MUSEUM ANGKUT

Tentang Museum Angkut

Salah satu wisata Indonesia yang terletak di Kota Batu, Jawa Timur, sekitar 20 km dari Kota Malang. Museum ini terletak di kawasan seluas 3,8 hektar di lereng Gunung Panderman dan memiliki lebih dari 300 koleksi jenis angkutan tradisional hingga modern. Museum ini terbagi dalam beberapa zona yang didekorasi dengan setting landscape model bangunan dari benua Asia, Eropa hingga Amerika. Di Zona Sunda Kelapa dan Batavia yang merupakan Replika Pelabuhan Sunda Kelapa, dihiasi oleh beberapa alat transportasi kuno seperti becak dan miniatur kapal. Zona Eropa juga di setting seakan-akan berada di jalanan kota-kota di Prancis dengan mobil-mobil kuno eropa.

Selain mobil-mobil kuno, salah satu koleksi terbarunya adalah Mobil listrik Tucuxi milik mantan menteri Dahlan Iskan yang sebelumnya pernah mengalami kecelakaan di sebuah lereng gunung di Magetan saat baru diujicobakan. Di museum ini juga terdapat wahana Flight Simulator yang terletak di lantai 3 gedung museum.

Museum Angkut dikelola oleh Jawa Timur Park Group yang sebelumnya juga membangun Batu Secret Zoo, Batu Night Spectacular (BNS), Eco Green Park dan Museum Satwa. Museum ini didirikan pada 9 Maret 2014.


Harga Tiket

Berikut harga tiket masuk Museum Angkut Batu Malang untuk bisa menikmati berbagai wahana & atraksi.

Harga Tiket Museum Angkut

Jenis Tiket Weekday Weekend

Tiket Reguler Rp80.000


Jam Oprasional

Kalau ingin berkunjung ke tempat rekreasi keluarga yang satu ini bisa mulai datang agak siangan. Karena Museum Angkut Batu Malang buka mulai pukul 11:00 Siang.

Jam Buka Museum Angkut Malang

Setiap Hari 11.00-19.00 WIB


Atraksi Dan Wahana

Lebih dari 300 lebih koleksi moda angkutan mulai dari yang tradisional hingga modern yang berpadu dengan berbagai landscape dan model bangunan eksotis dunia mulai dari benua Eropa hingga Amerika. Berikut wahana & atraksi yang tersedia di museum transportasi ini.

1. Zona Ruangan Utama

Zona ini bisa langsung ditemukan pada saat pengunjung baru saja masuk pintu utama Museum Angkut Malang. Di ruangan ini, wisatawan dapat melihat berbagai macam koleksi sarana transportasi dari waktu ke waktu.

Ada sepeda hingga bermacam jenis mobil dari berbagai negara. Koleksi-koleksi tersebut tertata dengan elegan sehingga pengunjung akan terkagum dan terkesan dengan interior ruangan.

2. Zona Sunda Kelapa dan Batavia

Sebagaimana namanya, di Zona ini pengunjung dapat melihat pelabuhan Sunda Kelapa zaman dahulu. Pelabuhan ini didesain semirip mungkin oleh pihak museum sehingga pengunjung seolah sedang berada pada masa itu. Sementara itu di sini terdapat berbagai miniatur kapal-kapal yang sedang berlabuh.

Selain itu pengunjung juga dapat menemukan berbagai toko di pelabuhan dalam ejaan bahasa Belanda yang memang umum pada masa itu. Kemudian di zona ini pengunjung juga bisa mendapatkan pengetahuan berharga mengenai perkembangan Sunda Kelapa dan Batavia dari masa ke masa.

3. Zona Uni Eropa

Zona Uni Eropa terwakili oleh empat negara besar di Eropa yaitu Inggris, Jerman, Perancis dan Italia. Salah satu yang paling terkenal yaitu koleksi mobil-mobil antik buatan Inggris.

Pengunjung dapat melihat mobil antik bernilai historis dari Inggris yang pernah digunakan oleh Ratu Elizabeth II. Mobil bertipe Land Rover ini pernah menjadi kendaraan utama Ratu saat berparade di Australia. Tak hanya itu, pengunjung juga bisa berfoto di depan miniatur Istana Buckingham yang terkenal di depannya.

4. Zona Gangster and Broadway

Zona ini akan menampilkan suasana kota Chicago tahun 1920 saat seorang gangster terkenal bernama Al Capone hidup. Pada tahun tersebut, Al Capone banyak terlibat dalam aksi kejahatan misalnya saja prostitusi, penyuapan hingga minuman keras.

Pengunjung akan diajak menelusuri jejak-jejak Al Capone di wahana Gangster and Broadway. Selain itu tentu saja pengunjung akan merasakan sensasi sedang berada di kota Chicago.

5. Zona Hollywood

Bagi yang ingin berkunjung ke Hollywood tidak perlu jauh-jauh ke Amerika karena biayanya lebih mahal. Tinggal datang ke Kota Batu Malang khususnya ke Museum Angkut Malang, pengunjung dapat berfoto bebas di area Hollywood.

Di zona ini pengunjung dapat melihat beberapa replika kendaraan yang sering ada dalam box office Hollywood. Misalnya saja batmobile kepunyaan Batman dan mobilnya Scooby Doo. Jika ingin melihat Hulk, maka di sinilah tempat yang tepat untuk berfoto bersama makhluk hijau tersebut.

6. Zona Flight Training/ Simulator

Tak hanya koleksi mobil, di sini juga ada training alat transportasi seperti pesawat. Bagi pengunjung yang penasaran bagaimana cara menerbangkan pesawat maka kunjungilah Flight Training. Meski hanya sebatas training, namun akan ada kokpit pesawat yang menemani belajar menerbangkan pesawat. Tentunya ini akan menjadi pengalaman tidak terlupakan karena pengunjung akan merasa seolah menjadi pilot yang sesungguhnya.

7. Zona Las Vegas

Siapa yang tidak kenal kota malamnya Amerika, Las Vegas?! Nah, tidak perlu jauh-jauh demi berfoto ke Las Vegas oleh karena di Museum Angkut Malang pengunjung dapat merasakan pengalaman yang sama.

Pengunjung akan disambut dengan gerbang Selamat Datang Las Vegas yang megah ketika masuk ke zona ini. Rasakan sensasi mengagumkan dari tengah kota Las Vegas yang glamour dan modern.

8. Zona Edukasi

Sebagai wahana wisata yang mengusung konsep edukasi maka tentu saja Museum Angkut Malang menyediakan Zona Edukasi. Pengunjung yang membawa keluarga serta anak-anak wajib mengunjungi zona ini.

Karena tema edukasi untuk anak-anak sangat kental di zona ini. Terbukti dengan warna dan pencahayaan interior yang menarik. Selain itu, penyampaian informasinya yang mudah, menyenangkan dan informatif dapat membuat anak-anak betah berada di sini.

9. Indonesian Heritage Museum

Museum Angkut Malang juga menyediakan berbagai macam peninggalan dan koleksi senjata tradisional di Indonesian Heritage Museum. Ada ribuan koleksi unik benda-benda asli Indonesia dipamerkan.

Alat-alat antik bernilai sejarah tersebut tersaji sebagai upaya memperkaya pengetahuan pengunjung tentang seni dan budaya Nusantara. Menariknya, zona yang juga terkenal sebagai Museum d’Topeng juga menampilkan senjata tradisional khas negara-negara lain. Jadi pastikan memasukkan zona ini dalam daftar kunjungan ke Museum Angkut Malang.

10. Zona Pasar Apung Nusantara

Di pasar Apung Museum Angkut Malang, pengunjung bisa menikmati dan menyantap kuliner yang tersedia. Ada berbagai jenis kuliner khas Nusantara misalnya bakso, gado-gado, nasi timbel hingga rujak cingur.

Bila ingin membeli souvenir maka di zona inilah tempat yang tepat. Di sini ada banyak pengrajin yang terutama menjual hasil kerajinan khas untuk menjadi cinderamata. Seperti namanya, proses jual beli berlangsung di atas perahu mirip pasar atas air kota Balikpapan.

Selain ke sepuluh zona di atas, pengunjung juga bisa mencoba berkunjung ke zona-zona menarik lainnya. Misalnya saja, ke Beefeater Inggris, Menara Eiffel Paris, Mobil dan Helikopter RI serta Stasiun Kota. Ada juga zona Skoci, Parade, Runway 27, VR hingga zona Amsterdam.


Fasilitas

Museum Angkut Malang memiliki fasilitas yang lengkap. Ada area parkir yang lumayan luas dekat pintu masuk bagi pengunjung yang datang membawa kendaraan pribadi.

Ada juga tempat makan lengkap seperti di zona Pasar Apung atau Food Court bagi pengunjung yang ingin makan. Selain itu, ATM Center, loker, toilet serta lift juga akan memudahkan pengunjung ketika berekreasi. Ada juga alternatif Shuttle Car bagi pengunjung yang tidak mau lelah berjalan kaki mengelilingi museum.

Tak hanya itu, meski sedang berwisata pengunjung yang muslim juga bisa tetap menjalankan ibadah di musholla yang bersih. Ada juga Charging Station sebagai tempat mengisi daya ponsel secara gratis.

Perlu diingat bahwa museum tidak memperbolehkan pengunjung membawa bekal, kecuali makanan bayi. Selain itu, pengunjung pun dilarang merokok atau membawa hewan peliharaan demi kenyamanan bersama dalam museum.


Lokasi

Informasi dan kontak lebih lanjut silahkan menghubungi Jatim Park Group di alamat Jl. Sultan Agung No. 2, Ngaglik, Kota Wisata Batu, Jawa Timur, Indonesia, 65314, Telp : (+62) 341 595007.


Wonderful Indonesia