GUNUNG KLOTOK

Tentang Gunung Klotok

Salah satu wisata Indonesia yang terdapat di dekat kaki Gunung Wilis. Gunung ini terletak di Kelurahan Pojok, Kecamatan Mojoroto, Kediri, Provinsi Jawa Timur. Gunung ini merupakan gugusan Pegunungan Wilis yang letaknya cukup jauh dari Gunung Wilis sendiri. Gunung ini memiliki ketinggian ± 536 MDPL. Nama Klotok berasal dari kata Kolo dan Tok. Kolo yang berarti bahaya dan tok berarti saja. Sehingga Klotok berarti gunung yang berbahaya. Keunikan gunung ini adalah bentuknya menyerupai sosok perempuan yang sedang tidur. Olehnya Klotok juga dijuluki sebagai Si Cantik Tidur.

Gunung ini merupakan pembatas antara Kota Kediri dan Kabupaten Kediri di sebelah baratnya. Gunung ini banyak mengandung nilai sejarah. Di gunung ini terdapat 3 Goa yaitu Goa Selomangleng, Goa Selobale dan Goa Padedean. Selain itu di gunung ini terdapat satu mata air yaitu Sumber Lo.


Puncak

Gunung ini memiliki banyak puncak, tetapi yang paling dikenal adalah Puncak Klop dan Watu Bengkah. Puncak Klop berada di tengah sedangkan Puncak Watu Bengkah berada di selatan. Di Puncak Klop terdapat prasasti yang menandakan itulah puncak tertinggi dari Gunung ini. Puncak Watu Bengkah biasanya sering digunakan untuk pengibaran bendera merah putih saat perayaan HUT RI.

Pendakian Gunung ini tidak memakan waktu yang lama. Cukup 1-2 jam saja. Terdapat 2 rute yang biasa digunakan para pendaki untuk mencapai Puncak gunung ini. Rute favorite pendaki merupakan rute bawah atau menyisiri punggungan bukit dengan jalanan yang cukup landai namun cukup jauh. Rute lainnya ialah melalui belakang Goa Selomangleng yang langsung melewati tengah bukit dan melewati Goa Selobale. Kedua rute ini akan bertemu pada satu tanah lapang yang juga merupakan Pos 1 "Proliman". Dari Pos 1 kita haruslah menentukan pilihan akan ke Puncak Klop atau Puncak Watu Bengkah. Untuk menuju ke Puncak Watu Bengkah bisa berbelok ke kanan sedangkan untuk ke Puncak Klop kita lurus saja.


Mitos

Dibalik keindahan gunung klotok ini menyimpan misteri yaitu “BISA PATAHKAN CINTA” . Ketika Dewi Kilisutji diketahui bersembunyi ditempat itu, maka dua orang raja kakak-beradik dari Tulungagung yang bernama Maeso Suro dan Lembu Suro terus mengejarnya. Keduanya mengejar dengan tidak kenal lelah karena dalam hati mereka sudah tertanam panah asmara terhadap Dewi Kilisutji. Sementara itu, Dewi Kilisutji sendiri tidak bisa memutuskan kepada siapa cinta di hatinya akan dicurahkan. Sebab dia sedang menghadapi masalah yang pelik yaitu masalah perebutan kekuasaan di kerajaannya.

Maesa Suro dan Lembu Suro tidak mau menyerah begitu saja. Mereka sangat percaya diri karena mempunyai kerajaan, harta kekayaan,dan sakti mandraguna. Ketika bersua dengan sang dewi, mereka disuruh menggali sebuah sumur di atas bukit itu sebagai syarat persembahan cinta.

Dari legenda tersebut gunung klotok sampe sekarang konon di katakan sebagai gunung pemutus hubungan tapi tidak usah khawatir apabila ditakdirkan sebagai jodoh tidak akan terpisahkan sampai kapan pun.


Alamat

Gunung Klotok Kab Kediri terletak di provinsi Jawa Timur, Indonesia. Tepatnya di Setono Gedong, Kec. Kota Kediri, Kota Kediri, Jawa Timur. Terdapat 39 tempat wisata di Kab Kediri. Jika anda ingin mendapatkan petunjuk arah ke tempat wisata tersebut, silakan klik tombol petunjuk arah di bawah untuk membuka peta navigasi. Di peta navigasi tersebut, terdapat pilihan apakah memakai kendaraan umum, jalan kaki, atau pakai mobil.


Harga Tiket

Umumnya, harga tiket untuk masuk tempat wisata berbeda antara hari libur, minggu atau hari biasa. Berikut kami sertakan daftar harga tiket masuk ke area Kab Kediri. Harga bisa berubah sewaktu-waktu.

Saat weekday, harga tiket masuk Gunung Klotok adalah Rp2000.00. Sementara saat weekend, harga tiket masuk Gunung Klotok adalah Rp4000.00. Ada baiknya konfirmasi harga lewat call center di bawah. Harga weekday umumnya berarti hari Senin-Jumat, sementara weekend Sabtu dan Minggu.


Jam Oprasional

Tiap-tiap tempat wisata punya jam buka dan tutup berbeda. Begitu juga dengan destinasi yang ada di Kab Kediri. Berikut kami sertakan tabel mengenai jam buka dan jam tutup untuk Gunung Klotok.

Gunung Klotok buka jam 24 jam dan tutup jam -. Jam ini sesuai dengan zona waktu setempat yakni waktu Asia/Jakarta.


Wonderful Indonesia