AIR TERJUN TUMPAK SEWU

Tentang Air Terjun Tumpak Sewu

Salah satu wisata Indonesia yang

berketinggian sekira 120 meter yang berada di perbatasan Kabupaten Lumajang dan Kabupaten Malang, Provinsi Jawa Timur. Air Terjun Tumpak Sewu merupakan air terjun terindah di Pulau Jawa dan Indonesia. Air Terjun Tumpak Sewu memiliki formasi unik karena memiliki aliran air yang melebar seperti tirai sehingga termasuk dalam tipe air terjun Tiered. Lokasi Air Terjun Tumpak Sewu ada di dalam sebuah lembah curam memanjang dengan elevasi 500 meter di atas permukaan air laut. Air Terjun Tumpak Sewu terbentuk di aliran Sungai Glidih. yang berhulu di Gunung Semeru.


Lokasi

Air Terjun Tumpak Sewu terletak di Dusun Jagalan, Desa Sidomulyo, Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang, Provinsi Jawa Timur, Indonesia.


Mitos

Ada sebuah mitos yang berkembang dan diyakini oleh sebagian wisatawan dan warga sekitar mengenai Air Terjun Tumpak Sewu.

Mitosnya, siapapun yang mencuci wajahnya dengan air yang mengalir dari air terjun ini akan awet muda.

Meskipun belum pasti kebenarannya, mitos tersebut pastinya membuat sebagian orang yang percaya bersemangat untuk mendatangi air terjun ini.


Hal Menarik

Dicap sebagai air terjun terindah di Pulau Jawa dan Indonesia, air terjun ini punya beragam daya tarik yang tidak dimiliki air terjun lain.

Berikut ini beberapa hal menarik yang akan kita dapatkan saat tour atau berwisata ke Tumpak Sewu Waterfall:

1. Jalur Menantang

Bagi yang ingin melihat dan merasakan langsung kesegaran airnya, bisa turun ke lembah melewati track yang cukup curam dan terkadang licin.

Panjang lintasan hingga sampai ke bawah sekitar 800 meter. Setelah sampai, kita masih harus berjuang menyusuri sungai melawan arus untuk benar-benar sampai di titik lokasi air terjun.

Perjalanan turun dari atas ke lembah cukup melelahkan dan menguji adrenaline.Selain curam dan licin utamanya setelah turun hujan, jalur yang beberapa lintasannya berupa tangga saat ini sudah agak rapuh sehingga membutuhkan kehati-hatian untuk melewatinya.

2. Bukit Panorama

pos-panorama-tumpak-sewuSumber gambar: instagram.com/jasapaketbromo

Dari sinilah kita bisa melihat keindahan Coban Sewu jika malas atau tidak berani turun langsung ke bawah.

Di bukit panorama ini sudah disediakan sebuah gardu pandang permanen berupa bangunan seluas 30 meter persegi.

Bangunan ini mampu menampung sekitar 50 orang pengunjung yang biasanya sangat ramai di saat weekend.

Jarak gardu pandang ini dari lokasi air terjun sekitar 100 meter. Meski cukup jauh, namun pemandangan air terjun yang tersaji dari tempat ini juga tak kalah indahnya.

3. Goa Tetes

Air terjun bernama Goa Tetes ini bisa kita nikmati bila memasuki Tumpak Sewu dari pintu masuk Lumajang. Dinamai Goa Tetes karena di balik air terjun ini ada sebuah goa yang konon sering dijadikan tempat menyepi oleh orang-orang yang menganut kepercayaan tertentu.

Goa Tetes ini sejak dulu juga sudah dijadikan tujuan wisata. Kabarnya, sebelum Tumpak Sewu dikenal seperti sekarang, Air Terjun Goa Tetes lah yang menjadi salah satu andalan pariwisata di Kabupaten Lumajang.

4. Surganya Pencinta Photography

Bila Anda adalah seorang pecinta photography, mengunjungi Air Terjun Tumpak Sewu sepertinya wajib untuk dilakukan. Alasannya karena di tempat inilah Anda akan mendapatkan landscape photography yang tiada duanya.

Dari gardu pandang Anda bisa membidik obyek air terjun beserta landscape kawasan sekitarnya untuk mendapatkan foto yang fantastis.

5. Spot Selfie Instagenic

Saat ini aktifitas wisata memang lekat dengan kegiatan berburu foto selfie. Meski tidak disediakan spot khusus, tapi keindahan Air Terjun Tumpak Sewu sangat menjanjikan untuk dijadikan spot berfoto.

Anda hanya perlu menyiapkan kamera atau smartphone yang punya kamera bagus. Tinggal cari spot yang paling cantik, atur gaya dan angle yang tepat, maka Anda akan mendapatkan tampilan foto yang Instagramable dan siap di-share ke media sosial.


Harga Tiket

Meskipun dijuluki sebagai air terjun terindah di Indonesia, namun harga tiket masuk ke Tumpak Sewu sangatlah murah. Anda hanya perlu membayar tiket masuk seharga Rp. 10.000 dan tambahan beberapa ribu rupiah sebagai retribusi parkir.

Jenis Harga

Tiket Masuk Rp. 10.000

Sewa Guide Rp. 300.000

Harga tiket tersebut juga berlaku baik untuk wisatawan asing, anak-anak, remaja, dan orang dewasa.


Wonderful Indonesia