WISATA MANGROVE SURABAYA

Tentang Hutan Mangrove Surabaya

Salah satu wisata Indonesia yang merupakan area wisata dimana pengunjung dapat melihat rindangnya hutan bakau disekeliling. Bangunan dan jembatan di sekitar terbuat dari kayu yang terawat baik dan bersih. Terdapat berbagai pengetahuan seputar Hutan Mangrove disini.

Pengunjung dapat berkeliling sambil melihat berbagai jenis tanaman bakau. Terdapat papan informasi untuk masing-masing jenis pohon bakau. Selain tentunya wisatawan bisa melakukan kegiatan menanam pohon bakau untuk berkontribusi kepada alam.

Hutan Wisata Mangrove Surabaya merupakan wisata yang menggabungkan wisata rekreasi dan edukasi. Di area dengan luas kurang lebih 200 hektar ini ditanami berbagai tanaman bakau. Lokasi wisata ini dikelola dengan baik oleh pemerintah Kota Surabaya.

Sehingga wisata ini diminati pengunjung karena tertata rapi dan bersih. Aktivitas wisata yang bisa dilakukan antara lain berkeliling hutan mangrove baik menggunakan perahu atau berjalan kaki . Serta wisata edukasi mengenai ekosistem sekitar.


Lokasi

Lokasi wisata ini berada tidak jauh dari Kota Surabaya dan aksesnya mudah. Hutan Mangrove Surabaya berlokasi di Jalan Raya Wonorejo No.1, Rungkut, Kota Surabaya, Jawa Timur. Untuk mencapai lokasi ini kurang lebih 40 menit dari Bandara Internasional Djuanda.


Yang Bisa Dilakukan

Pengunjung dapat berkeliling di area hutan wisata mangrove Surabaya dengan menaiki kapal. Perahu akan menempuh jarak kurang lebih 5 km jauhnya selama 15 menit. Pemandangan sekitar tentunya sangat indah dikelilingi dengan hutan bakau yang indah. Apabila beruntung pengunjung juga dapat melihat satwa yang hidup di sekitar hutan.

Kemudian pengunjung diturunkan di dermaga terbuat dari bamboo dekat dengan laut. Dermaga terhubung dengan jembatan yang terbuat dari bambu dimana pengunjung dapat mengelilingi kawasan hutan bakau. Terdapat beberapa gazebo yang dibangun di pinggir laut untuk pengunjung beristirahat. Pemandangan dari gazebo dapat terlihat lautan lepas dan di sisi satunya terlihat kawasan hutan bakau yang begitu asri.

Terdapat area jogging track di kawasan hutan wisata Mangrove Surabaya. Jogging track merupakan jembatan yang terbuat dari kayu. Pengunjung dapat mengeksplor keadaan sekitar dengan menyusuri jembatan ini. Sambil berjalan menikmati pemandangan pengunjung dapat mendengar kicauan burung sekitar.

Tidak hanya indah untuk dilihat saja, manfaat hutan mangrove begitu banyak terasa. Hutan bakau menjadi satu solusi bagi abrasi yang terjadi di pesisir pantai. Selain itu, kawasan konservasi Hutan Mangrove ini terdapat 30 spesies binatang yang dilindungi salah satunya kera ekor panjang. Pengunjung dapat mengetahui ekosistem bakau yang ada di sekitar kawasan wisata.


Harga Tiket

Pengunjung yang ingin mengelilingi kawasan wisata mangrove Surabaya sebenarnya tidak dibebankan biaya tiket masuk. Pengunjung hanya perlu untuk membayar parkir bagi yang membawa kendaraan. Sedangkan harga tiket wisata mangrove Surabaya hanya dikenakan bagi wisatawan yang ingin menggunakan perahu untuk berkeliling.

Harga Tiket Wonorejo Mangrove Ecotourism

• Tiket Masuk Gratis

• Sewa Kapal – Dewasa Rp25.000

• Sewa Kapal – Anak Rp15.000


Spot Foto

Kawasan wisata ini tidak hanya melestarikan lingkungan sekitar namun sangat indah pula untuk dinikmati. Pengunjung biasanya mengabadikan momen di beberapa sudut sekitar area Hutan Mangrove Surabaya.

Pada jembatan terdapat frame yang terbuat dari bambu yang menjadi spot foto favorit pengunjung. Tidak lupa untuk berfoto di jembatan kayu berlatar belakang hutan mangrove yang rindang.


Fasilitas

Fasilitas umum disediakan bagi pengunjung di kawasan Wisata Hutan Mangrove Surabaya. Terdapat mushola dan toilet umum untuk pengunjung. Bagi pengunjung yang membawa kendaraan pribadi dapat menitipkan di lokasi parkir yang disediakan.

Terdapat kios makanan dan restoran yang menyediakan makanan dengan berbagai pilihan. Selain itu terdapat toko souvenir yang menjual oleh-oleh kerajinan warga sekitar berupa Batik Mangrove, Sirup Mangrove dan oleh-oleh lainnya.


Wonderful Indonesia