KAMPUNG WISATA JODIPAN

Tentang Kampung Wisata Jodipan

Salah satu wisata Indonesia yang berupa sederetan rumah warga di tepi Sungai Brantas yang menampilkan dinding dengan aneka warna yang menarik dan tidak monoton. Kampung ini terletak di Jodipan berada di tepi Sungai Brantas. Kampung Wisata Jodipan ini biasanya dijuluki Kampung Warna Warni [1]. Kampung Warna Warni terdapat di dua wilayah, yaitu Kampung Jodipan dan Kampung Tridi. Antara keduanya dihubungkan dengan jembatan kaca "Ngalam" Indonesia (Ngalam dibaca Malang). Jembatan mini berlantaikan kaca ini diresmikan penggunaannya oleh Wali kota Malang, Moch. Anton, 9 Oktober 2017.


Latar Belakang

Kampung Wisata Jodipan adalah kampung yang digagas delapan mahasiswa jurusan Komunikasi Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) yang diketuai Nabila Firdausiyah. Sekelompok mahasiswa ini menggandeng program corporate social responsibilities perusahaan cat untuk mewujudkan kampung tersebut. Mereka awalnya mendapatkan tugas praktikum Public Relations 2 dari dosen, lalu sekelompok ini yang tergabung dalam Guys Pro-lah yang memiliki ide brilian untuk menyulap kawasan kumuh ini menjadi penuh warna.


Peresmian

Pada 4 September 2016, Kampung Wisata Jodipan tersebut diresmikan langsung oleh Wali kota Malang, H. Mochamad Anton didampingi Forkopimda Kota Malang, Ketua TP PKK Kota Malang dan Sekretaris Daerah Kota Malang. Selain itu hadir juga Vice President PT Indana Paint, Steven A Sugiharto serta GuysPro selaku pencetus kampung warna-warni ini.

Kampung Wisata Jodipan ini sendiri terletak di RT 06, 07, dan 09, RW 02, Kelurahan Jodipan Kota Malang dan terletak di bantaran Sungai Brantas. Keberadaan kampung ini diharapkan dapat menjadi kawasan wisata baru di kota Malang untuk berburu foto selfie. Dinding yang berwarna-warni ini, diharapkan dapat menarik banyak orang atau wisatawan untuk mendatanginya.


Spot Foto

Ngadem dan berfoto di lorong paying

Apabila kamu berkunjung saat hawa sedang panas dan matahari sedang terik, kamu bisa ngadem sejenak di lorong payung. Baca juga: 5 Tempat Wisata Malang yang Sudah Buka Saat New Normal Lorong payung merupakan sebuah area teduh yang diapit oleh deretan rumah warna-warni. Di sana, kamu bisa istirahat sejenak sambil foto-foto di jalur kecil yang dipenuhi payung gantug.

Sejumlah payung yang ada di sana pun memiliki berbagai macam warna menyesuaikan cat perumahan di sekitarnya. Ada juga area lorong payung lain yang tidak kalah menariknya. Di area tersebut, bahkan jalanannya pun dicat warna-warni dengan pola kotak sehingga terlihat unik.

Sementara di area yang dipenuhi payung warna-warni lainnya, wisatawan bisa berfoto di sebuah spot foto berbentuk hati yang dihiasi oleh karangan bunga, atau spot foto berbentuk hati yang dihiasi kipas warna-warni.

• Tangga Warna Warni

Perumahan di Kampung Warna-warni Jodipan terletak secara berundak. Setiap tangga di sana pun dicat agar terlihat lebih menarik.

Salah satu area tangga warna-warni yang bisa dikunjungi wisatawan adalah tangga yang dikelilingi oleh lentera kertas warna-warni. Sebelum menaiki anak tangga, kamu bisa berfoto-foto terlebih dahulu di sebuah dinding yang bebatuannya diwarnai dengan masing-masing warna yang berbeda. Baca juga: Asyik, Kampung Tridi dan Jodipan Malang Buka Lagi 3 September 2020 Ada juga area yang sepanjang anak tangganya ditutupi oleh kain warna-warni sehingga kamu bisa lebih nyaman selama berfoto-foto.

• Jembatan Kaca

Kampung Warna-warni Jodipan terletak berseberangan dengan kampung tematik lain bernama Kampung Tridi.

Jalur yang menghubungkan kedua kampung wisata tersebut adalah jembatan kaca yang terletak tepat di atas Sungai Brantas. Berswafoto ria di jembatan tersebut terbilang cukup menarik. Pasalnya, latar belakang fotomu akan terlihat begitu berwarna dengan pemandangan Kampung Warna-warni Jodipan atau Kampung Tridi. Bagi wisatawan yang takut akan ketinggian, mereka diimbau untuk berhati-hati dan sebisa mungkin tidak melihat ke bawah agar tidak cemas.

Kampung Warna-warni Jodipan berlokasi di Kelurahan Jodipan, Kecamatan Blimbing. Pada masa pandemi seperti saat ini, pastikan saat berkunjung tetap melakukan protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

Adapun protokol kesehatan yang dimaksud yaitu dengan mengenakan masker, mencuci tangan dengan sabun, menjaga jarak, serta tidak bepergian jika demam atau suhu tubuh di atas 37,3 derajat Celsius.


Lokasi

Gang 1, Jodipan, Blimbing, Kota Malang, Jawa Timur

Harga Tiket

Rp. 3000


Rute

• Dari Stasiun Malang Kota Baru: dari sini, melajulah ke Jalan Trunojoyo menuju ke Jalan Gatot Subroto. Setelah melewati Jembatan Brantas, belok ke kiri. Gang masuk menuju destinasi berada di kiri jalan. Lama waktu perjalanan sekitar 10 menit.

• Dari Stasiun Malang Kota Lama: kamu tinggal mengambil jalan lurus saja. Melajulah ke Jalan Laksamana Marthadinata menuju ke Jalan Gatot Subroto. Setelah melewati Jembatan Brantas, beloklah ke kiri. Gang masuk berada di kiri jalan. Lama waktu perjalanan hanya lima menit saja.

• Dari Terminal Arjosari: dari Jalan Raden Intan, beloklah ke kanan menuju ke Jalan Raden Panji Suroso. Kemudian, lanjutkan hingga bertemu Jalan Sunandar Priyo Sudarmo. Sesampainya di Patung Panglima Sudirman, belok ke kiri menuju Jalan Panglima Sudirman dan lanjutkan hingga ke Jalan Gatot Subroto. Setelah melalui Jembatan Brantas, belok ke kiri dan turunlah di gang pertama. Waktu perjalanan hanya 20 menit.


Wonderful Indonesia