ALUN ALUN KIDUL

Tentang Alun Alun Kidul

Salah satu wisata yang menawarkan pesona jogja malam hari. Alun – alun kidul atau lebih dikenal dengan Alkid berada tepat dibelakang keraton Yogyakarta. Tempat ini dulu digunakan sebagai tempat menentramkan hati. Tempat yang dipercaya sebagai tempat beristirahatnya para dewa ini kini semakin diminati wisatawan.

Selain gratis, banyak hiburan yang ditawarkan disini. pengunjung yang hadir dari berbagai kalangan mulai pelajar, warga sekitar dan para wisatawan. Disini pengunjung bisa menikmati aneka kuliner khas Yogyakarta, menyewa kereta hias, dan berburu foto.


Aktivitas Wisata

Semakin banyaknya pengunjung di Alkid membuat pedagang semakin kreatif menyajikan beragam jenis dagangan. Pengunjung akan berlama-lama menghabiskan malam di Alkid. Semarak lampu lampion dan berbagai jenis hiburan membuat mata selalu terjaga. Berikut aktivitas seru yang harus dicoba:

1. Masangin

Masangin adalah salah satu mitos terkenal di Alkid Yogyakarta. Dua beringin besar yang berada di tengah alkid dijadikan lokasi ritual masangin. Masangin sendiri adalah ritual berjalan melewati antara dua beringin dengan mata tertutup. Konon hanya yang berhati bersih dapat melewati beringin kembar Alkid.

Mitos ini menjadi daya tarik pengunjung yang ingin mebuktikan kebenarannya. Terlepas dari mitos,aktivitas ini mendatang rejeki bagi pedagang sekitar Alkid. Jika tidak membawa penutup mata, disini ada jasa sewa penutup mata dengan tarif Rp. 5.000,-.

2. Naik kereta hias

Untuk mengitari Alkid pengunjung tidak perlu bersusah payah jalan kaki. Disini tersedia persewaan sepeda tandom, becak mini, andong mini, dll. Semua kendaraan yang disewakan dilengkapi dengan lampu hias beragam corak. Kerlap kerlip lampu hias menambah semarak malam hari di alkid Yogyakarta.

Pengunjung seringkali mengabadikan moment ini sambil mengitari alkid dengan kendaraan hias. Tentu saja disini tersedia jasa fotografer yang siap membidik dengan hasil bidikan terbaik. Untuk merasakan keseruan mengelilingi Alkid dengan kereta hias, cukup siapkan kocek antara Rp20.000 – Rp60.000.

3. Wisata Kuliner Malam Hari

Lelah mengitari Alkid pengunjung bisa beristirahat menjajal kuliner di angkringan atau warung lesehan. Semua tersedia disini, dari makanan ringan sampai berat. Camilan beraneka rasa, dan sajian khas Yogyakarta dapat dinikmati di warung- warung sekitar Alkid. Salah satu kuliner yang sering diburu di Alkid yaitu wedang ronde, dan bajigur.

4. Pertunjukan khusus

Pada minggu kedua tepatnya di hari sabtu, pengunjung akan dihibur dengan pertunjukan wayang. Pertunjukan yang digelar di Sasono hinggil dwi abad dibuka semalam suntuk. Pada waktu tertentu menjelang upacara Grebeg pengunjung bisa menyaksikan gladi bersih upacara Grebeg. Pengunjung dapat menyaksikan langsung para prajurit keraton latihan di Alun-alun kidul.

5. Kandang Gajah dan Cilok Gajahan

Gajah – gajah keraton yang menghuni kandang ini telah dipindahkan ke Kebun Binatang Gembira Loka. Gajah – gajah ini dulu sebagai hiburan anak – anak yang berkunjung ke ALkid. Gajah ini juga sebagai simbol kebijaksanaan Keraton Yogyakarta.

Kandang Gajah kini menyisakan kenangan bagi pengunjung yang pernah bermain bersama gajah-gajah Keraton. Kini kandang gajah ini dikenal dengan area Gajahan. Disini pengunjung akan menemui Cilok Gajahan yang viral. Untuk menikmati cilok Gajahan ini pengunjung harus sabar mengantri.

Cilok yang terkenal dengan harga murah dan enak ini jadi daya tarik tersendiri. Banyak pengunjung dari berbagai daerah datang dari pagi agar dapat antrian. Jangan heran jika di area Gajahan ini sudah ada antrian panjang sebelum penjualnya datang.


Fasilitas & Lokasi

Bagi pengunjung tak perlu khawatir jika tiba-tiba ingin buang air. Di Alkid sudah tersedia sarana dan prasarana. Dari toilet umum, halte, parkir, dan fasilitas umum lainnya. Disekitar Alkid tersedia penginapan dari harga ekonomis sampai kelas bisnis.

Lokasi taman wisata ini berada di Jl. Alun Alun Kidul, Patehan, Kraton, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55133.


Wonderful Indonesia