PANTAI KLAYAR

Tentang Pantai Klayar

Salah satu wisata Indonesia yang terletak di Pacitan, Jawa Timur dan berbatasan dengan Wonogiri, Jawa Tengah. Tepatnya, pantai ini berada di Desa Kalak, Kecamatan Donorojo dan berjarak sekitar 40 km ke arah barat dari kota Pacitan.

Pantai Klayar menjadi salah satu wisata pantai yang tidak bisa dilewatkan jika anda mengunjungi kota Pacitan. Pantai klayar merupakan salah satu dari bagian gugusan Pantai Laut Selatan yang menyimpan sejuta keindahan dan misteri yang menjadikan setiap pengunjung terpesona akan deburan ombak maupun suasananya.

Pantai Klayar memiliki keunikan tersendiri salah satunya adalah Pasir Putih kecoklatan yang sangat lembut dan bersih. Pantai Klayar merupakan sebuah pantai bersih dengan hamparan pasir putih dan bangunan alami batu karang yang eksotis serta adanya tebing-tebing batu yang mengelilinginya. Pantai yang tepatnya terletak di desa Kalak, kecamatan Donorejo, kabupaten Pacitan , provinsi Jawa timur ini telah menjadi Pantai komersial yang dikembangkan dan dipromosikan oleh Pemerintah Daerah Pacitan sebagai destinasi wisata. Keberadaan Pantai Klayar ini tidak lepas dari kisah yang tersebar dikalangan masyarakat di Pantai tersebut.

Meskipun begitu, dibalik keindahan Pantai Klayar ternyata memiliki dua versi yang mengungkapkan asal-usul nama Klayar di Pacitan ini. Menurut Versi pertama mengungkapkan bahwa pada dahulu kala ada sebuah Perahu yang diterjang ombak besar dan terdampar di Pantai ini (Klayar). Perahu yang terombang ambing tersebut diterjang Ombak sebelum terdampar ke pantai ini. Disebut dengan istilah “Glayar” yang kemudian lama kelamaan kata “Glayar” berubah menjadi kata Klayar yang kini menjadi nama Pantai tersebut.

Adapun menurut Versi kedua asal mula penamaan Pantai Klayar yakni pada dahulu kala memang ternyata Pantai ini seringkali dijadikan tempat penduduk sekitar atau sering dikunjungi penduduk untuk berjalan-jalan baik di Pagi maupun Sore Hari. Kata Klayar sendiri berasal dari istilah bahasa jawa yakni “klayar-kluyur” yang artinya berjalan-jalan, lama kelamaan kata tersebut lebih di singkatkan menjadi kata “Klayar” untuk mempermudah penyebutan bagi warga sekitar khususnya orang jawa.


Harga Tiket

Harga tiket masuk untuk menikmati keindahan Pantai Klayar cukup terjangkau, yakni Rp 10.000 untuk dewasa dan Rp 5.000 untuk anak-anak. Sedangkan untuk parkir kendaraan roda dua dikenakan biaya Rp 2.000 dan untuk kendaraan roda empat dikenakan biaya Rp 5.000.


Mitos yang ada di Pantai Klayar

• Wisatawan dilarang untuk membuang sampah sembarangan

Agar Pantai Klayar tetap bersih, alangkah lebih baik para wisatawan menjaganya dengan membuang sampah ke tempat yang sudah disediakan, atau bisa membawa kantung plastik untuk membuang sampah tersebut.

• Wisatawan dilarang memasuki area berbahaya

Maksudnya adalah dengan mematuhi pengarahan dan titik rawan yang ada di Pantai Klayar. Di area Pantai Klayar sendiri sudah terdapat papan rambu diarea berbahaya dengan tanda merah, baik dalam bentuk tulisan yang mudah dibaca maupun bendera merah.

• Wisatawan dilarang memasuki wilayah seruling Samudera

Adapun maksud dan tujuannya adalah agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, apabila ada wisatawan tanpa dikawal dan diawasi oleh petugas dan pemandu keamanan setempat.

• Wisatawan yang berkunjung dilarang merusak ekosistem laut

Wisatawan yang berkunjung dilarang merusak termasuk didalamnya biota laut, terumbu karang, maupun rumput laut yang banyak ditemui di Pantai Klayar, ataupun membawa pulang pasir laut.

• Wisatawan atau pengunjung dilarang melakukan pemujaan

Hal ini jelas dilarang seperti membakar kemenyan, dupa ataupun pemujaan dan hal – hal yang berbau mistis di Pantai Klayar.


Rute Menuju Pantai Klayar

Wisatawan dari Surabaya bisa lewat Jalan Tol Ngawi - Kertosono Meski jarak yang ditempuh lebih jauh dan lama, wisatawan asal Surabaya juga bisa mengunjungi Pacitan dengan jalur darat. Terlebih dengan adanya tol juga dapat memercepat waktu tempuh. Jika kamu menggunakan kendaraan pribadi bisa melewati Jalan Tol Ngawi - Kertosono. Adapun waktu tempuh sekitar 5 jam dengan jarak 270 kilometer. Selain tol tersebut, kamu juga bisa lewat tol lain seperti Tol Mojokerto - Kertosono, atau Jalan Tol Salatiga - Kertosono. Namun kamu akan lebih cepat sampai Pacitan jika melewati Jalan Tol Ngawi - Kertosono.

Transportasi darat dari Surabaya ke Pacitan juga mudah. Kamu bisa menggunakan travel atau pun bus. Jika memilih menggunakan bus, kamu perlu mengeluarkan biaya sekitar Rp 150.000 per orang. Adapun beberapa Perusahaan Otobus dan travel yang menyediakan trayek Surabaya - Pacitan di antaranya Purwowidodo, Bintang Terang, dan Travel Alfath Duta. Bus andalan lain masyarakat Pacitan dan Surabaya adalah Bus Aneka Jaya. Bus ini melayani trayek Pacitan-Ponorogo-Surabaya pulang pergi. Tarif naik bus terbilang lebih murah dibandingkan travel yaitu Rp 50.000 per orang. Jadwal keberangkatan bus ini dari Surabaya Terminal Bungurasih yaitu pukul 08.34 WIB, pukul 17.53 WIB, dan terakhir pukul 22.40 WIB.


• obyek Wisata dan Spot Foto di Pantai Kelayar

• Keindahan Pasir Putih Kecoklatan

Pasir di sini juga berwarna putih namun juga bercampur dengan kecoklatan yang menambah kencatikan dari pantai klayar. Kamu bisa bermain-main di bibir pantai dan menikmati liburan kamu di tempat ini.

• Batu Karang

Ada salah satu batu karang besar yang berada di tengah pantai yang mana batu karang ini menjadi icon atau ciri khas pantai klayar. Mitos yang beredar batu tersebut merupakan hasil dari pertarungan antara makhluk ghaib pada zaman dahulu. Entah benar atau tidaknya sekarang ini kita bisa menikmati keindahan dari pantai klayar.

• Air Mancur

Kebayang gak ada air mancur alami di pantai ? Ya di sini kamu bisa menyaksikan pemadnangan air mancur yang mana air mancur ini memancarkan airnya pada waktu yang tidak bisa diduga. Inilah moment yang paling di tunggu oleh para pengunjung ketika datang ke Pantai Klayar.


Wonderful Indonesia