GOA JOMBLANG

Tentang Goa Jomblang

Salah satu wisata yang bertipe collapse doline. Gua ini terbentuk akibat proses geologi amblasnya tanah beserta vegetasi yang ada di atasnya ke dasar bumi yang terjadi ribuan tahun lalu. Runtuhan ini membentuk sinkhole atau sumuran yang dalam bahasa Jawa dikenal dengan istilah luweng. Itulah yang membuat unik karena di dalam gua terdapat luas mulut gua sekitar 50 meter ini sering disebut dengan nama Luweng Jomblang. Gua Jomblang terletak di Kabupaten Gunungkidul, DI Yogyakarta.

Saat ini Gua Jomblang merupakan tempat konservasi tumbuhan purba dan dikembangkan menjadi tempat wisata minat khusus yang mana dikelola oleh penduduk atau warga setempat. Untuk menuruni gua vertikal ini pihak pengelola sudah menyediakan perlengkapan lengkap sesuai standar keselamatan caving di gua vertikal.

Sinar matahari yang menerobos masuk dari Luweng Grubug setinggi 90 meter membentuk satu tiang cahaya, menyinari flowstone yang indah serta kedalaman gua yang gelap gulita. Air yang menetes dari ketinggian turut mempercantik pemandangan. Tidak salah jika banyak orang terkagum-kagum datang ke sini ketika menyaksikan lukisan alam yang dikenal dengan istilah "cahaya surga"


Sejarah Singkat

Terbentuknya Goa Jomblang ini karena adanya perlarutan dan peruntuhan lapisan batu gamping yang berumum sekitar 15 – 30 juta tahun. Memiliki kedalaman 60 meter yang bergaris tengah 50 meter ke dasar lubang atau di sebut Sumuran. Sumuran ini ini terhubung dengan lorong mendatar yang berakhir di Luweng Grubug.

Luweng Grubug sediri adalah sumuran tunggal yang memiliki kedalaman 90 meter, merupakan sumuran terdalam di pulau jawa. Tak hanya itu ada aliran sungai bawah tanah yang menjadi daya tarik lain pada wisata Goa Jomblang ini.


Harga Tiket

Untuk harga tiket masuk ke Goa Jomblang ini kamu akan dikenakan tarif Rp. 450.000 sampai Rp.1.000.000. Memang tergolong mahal untuk harga tiket, karena kamu harus menyewa pemandu serta peralatan yang tak sedikit. Harga tiket ini berlaku hanya untuk satu orang saja. Lalu untuk harga parkir satu motor akan dikenakan tarif Rp. 3000.

Jika anda mempunyai peralatan caving sendiri mungkin biaya akan jauh lebih murah untuk masuk ke Goa Jomblang ini. Nanti anda atau dengan kelompok anda tinggal meminta izin saja ke kepala dukuh setempat.


Lokasi

Untuk lokasi Goa Jomblang ini berada di Jetis Wetan, Pacarejo, Semanu, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta . Waktu tempuh dari Kota Yogyakarta ke tempat wisata ini kurang lebih 1,5 jam perjalanan.

Untuk rute ke Goa Jomblang yang bisa kamu ambil adalah melalui Jl. Wonosari – Piyungan – Patuk – kemudian menuju ke Wonosari dan bisa anda lanjutkan ke Desa Pacareja. Atau untuk rute detailnya anda bisa klik Google maps ini untuk beberapa rute yang bisa kamu akses dari Jogja.

Untuk fasilitas di Goa jomblang ini antara lain adalah Tempat ibadah, Area parkir, dan Kamar mandi umum. Ada juga tempat penitipan barang dan persingahan yang disediakan oleh Kepala dusun setempat dengan biaya sukarela.


Misteri Goa Jomblang

Misteri mengenai Goa Jomblang ini sebenarnya sudah banyak dikenal oleh masyarakat sekitar. Tempat ini konon menjadi tempat pembunuhan terduga anggota PKI. Tidak hanya terduga anggota PKI saja yang dibunuh di sini, tetapi juga banyak orang yang meninggal di sini. Diduga kejadian pembunuhan ini terjadi sekitar tahun 1965.

Pembantaian anggota PKI ini di lakukan dengan cara mengikat tangan antara anggota satu dengan anggota yang lainnya. Setelah itu, satu persatu anggota PKI ditembak lalu dimasukkan ke dalam goa. Mitos ini sudah menjadi rahasia umum sehingga wisatawan tidak perlu takut lagi. Selain itu, mayat yang ada di goa ini juga sudah dibersihkan.

Selain mitos mengenai pembunuhan PKI, terdapat juga mitos mengenai suara jeritan di goa ini. Suara jeritan ini terdengar seperti jeritan meminta pertolongan yang sangat menyayat hati. Terkadang suara ini terdengar saat malam tidak ada bulan, atau ketika mendung yang tebal menutupi bintang-bintang. Tidak bisa diperkirakan kapan jeritan itu terdengar kembali.


Tips Berkunjung

Sebelum berwisata ke Goa Jomblang, tentunya wisatawan harus mengetahui tips untuk berwisata ke Goa Jomblang. Agar nantinya wisatawan bisa berwisata dengan aman dan nyaman. Berikut adalah beberapa tips berwisata ke Goa Jomblang.

1. Membawa Pakaian Yang Nyaman

Membawa pakaian yang nyaman menjadi tips yang sangat wajib dilakukan sebelum wisatawan pergi ke Goa Jomblang. Pakaian yang nyaman saat berwisata, terutama di obyek wisata alam ini, dapat membantu wisatawan untuk bergerak dengan leluasa.

Sehingga wisatawan wajib untuk membawa pakaian yang nyaman, seperti kaos, celana gunung, dan sandal gunung. Tidak hanya itu, wisatawan juga wajib untuk membawa pakaian ganti. Karena sebelum menuju ke goa, wisatawan akan melewati trek berlumpur. Sehingga wisatawan bisa membersihkan diri terlebih dahulu sebelum masuk ke goa.

2. Berkunjung Pada Saat Yang Tepat

Waktu yang tepat untuk berkunjung memang harus dicari, terlebih bagi wisatawan yang datang ke obyek wisata Goa Jomblang ini. Pemandangan goa vertikal yang indah dipadu dengan sinar matahari yang masuk ke goa tentu akan memberikan pemandangan yang sangat menakjubkan.

Sehingga bagi wisatawan yang ingin datang ke goa ini bisa berkunjung pada saat yang tepat, kurang lebih antara jam 10.00 sampai 12.00 WIB. Di jam tersebut, wisatawan akan menyaksikan takjubnya pemandangan yang indah dari dalam goa.

3. Membawa Perbekalan Yang Cukup

Selain membawa pakaian yang nyaman, hal yang penting sebelum berwisata ke Goa Jomblang adalah membawa perbekalan yang cukup. Dengan membawa perbekalan yang cukup, wisatawan tidak akan bingung ketika kehabisan bekal.

Uang termasuk juga dengan perbekalan yang harus Anda bawa. Karena tempat wisata ini jauh dari ATM, wisatawan diharapkan membawa uang cash. Pastikan juga wisatawan mengambil uang terlebih dahulu sebelum datang ke goa ini.

4. Persiapkan Kondisi Fisik

Mempersiapkan kondisi fisik menjadi hal yang utama sebelum berwisata ke mana saja. Kondisi fisik yang sehat tentunya dapat membuat wisatawan bisa berkunjung dengan nyaman. Sehingga wisatawan tidak jatuh sakit di tengah perjalanan.

Akan tetapi wisatawan juga perlu waspada untuk menyiapkan obat-obatan pribadi. Karena obat-obatan ini bisa membuat kondisi kesehatan wisatawan tetap terjaga.

5. Membawa Kamera

Kamera menjadi barang yang harus dibawa ketika berwisata di manapun. Karena kamera menjadi salah satu gadget yang dapat mengabadikan momen ketika wisatawan sedang berkunjung ke suatu tempat wisata. Sehingga wisatawan harus membawa kamera ketika berwisata.

Tidak hanya membawa kameranya saja, wisatawan juga perlu mempersiapkan kelengkapan kamera terlebih dahulu. Seperti mempersiapkan baterai kamera, lensa kamera, memori kamera, dan lain sebagainya. Apabila terpaksa tidak membawa kamera, maka wisatawan bisa membawa handphone.


Wonderful Indonesia