PANTAI GONDO MAYIT

Tentang Pantai Gondo Mayit

Salah satu wisata Indonesia yang

masih tergolong baru dikenal. Gondo Mayit sendiri memiliki arti gondo adalah bau dan mayit adalah mayat. Jadi kalau digabungkan, nama pantai ini adalah bau mayat. Tapi tenang nama hanyalah nama tidak akan tercium bau mayat selama pengunjung ada di pantai ini.

Pada kenyataannya walau terkadang digunakan sebagai tempat bersemadi, pantai ini memiliki pemandangan indah. Pemandangan inilah yang menarik pengunjung untuk mendatangi pantai ini. Untuk menuju pantai ini, bisa dengan menggunakan mobil atau berjalan kaki dari Pantai Tambak Rejo.


Harga Tiket

Harga tiket masuk di pantai Gondo Mayit juga tidak mahal. Per orang hanya dikenakan biaya Rp5.000. Untuk anak-anak tidak dikenakan biaya masuk alias gratis.

Pantai Gondo Mayit menyediakan penyewaan tenda untuk berkemah. Biaya sewa tenda pun terjangkau. Menyewa satu buah tenda hanya dikenakan harga Rp60.000.


Lokasi Pantai Gondo Mayit

Lokasi pantai ini terletak di Desa Tambak Rejo Kecamatan Wonotirto, Kabupaten Blitar, Jawa Timur. Biasanya, pengunjung akan parkir di Pantai Tambak Rejo lalu melanjutkan dengan berjalan kaki. Kini, pengunjung dengan mobil kecil juga bisa melewati jalanan yang sudah diaspal. Tetapi tetap harus hati-hati karena masih ada beberapa jalan yang berlubang.

Berjarak 30 Kilometer dari pusat kota Blitar. Dapat ditempuh dalam waktu kurang lebih 60 menit. Kondisi jalan menuju pantai ini juga cukup baik.


Tips berlibur ke Pantai Gondo Mayit

Jika kamu memang benar-benar sudah fix ingin pergi ke Pantai Gondo Mayit, perlu perhatikan beberapa hal berikut ini supaya berliburmu menjadi lancar dan menyenangkan. Yang pertama usahakan jangan lupa membawa kamera, karena percuma toh sudah jauh-jauh datang hanya untuk kepantai dan berlibur tapi lupa membawa kamera dan akhirnya tidak bisa mengabadikan momen berharga bersama keluarga? Selanjutnya lebih baik kamu membawa makanan dari rumah, karena di sekitar kawasan Pantai Gondo Mayit tidak ada rumah makan satupun, yang ada disana cuma bengkel, villa, dan minimarket. Lalu jangan lupa untuk tidak membuang sampah sembarangan ya, apalagi kelaut karena itu bisa mencemari lingkungan dan keindahan Pantai Gondo Mayit pun akan berkurang.


Rute dan akses menuju Pantai Gondo Mayit

Untuk mencapai ke pantai ini, kamu hanya bisa mengendarai kendaraan pribadi baik kendaraan beroda dua ataupun empat karena belum adanya angkutan umum. Namun kamu tidak perlu khawatir, jalan ke sana cukup mudah. Dari kota Blitar, kamu mengambil jalur arah Kademangan dan Tulungagung. Pada pertigaan Kademangan, kamu akan melihat papan petunjuk “Tambak Rejo” yang meminta kamu belok ke kiri. Kamu perlu melanjutkan perjalanan hingga kamu tiba di pantai Tambak Rejo dan parkir di sana. Bila kamu tidak membawa bekal, kamu bisa belanja makanan dulu di pantai Tambak Rejo yang kebanyakan adalah makanan olahan hasil laut.

Akses Menuju Pantai Gondo Mayit

Pantai Gondo Mayit terletak di balik bukit pantai Tambak Rejo. Satu-satunya akses menuju Pantai Gondo Mayit adalah berjalan kaki menelusuri bukit dari pantai Tambak Rejo. Kenakanlah sandal gunung atau sepatu olahraga supaya kaki kamu tidak lecet. Perjalanan ini cukup memakan energi. Kamu akan menelusuri sebuah muara sungai yang bila air pasang memungkinkan kamu berenang di sana. Kamu akan melewati jalan yang berbatu dan berliku serta menemui banyak tanjakan dan turunan. Namun di atas bukit kamu bisa melihat pemandangan indah Laut Selatan dan mendengar deburan ombak lautan. Disini, kamu juga akan menemukan sebuah makam yang dipercaya merupakan makam penjaga Pantai Gondo Mayit.

Nah, di sepanjang jalan setapak di atas bukit kamuakan menemukan tempat beristirahat seperti gubuk yang lengkap dengan kursi dan meja panjang. Jadi kamu bisa tidur-tiduran sejenak. Di jalan setapak ini, kamu akan menemukan beberapa warung yang menjual makanan dan minum. Buat kamu yang gak suka jajan, kamua bisa menikmati bekal yang sudah kamu siapkan sebelum perjalanan ke pantai ini. Setibanya kamu di wisata Gondo Mayit, segala rasa letih hilang tertawan oleh kecantikannya.


Wonderful Indonesia