MUSEUM MALANG TEMPOE DOELOE

Tentang Museum Malang Tempoe Doeloe

Salah satu wisata Indonesia yang berlokasi di Jalan Gajah Mada 2, lebih tepatnya di belakang Balai Kota Malang yang merupakan museum kepunyaan Dwi. Ia memulai museum ini dengan menyelamatkan 72 arca yang tercecer di sekitar Kota Malang. Sempat gagal beberapa kali, akhirnya museum ini bisa berdiri atas izin pemerintah daerah. Pembangunannya di bawah pengurus Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia Kota Malang yang merenovasi sebuah rumah kuno yang memiliki luas 1.000 meter persegi lengkap dengan 20 ruang pameran.

Setiap ruangannya memiliki tema sejarah wilayah Malang, yang mencakup tema sejarah, arkeologi, Kerajaan Kanjuruhan, Mataram Kuno, Kerajaan Singasari, Kerajaan Majapahit, pertapaan Ken Arok, dan benteng Malang yang saat ini menjadi RSUD dr Sjaiful Anwar. Selain itu, ada juga lorong sejarah yang berisi foto-foto zaman dulu, mulai dari pendapa Kabupaten Malang, masa penjajahan, hingga pembumi hangusan Malang oleh pejuang pada 8 Maret 1949, dan peresmian Alun-alun Tugu oleh Ir. Soekarno.


Sejarah

Museum Malang Tempo Doeloe yang didirikan pada Oktober 2012 ini menyimpan sejarah kota Malang sejak zaman purbakala hingga peninggalan-peninggalan setelah revolusi. Meski termasuk museum baru, tetapi Malang Tempo Doeloe cukup menarik untuk dikunjungi jika teman-teman kebetulan berada di Malang. Sebab di sini, teman-teman akan melihat sejarah dengan cara yang lebih modern.


Harga Tiket

Harga tiket masuknya pun tidak terlalu mahal, lo, teman-teman. Pelajar cukup membayar tiket masuk sebesar Rp 10.000,- saja. Jika teman-teman tertarik, juga diperbolehkan untuk berpose bersama benda-benda yang terdapat di dalam museum, tentu tanpa merusak atau mengganggu posisi letaknya.


Lokasi

. Gajahmada, Kiduldalem, Kec. Klojen, Kota Malang, Jawa Timur 65119


Wonderful Indonesia