MUSEUM GUNUNG MERAPI

Tentang Museum Gunung Merapi

Salah satu wisata yang terdapat di Yogyakarta tepatnya Jln. Boyong, Dusun Banteng, Desa Harjobinangun, Kecamatan Pakem, Kabupaten Sleman, Yogyakarta sekitar lima kilometer dari kawasan objek wisata Kaliurang. Museum Gunung Merapi telah diresmikan pada tanggal 1 Oktober 2009 oleh Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Purnomo Yusgiantoro.

Dengan luas bangunan sekitar 4,470 yang berdiri di atas tanah seluas 3,5 hektare, museum yang ke depan juga akan dilengkapi dengan taman, area parkir, dan plasa ini ingin dikenal masyarakat sebagai Museum Gunungapi Merapi dengan semboyan Merapi Jendela Bumi.

Museum Gunungapi ini dapat dijadikan sebagai sarana pendidikan, penyebarluasan informasi aspek kegunungapian khususnya dan kebencanaan geologi lainnya yang bersifat rekreatif-edukatif untuk masyarakat luas dengan tujuan untuk memberikan wawasan dan pemahaman tentang aspek ilmiah, maupun sosial-budaya dan lain-lain yang berkaitan dengan gunungapi dan sumber kebencanaan geologi lainnya. Museum Gunungapi ini diharapkan dapat menjadi solusi alternatif sebagai sarana yang sangat penting dan potensial sebagai pusat layanan informasi kegunungapian dalam upaya mencerdaskan kehidupan masyarakat, serta sebagai media dalam meningkatkan kesadaran dan kewaspadaan masyarakat tentang manfaat dan ancaman bahaya letusan gunungapi serta bencana geologi lainnya

Terdapat dua lantai di Museum Gunung Merapi ini. Pada lantai pertama Anda akan melihat foto erupsi Gunung Merapi sampai ke alat pemantaunya. Di museum ini Anda juga bisa melihat secara dekat alat-alat pengamat seperti seismograf, radio hingga komputer. Selain itu Anda juga bisa menambah wawasan tentang mitos yang ada pada Gunung Merapi, dari lavanya sampai ke perkembangan pemantaunya. Bahkan, disana juga ada barang yang berperan pada peristiwa Gunung Merapi ini tetapi hanya kerangkanya karena terhempas oleh awan panas.

Pada lantai kedua Anda dapat melihat lantai dasar dan menikmati replika merapi dari atas. Terdapat lorong di lantai ini yang berisi peraga simulasi yang ditampilkan di dalam LCD. Peraga yang ditampilkan ada dua macam yaitu mulai dari peraga gempa bumi, peraga bencana tsunami sampai replika gunung. Pada lantai ini juga terdapat bioskop mini yang isinya film dokumentasi “Mahaguru Merapi”. Lantai ini yang sering digunakan pengunjung untuk berfoto ria. Jadi jika Anda ingin mengetahui sejarah tentang Gunung maupun tentang bencana lainnya silahkan mengunjungi Museum Gunung Merapi.


Lokasi

Jalan Kaliurang Km. 22, Banteng, Hargobinangun, Pakem, Hargobinangun, Sleman, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55582, Indonesia


Tiket Masuk

• Tiket masuk : Rp 5.000,- per orang

• Tiket masuk Wisman : Rp. 10.000,- per orang

• Tiket masuk ruang audio visual : Rp 5.000,- per orang

• Tiket masuk ruang audio visual wisman : Rp. 10.000,- per orang


Jam Buka

• Selasa - Minggu pukul 08.00 - 15.30 WIB

• Jumat pukul 08.00 - 14.30 WIB

• Senin tutup


Fasilitas umum

• Kamar Mandi

• Parkir Luas

• Souvenir Shop

• Kantin

• Koperasi

• Ruang Audio Visua


Ulasan Singkat

• Museum Gunung Merapi dibangun sejak tahun 2005 atas kerjasama kementrian Energi dan Sumber Daya Mineral, Pemerintah Propinsi DIY dan Pemerintah Kabupaten Sleman.

• Museum Gunung Api Merapi (MGM) diresmikan pada 1 Oktober 2009. Museum yang dibangun di atas tanah seluas 3,5 hektar dengan bangunan induk museum seluas 4.470 meter persegi tersebut diharapkan menjadi aset geo-wisata baru di wilayah propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

• Museum Gunungapi Merapi dilengkapi dengan ruangan-ruangan yang mengambil tema Volcano World, On The Merapi Volcano Trail, Manusia dan Gunungapi, Bencana Gempabumi dan Tsunami, Bencana Gerakan Tanah, Diorama, Peralatan Survey, Extra-terrestrial Volcano, Film Show, dan fasilitas penunjang lainnya.

• Museum ini dibuat untuk menceritakan gunung api yang ada, khususnya Merapi. Anda dapat mengamati berbagai tipe gunung api dan letusannya di dunia melalui panel museum. Selain itu artefak dari letusan Merapi tahun 2006 berupa bangkai sepeda motor, alat-alat rumah tangga, serta foto-foto erupsi tahun 2010 dapat Anda saksikan melengkapi foto-foto erupsi berbagai gunung api di Chili, Italy, Hawaii, USA, dan lain sebagainya.


Wonderful Indonesia