KEBUN BINATANG SURABAYA

Tentang Kebun Binatang Surabaya

Salah satu wisata Indonesia yang populer di Surabaya. KBS merupakan kebun binatang yang pernah terlengkap se-Asia Tenggara, di dalamnya terdapat lebih dari 351 spesies satwa yang berbeda yang terdiri lebih dari 2.806 binatang. Termasuk di dalamnya satwa langka Indonesia maupun dunia terdiri dari Mamalia, Aves, Reptilia, dan Pisces.


Sejarah

Kebun Binatang Surabaya (KBS) pertama kali didirikan berdasarkan SK Gubernur Jenderal Belanda tanggal 31 Agustus 1916 No. 40, dengan nama Soerabaiasche Planten-en Dierentuin (Kebun Botani dan Binatang Surabaya) atas jasa seorang jurnalis bernama H.F.K. Kommer yang memiliki hobi mengumpulkan binatang. Dari segi finansial H.F.K Kommer mendapat bantuan dari beberapa orang yang mempunyai modal cukup.

Susunan pengurus pertama Kebun Binatang Surabaya:

Ketua: J.P Mooyman

Sekretaris: A.H. de Wildt

Bendahara: P Egos,

dibantu 6 orang anggotanya yaitu:

F.C. Frumau

A. Lenshoek

H.C. Liem

J. Th. Lohmann

Edw. H. Soesman

M.C. Valk

Lokasi KBS yang pertama di Kaliondo, pada tahun 1916. Kemudian pada tanggal 28 September 1917 pindah di Jalan Groedo. Dan pada tahun 1920 pindah ke daerah Darmo untuk areal kebun binatang yang baru atas jasa Oost-Java Stoomtram Maatschapij atau Maskapai Kereta Api yang mengusahakan lokasi seluas 30.500 m2.

Untuk pertama kalinya pada bulan April 1918, KBS dibuka namun dengan membayar tanda masuk (karcis). Kemudian akibat biaya operasional yang tinggi, maka pada tanggal 21 Juli 1922 kebun botani/KBS mengalami krisis dan akan dibubarkan, tetapi beberapa dari anggotanya tidak setuju. Pada tahun ini pula, dalam rapat pengurus diputuskan untuk membubarkan KBS, tetapi dicegah oleh pihak Kotamadya Surabaya pada waktu itu.

Pada tanggal 11 Mei 1923, rapat anggota di Simpang Restaurant memutuskan untuk mendirikan Perkumpulan Kebun Binatang yang baru, dan ditunjuk W.A. Hompes untuk menggantikan J.P. Mooyman, salah seorang pendiri KBS dan mengurus segala aktivitas kebun sebagai pimpinan. Bantuan yang besar untuk kelangsungan hidup pada waktu tahun 1927 adalah dari Wali kota Dijkerman dan anggota dewan A. van Gennep dapat membujuk DPR Kota Surabaya untuk meraih perhatian terhadap KBS, dengan SK DPR tanggal 3 Juli 1927 dibelilah tanah yang seluas 32.000 m3 sumbangan dari Maskapai Kereta Api (OJS). Tahun 1939 sampai sekarang luas KBS meningkat menjadi 15 hektare dan pada tahun 1940 selesailah pembuatan taman yang luasnya 85.000 m2.

Dalam perkembangannya KBS telah berubah fungsinya dari tahun ke tahun. Kebun Binatang Surabaya yang dahulu hanya sekadar untuk tempat penampungan satwa eksotis koleksi pribadi telah dikembangkan fungsinya menjadi sarana perlindungan dan pelestarian, pendidikan, penelitian, dan rekreasi. Binatang-binatang yang menjadi koleksi KBS dari tahun ke tahun jumlah dan jenisnya terus bertambah, baik berasal dari luar negeri maupun yang berasal dari dalam negeri.


Wahana Baru

Kebun Binatang Surabaya memiliki wahana baru yaitu Breakfast With Elephant (BWE) yaitu wahana baru dengan 3 fasilitas sekaligus (tunggang gajah, Sajian Ala Suroboyo, Berfoto bersama satwa Aves, Reptil, dan Gajah) wahana ini hanya ada di saat weekend (Sabtu dan Minggu) dan hari libur nasional. Wahana baru ini sangatlah menarik selain bisa mengedukasi anak-anak juga bisa berinteraksi lebih dekat dengan satwa-satwa di BWE .


Harga Tiket

Harga tiket masuk Kebun Binatang Surabaya (KBS) pada bulan Januari 2021 ini masih sangat murah dan terjangkau oleh semua kalangan masyarakat yaitu sebesar Rp 15.000 per orang.


Wahana

Ada berbagai Wahana wisata di Kebun Binatang Surabaya ini. Semua wahana didesain untuk memberikan pelayanan kepada pengunjung. Pelayanan itu meliputi tujuan kegembiraan dan juga tujuan edukasi.

1. Animal Edutainment

Pada saat weekend dan hari libur nasional, pengelola Kebun Binatang Surabaya menyuguhkan atraksi spesial dari beberapa satwa. Pertunjukan dimulai Pukul 10.30.

Pertunjukan ini dibuat untuk menghibur para pengunjung dan mengenalkan pendidikan mengenai dunia binatang. Sehingga liuran menjadi tidak sekedar menyenangkan tapi juga menambah wawasan.

2. Tunggang Satwa

Pengunjung juga berkesempatan untuk menunggang beberapa satwa. Satwa yang diperbolehkan untuk ditunggangi yaitu gajah, onta, dan kereta Onta.

o Tunggang Gajah

Tunggang gajah dibuka pada hari Selasa, rabu, dan Kamis. Wahana ini mulai dibuka pada jam 09.00.

o Kereta Onta

Kereta Onta dibuka pada hari sabtu dan minggu saja.. Wahana ini mulai dibuka pada jam 10.00.

o Tunggang Onta dibuka pada hari sabtu dan minggu saja.. Wahana ini mulai dibuka pada jam 10.00.

3. Kid’s Zoo

Wahana Kids Zoo menjadi ikon untuk menggaet pengunjung KBS. Wahana ini berisikan satwa kecil dan jinak. Pengunjung tak hanya bisa melihat binatang dari kejauhan tetapi, bisa langsung memegang ataupun menggendong satwa yang ada di kids zoo ini. Selain memberikan kesan menyenangkan, wahana ini juga dijadikan sebagai media informasi kepada masyarakat tentang kehidupan satwa di Indonesia.

4. Fedding Time And Keeper Talk

Salah satu atraksi yang menarik perhatian pengunjung di kebun binatang surabaya adalah proses pemberian makan pada binatang. Khususnya binatang karnivora. Atraksi Fedding time hanya diselenggarakan di hari minggu dan libur nasional saja.

Hewan yang dimasukkan dalam daftar fedding time ini meliputi: Binturong jam 10.00, Harimau Benggala jam 10.30, Pelikan jam 11.30, Pecuk Padi hitam jam 11.30, Buaya jam 12.00, beruang madu jam 13.00 dan komodo jam 13.30.

Setiap atraksi waktunya 30 menit, kecuali untuk binturong, buaya dan komodo yang waktunya 1 jam.

5. Perpustakaan

Pengunjung yang datang ke perpustakaan kebun binatang surabaya dibuat merasa sedang ada di hutan. Suasananya dingin, dan wallpaper dinding perpustakaan juga dibuat seperti pohon yang ada di hutan. Rak buku yang mulanya hanya berbentuk kotak berwarna coklat diubah menjadi rak berbentuk hewan-hewan dengan aneka warna. Ada yang berbentuk gajah berwarna biru, kuda nil berwarna oranye, serta unta berwarna kuning. Alas lantainya pun dilengkapi dengan rumput sintesis berwarna hijau.

Terdapat berbagai macam buku pengetahuan tenteng binatang yang dapat membuat wawasan anda lebih luas. Di perpustakaan ini terdapat sekitar 1.500 buku. Jenis bukunya pun bermacam-macam. Ada buku tentang fauna dan satwa, ada pula buku-buku pengetahuan umum

6. Jalur Jogging

Banyaknya pepohonan yang tinggi membuat kualitas udara KBS terjaga. Potensi itu menjadi alasan KBS untuk membangun jogging track. Para pengunjung dapat menikmati KBS sejak pukul 05.00 sembari berlari-lari dengan santai.

Jalur ini baru saja dibangun dan cukup panjang untuk jogging track. Panjang lintasan di area seluas sekitar 15 hektar ini panjangnya lebih dari 1 km.

7. Arena Rekreasi

Arena ini cocok sekali untuk anak-anak. Terdiri dari beberapa permainan mulai yang memacu adrenalin ataupun menyenangkan seperti flaying fox, berenang, outbond, wisata perahu, bom – bom car, dan bungee trampoline.

8. Jembatan Pantau

Buat yang tak kuat berkeliling ke seluruh penjuru Kebun Binatang Surabaya, tapi ingin melihat semuanya, di sini tersedia jembatan pantau. Dari sini, kamu bisa melihat kegiatan para pengunjung dan satwa-satwa koleksi KBS. Jembatan ini memang didesain untuk berfungsi untuk memantau keadaan sekitar kawasan ini.

Di jembatan pantau kita bisa melihat kebun binatang Surabaya dan bangunan lain di sekitarnya dengan sudut pandang dari ketinggian.

9. Spot Foto Di Kebun Binatang Surabaya

Terdapat beberapa spot foto yang menarik dan tentunya instagramable yang dapat dijadikan kenang-kenangan pernah mengunjungi Kebun Binatang Surabaya. Beberapa spot andalan adalah: Patung Suro dan Boyo, Mata air cinta, Taman Selfie, dan Taman Cinta.


Tips

Sebelum berangkat, ada beberapa tips yang sebaiknya kita perhatikan agar perjalanan di kebun binatang surabaya jadi maksimal menyenangkan. Berikut tips yang mesti kita perhatikan:

• Kalau mengajak anak kecil, selalu awasi gerak-geriknya. Terutama saat ia sedang berinteraksi atau berada di dekat satwa.

• Selalu jaga kebersihan. Jangan pernah membuang sampah sembarangan, apalagi ke kandang satwa. Jangan sampai kejadian miris yang menimpa salah satu jerapah 2012, yang mati karena menelan sampah silam terulang kembali.

• Jangan memberikan makan pada satwa, kecuali bagian dari program kebun binatang. Bisa jadi makanan yang kita berikan malah membuat pencernaan mereka terganggu dan akhirnya jatuh sakit.

• Jangan mengganggu atau membuat binatang kaget, bisa-bisa mereka malah stres dan sakit, bahkan menyerang.

• Unduh aplikasi Surabaya Zoo di Android. Informasi tentang binatang, fakta unik, sampai peta yang dilengkapi GPS ada di sini. Jadi, tak perlu khawatir tersesat di dalamnya. Kerennya lagi, ada fitur donasi yang uangnya akan digunakan untuk pemeliharaan satwa langka. Kamu pun bisa turut berpartisipasi dalam menjaga kelestarian satwa-satwa tersebut.


Alamat dan Rute

Kebun Binatang Surabaya berlokasi di Jalan Setail No. 1, Darmo, Wonokromo, Surabaya.

Rute Menuju Kebuan Bintang Surabaya

Jika berangkat dari arah Malang atau Pasuruan, bisa melalui jalan tol Porong-Surabaya, lalu keluar di pintu gerbang Tol Waru, serta ikuti panduan menuju ke Waru. Ambil jalur kiri, setelah itu akan menjumpai Mall City of Tomorrow (CITO), dan lurus saja menuju arah pusat kota Surabaya (Jalan Ahmad Yani). Dari jalan ini, lurus saja sampai Terminal Joyoboyo, dan Kebun Binatang Surabaya berada setelah terminal tersebut, yang terletak di kiri jalan.

Kebun binatang ini mudah dicapai dari terminal bus antar-kota di Bungurasih, stasiun kereta api Wonokromo, Stasiun Gubeng, Stasiun Pasar Turi, bahkan dari Bandara Internasional Juanda.

Pengunjung bisa menggunakan angkutan kota yang melewati Jalan Ciliwung menuju ke Terminal Joyoboyo, turun di antara Jalan Setail dan cukup berjalan kaki sekitar dua menit.


Wonderful Indonesia