PANTAI KEDUNG TUMPANG

Tentang Pantai Kedung Tumpang

Salah satu wisata Indonesia yang terletak di Desa Pucanglaban, Kecamatan Pucanglaban, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur. Pantai ini dikenal dengan salah satu pantai dengan adanya karang-karang dan tebing yang terjal yang dapat menjadi salah satu hal untuk menarik wisatawan. Selain itu, dengan adanya ceruk (lekukan yang berbentuk seperti kolam) di tengah karang-karang tersebut, wisatawan dapat menggunakannya untuk berenang. Penduduk di sekitar lokasi tersebut kadang kala menyebut kolam itu dengan kedung atau lubuk atau bagian sungai yang dalam.

Selain untuk berwisata, wisatawan yang berkunjung ke pantai tersebut dapat pula mendirikan perkemahan di area parkir. Lokasi perkemahan ini sangat cocok untuk menikmati suasana laut luas, bahkan kadang kala melihat lumba-lumba yang sedang berada di dekat pantai tersebut.


Harga Tiket

Tarif adalah hal yang paling dipikirkan seseorang bila akan melakukan kunjungan ke suatu objek wisata karena terkait dengan isi kantong. Bila Anda memiliki budget yang terbatas, namun tetap ingin melepas penat dengan berlibur datang saja ke Pantai Kedung Tumpang. Di Pantai ini, harga tiket masuk dibedakan berdasarkan hari biasa dan hari libur.

Jika ingin masuk dengan biaya yang gratis dan tanpa biaya tiket parkir, datanglah pada hari biasa karena tidak ada petugas. Bila datang pada saat hari libur seperti weekend atau hari libur nasional lainnya akan dikenakan tarif masuk Rp 5.000. Tak hanya itu saja, parkir juga diberlakukan saat hari libur tiba Rp 3.000 untuk motor dan Rp 5.000 untuk mobil.

Pantai ini memang belum memiliki pengelolaan yang baik sehingga petugas yang berjaga pun tidak ada setiap harinya. Petugas yang berjaga hanya ada saat hari libur saja sehingga hari biasa semua orang dipersilahkan masuk tanpa biaya. Lahan parkir yang disediakan berada satu kilo meter dari lokasi Pantai dan lahannya cukup memadai serta luas.

Akses jalan yang ada sudah cukup baik dengan jalanan aspal, namun jalan aspal hanya terhenti sampai lahan parkir tersebut. Setelah itu jalanan masih bebatuan yang terjal sehingga tidak mungkin untuk dilalui kendaraan terutama mobil. Anda dianjurkan untuk berjalan kaki sejauh satu kilo meter menuju Pantai untuk menghindar terjadinya hal yang tidak diinginkan.


Hal Menarik yang Ada di Pantai Kedung Tumpang

1. Tebing

Di sekitar Pantai ini dikelilingi oleh tebing dengan ketinggian yang cukup menantang dan dapat dinikmati oleh semua pengunjung. Bila datang ke Kedung Tumpang naiklah ke atas tebing untuk melihat indahnya Pantai dari ketinggian. Pastikan Anda memakai pakaian dan sepatu yang mendukung untuk melakukan pendakian tebing karena medannya cukup terjal dan menantang.

2. Karang

Salah satu keunikan yang dimiliki Pantai ini adalah tersebarnya karang laut yang besar dan mampu menahan ombak. Karang ini berada tidak jauh dari bibir Pantai sehingga bila memiliki keberanian Anda dapat melangkah ke lokasi karang. Karang ini cukup menawan karena membuat air laut terjebak sehingga menimbulkan genangan dengan warna air yang biru.

3. Spot Berfoto

Pantai Kedung Tumpang tergolong ke dalam objek wisata Pantai yang masih sepi dan belum banyak dijamah wisatawan lokal maupun mancanegara. Hal ini memiliki dampak positif salah satunya yaitu menjadi spot berfoto dengan hasil yang memukau. Anda hanya perlu memilih spot mana saja yang layak dijadikan background untuk menghasilkan foto yang instagramable.

4. Spot Sunset dan Sunrise

Pantai adalah salah satu tempat terbaik untuk menikmati terbit dan tenggelamnya matahari karena lokasinya yang clear. Pantai bebas dari bangunan yang tinggi menjulang sehingga aksi terbit dan matahari tenggelam terlihat secara jelas. Untuk itu, tak ada salahnya Anda datang ke Pantai Kedung Tumpang untuk mengawali atau menutup hari yang ada.

5. Spot foto Srewedding

Sebelum menikah salah satu hal yang paling digemari calon pengantin yaitu melakukan sesi foto prewedding. Anda dapat melakukan hal itu di Pantai ini dan jika bisa lakukan pada hari biasa agar terhindar dari biaya tiket masuk. Selain akan mendapat hasil foto yang memuaskan, budget yang dikeluarkan pun sedikit dan sangat murah.


Mitos

Ombak di Pantai Kedung Tumpang tak bisa dianggap sepele. Karena gugusan karang di bibir pantai saja bisa tergerus karena kuatnya ombak dari laut Selatan.

Mitos yang beredar di masyarakat sekitar adalah tentang larangan membawa buah jeruk. Pasalnya menurut penuturan warga, sesepuh desa pernah berkata bahwa jeruk dapat mengundang ombak besar sehingga bisa membahayakan traveler. Terlepas dari mitos yang beredar, sangat disarankan untuk menjaga kebersihan dan juga jangan sampai melakukan aksi vandal dengan mencorat coret atau merusak lingkungan sekitar Pantai


Rute dan Tips

Cara ke Pantai Kedung Tumpang Tulungagung memang tidak mudah. Wajar jika beberapa tempat wisata paliang indah dan menarik sangat sulit dijangkau. Ada keuntungannya karena tidak mudah diakses agar tidak cepat rusak.

Karena berada di tepi laut yang jauh dari kota dengan akses jalan yang terbatas, disarankan menggunakan kendaraan roda dua.

Selain itu pastikan juga menggunakan sandal gunung karena batuan karang di Pantai ini cukup tajam dan terjal.

Jangan lupa membawa bekal dan kotak P3K atau obat-obatan pribadi karena belum banyak fasilitas wisata yang bisa digunakan. Terlebih pantai ini merupakan wisata yang masih baru dan belum dikelola dengan maksimal meskipun potensinya sangat baik.

Perjalanan menuju Pantai Kedung Tumpang dari Terminal Tulungagung diperkirakan akan memakan waktu sekitar 2 jam perjalanan dalam kondisi normal. Jarak tempuh diperkiraaan antara 47 kilomter sampai dengan 50 kilometer.

Selain melalui Tulungagung kamu juga bisa menggunakan jalur melalui kota Blitar.

Jalan menuju Pantai ini hampir tidak bisa diakses oleh bus atau kendaraan keluarga seperti MPV. Namun jika menggunakan kendaraan dengan penggerak empat roda kemungkinan masih bisa.

Beberapa pengunjung yang menggunakan kendaraan roda empat biasanya memarkirkan kendaraannya di Desa Pucanglaban. Kemudian dilanjutkan dengan berjalan kaki, namun ada juga jasa ojek dengan tarif Rp 30 ribu untuk ongkos ojek pulang pergi.


Wonderful Indonesia