DE MATA TRICK EYE MUSEUM

Tentang De Mata Trick Eye Museum

Salah satu wisata Indonesia yang

merupakan suatu museum seni ilusi optical atau museum 3D yang berada di kota Surabaya.

Disini kalian akan disuguhkan dengan latar belakang sensasi 3D yang terlihat seperti nyata.

Museum satu ini hingga sekarang tercatat mempunyai banyak seni 3D dengan berbagai tema mulai dari olahraga, alam, binatang, angka, romantis, pahlawan, sirkus, ornamen dan yang lainnya.

De Mata Museum ini juga menempatkan lukisan 3D dengan mengusung konsep labirin sehingga akan membuat setiap wisatawan tidak akan mudah merasa bosan.


Sejarah

Museum De Mata Trick Eye Surabaya, pertama kali dibuka bertempat di Golden City Mall pada 14 Desember 2014. Karena lokasi yang kurang strategis membuat jumlah pengunjung tidak sesuai dengan yang diharapkan. Itu sebabnya, sejak 1 Juli 2015, lokasi museum dipindah ke Surabaya Town Square atau Sutos yang selama ini dikenal sebagai lokasi hang out favorit anak-anak muda.

Bertempat di Lantai Satu Surabaya Town Square dengan menempati area seluas 873 meter persegi, membuat De Mata Trick Eye Museum Surabaya sangat mudah dijangkau.


Cerita Singkat

De Mata Trick Eye memiliki kurang lebih 200 gambar 3D serta 50 gambar 3D yang ditambah dengan wahana 4D dan juga mirror illusion.

Beberapa sudut lokasi museum ini dibuat dengan latar gambar yang diambil untuk lukisan merupakan tempat populer layaknya kastil di negeri Kincir Angin Belanda, Pegunungan Alpen, serta berbagai negara lain seperti Korea Selatan, Jepang dan yang lainnya.

Untuk menambah kesan dramatis, ditempat ini juga telah disediakan tempat sewa kostum guna menyelaraskan latar belakang foto.

Tak hanya itu saja, dalam pengembangan galeri juga ditambahkan setidaknya ada 100 patung 5D yang langsung dibuat oleh seniman asal kota Jogja.

Mulai pada pertengahan tahun 2019 lalu, De Mata Trick Eye telah menambahkan atraksi baru berupa D’Walik Illusion Room Museum dengan berisikan 27 ruangan tematik.

Beberapa konsep dari ruangan tersebut seperti: Rumah sakit jiwa, ruangan isi harta karun, serta studio musik.


Objek Wisata

Berikut ini adalah beberapa objek wisata atau wahana di dalam De Mata Trick Eye Museum Surabaya yang dapat kalian jumpai, antara lain:

1. De Mata

De MATA merupakan salah satu wahana wisata 3D yang di dalamnya menyimpan koleksi sebanyak 120 gambar 3D dengan beragam tema. Mulai dari flora, fantasi, fauna, kartun, serta yang lainnya. Tak hanya itu saja, wahana yang satu ini juga telah dilengkapi dengan teknologi Augmented Reality yang bisa diunduh pada playstore. Dengan memadukan gambar 3D serta animasi yang interaktif, disini kalian dapat memuat video lucu nan gokil berbekal dengan aplikasi Augmented Reality De Mata.

2. Belanja

Setelah puas berpose, kalian juga dapat membeli oleh – oleh untuk dibawa pulang. Oleh – oleh tersebut berupa kenangan seperti merchandise yang tentunya sangatlah unik seperti Mug 3D, kaos 3D, dan yang lainnya.

3. Wisata Kuliner

• Gelaria

Galeria merupakan salah satu stand makanan yang menyajikan minuman segar seperti es. Kurang lebih terdapat 50 varian rasa yang dapat kalian coba disini.

• De Corn

Tidak hanya Gelaria saja, disini juga terdapat Pop Corn yang beda dari yang lain, ada Pop Corn rasa, serta Rainbow Pop Corn juga ada disana.

• Lunch Box

Lunchbox Resto merupakan sebuah resto yang akan memanjakan lidah kalian dengan kuliner yang sedap.

• De Fresh

Puluhan rasa buah juga dapat kalian nikmati dengan berkunjung ke kawasan De Fresh.


Lokasi

De Mata Trick Eye Museum Surabaya berada di alamat: Jl. Hayam Wuruk No.6, Sawunggaling, Kec. Wonokromo, Kota SBY, Jawa Timur 60242.


Harga Tiket

• Senin – Kamis Rp25.000

• Jumat – Minggu Rp35.000


Rute

Berikut ini adalah rute yang dapat kalian gunakan untuk menuju lokasi wisata dengan menggunakan kendaraan umum, antara lain:

Stasiun terdekat:

• Jalan Hayam Wuruk 6 dengan jarak 36 meter dari lokasi wisata, atau berjalan selama 1 menit.

• Jalan Adityawarman 85 dengan jarak 182 meter dari lokasi wisata, atau berjalan selama 3 menit.

• Jalan Adityawarman 35 dengan jarak 227 meter dari lokasi wisata, atau berjalan selama 3 menit.

• Jalan Adityawarman 96 dengan jarak 269 meter dari lokasi wisata, atau berjalan selama 4 menit.

• Jalan Perwira 38 dengan jarak 317 meter dari lokasi wisata, atau berjalan selama 5 menit.

Jalur Bus yang berhenti dekat lokasi wisata:

a. Bis – DKM

b. Bis – G

c. Bis – J, Bis – TV.


Tips

1. Siapkan fisik agar tetap sehat serta pastikan tidak dalam kondisi lapar saat berkunjung, sebab akan membutuhkan banyak energi agar dapat menjelajahi setiap sudut galeri ini.

2. Bawalah kamera yang bagus, seperti DSLR ataupun kamera ponsel dengan beresolusi tinggi.

3. Ajak teman untuk berkunjung agar kegiatan kalian lebih seru.

4. Di galeri ini tidak akan tersedia charger port, sehingga kalian pastikan jika kondisi baterai gadget atau kamera kalian dalam kondisi full. Dan jangan lupa untuk membawa memori cadangan apabila terjadi sebuah kondisi memori baterai maupun kamera penuh.

5. Membawa power bank untuk berjaga – jaga.

6. Disarankan berkunjung pada waktu jam sepi/ jam kerja. Terlepas dari weekday maupun weekend, kalian perlu untuk memperkirakan kemungkinan terburuk ketika datang galeri. Sebab sewaktu akan mengambil foto sempurna akan membutuhkan banyak waktu, terlebih lagi apabila kalian hendak berfoto di setiap lukisan yang ada.

7. Jangan merusak properti yang ada.

8. Patahui segala peraturan yang ada di lokasi wisata.

9. Jangan sungkan untuk meminta bantuan para penjaga disana untuk memotret momen kalian.


Wonderful Indonesia