk pengendara roda dua bisa langsung ke lokasi parkiran bawah dekat pantai. Untuk masuk ke kawasan Pantai Siung hanya membayar Rp 5.000.

2. Harus mengetahui cuaca Waktu

yang tepat untuk snorkeling harus menyesuaikan gelombang laut di saat akan surut dan gelmbang akan naik, karena lokasi snorkeling di Pantai Nglambor ada di kawasan pasang surut. Jika air surut tidak dapat ber-snorkeling dan ketika air laut tinggi berbahaya untuk snorkeling.

3. Selain snorkeling bisa menyeberang ke pulau

Bagi kamu yang tidak bisa berenang, ada cara lain menikmati Pantai Nglambor yakni menyeberangi pulau menggunakan jembatan yang sudah disediakan oleh masyarakat setempat. Pengunjung bisa menikmati keindahan tebing-tebing yang menjulang di sekitar Pantai Nglambor.

4. Tidak ada Sinyal

Jika kamu mengunjungi Pantai Nglambor dan ingin segera mengunggah hasil jepretannya melalui gawai harus bersabar. Di kawasan tersebut tidak ada sinyal operator seluler yang masuk. Jadi harap bersabar untuk pindah ke lokasi yang lebih tinggi untuk mendapatkan sinyal seluler. Namun bagi yang ingin melepaskan penat mungkin kondisi ini cocok untuk bebas dari rutinitas.

5. Tersedia Makanan khas laut

Tidak perlu takut berkunjung ke Pantai Nglambor kamu akan kelaparan. Di sana sudah banyak tersedia berbagai makanan khas laut seperti ikan bakar dan ikan goreng. Jika beruntung kamu bisa mendapatkan lobster, dan jenis kerang laut, hingga gurita jika musim.


Wonderful Indonesia