AIR TERJUN KABUT PELANGI

Tentang Air Terjun Kabut Pelangi

Salah satu wisata Indonesia yang

Air Terjun Kabut Pelangi atau Coban Kabut Pelangi adalah sebuah air terjun yang berada di Kabupaten Lumajang, Provinsi Jawa Timur. Dinamakan Kabut Pelangi karena di lokasi air terjun ini sering terlihat pelangi yang diakibatkan oleh pembiasan air dan cahaya matahari. Jika beruntung, anda dapat melihat pelangi yang ada di bagian bawah air terjun ini. Belum diketahui ketinggian pasti air terjun ini, namun diperkirakan tingginya sekira 100 meter dengan debit air yang cukup deras dan sangat deras di musim penghujan. Air Terjun Kabut Pelangi merupakan salah satu dari banyaknya air terjun yang terbentuk ditepian lembah-lembah curam Sungai Glidik di perbatasan Kabupaten Malang - Kabupaten Lumajang. Air Terjun yang terletak di elevasi 500 Mdpl ini berada pada aliran Sungai Ranu, anak Sungai Besukbang yang berhulu di Gunung Semeru. Pemandangan disekitar air terjun sangat indah karena dikelilingi tebing-tebing tinggi berwarna kecoklatan serta rimbunnya pepohonanan.


Lokasi

Air Terjun Kabut Pelangi terletak di Desa Pronojiwo, Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang, Provinsi Jawa Timur, Indonesia.


Rute

Air Terjun Kabut Pelangi terletak di perbatasan Desa Pronojiwo dengan Desa Sidomulyo namun objek wisata dijangkau melalui Desa Pronojiwo. Jika anda dari Malang arahkan kendaraan anda menuju Kepanjen-Gondanglegi-Turen-Dampit-Tirtoyudo-Ampelgading-Pronojiwo hingga sampai di Polsek Pronojiwo. Jika anda dari Lumajang, ikuti jalan nasional Lumajang-Malang yakni melewati Sumbersuko-Tempeh-Pasirian-Candipuro-Pronojiwo hingga sampai di polsek Pronojiwo. Di dekat Polsek Pronojiwo, terdapat banner Air Terjun Kabut Pelangi. Setelah itu ikuti petunjuk yang ada setelah banner tersebut. Setelah sampai di tempat parkir, perjalanan dilanjutkan treking sejauh 1,5 km dengan melewati perkebunan warga dengan jalan yang naik turun khas perbukitan.


Asal Usul Nama

Disebut sebagai kabut pelangi bukan tanpa alasan. Pasalnya, sering ada penampakan pelangi di sekitaran air terjun. Munculnya pelangi tersebut dikarenakan membiasanya air terjun saat bertemu dengan cahaya matahari. Tapi, pelangi tersebut tidak selalu ada ya. Jadi, buat kamu yang ke sana dan tidak menemukan pelangi, jangan bersedih hati. Karena bisa dibilang panorama dari Air Terjun Kabut Pelangi ini sungguh memikat hati.

Wisata di Lumajang ini memiliki ketinggian sekitar 100 meter. Tapi, air terjun tersebut berada di dataran dengan ketinggian 1.229 meter di atas pemukaan laut. Sehingga saat kamu berada di sekitarnya akan merasakan sejuk dan juga segar. Panorama di sekitarnya masih sangat asri akan membuat kamu betah berlama-lama.


Harga Tiket

Harga tiket masuk ke Air Terjun Kabut Pelangi terbilang murah. Per Juni 2018, harga tiket masuknya Rp5.000 sementara itu untuk biaya parkir motor Rp5.000 juga. Tidak ada biaya lain yang ditarik. Biasanya juga ada beberapa warung yang buka di jalur ke air terjun, jadi tidak perlu khawatir. Namun untuk jaga-jaga warung belum buka atau libur, jangan lupa bawa perbekalan.


Tips

Buat kamu yang ingin jelajah Air Terjun Kabut Pelangi, ada beberapa tips yang perlu kamu lakukan supaya perjalanan makin menyenangkan.

o Olahraga tipis-tipis karena menempuh perjalanan cukup panjang

o Pastikan kondisi tubuh prima karena akan melakukan perjalanan yang cukup melelahkan

o Pakai alas kaki yang tepat dan kuat

o Bawa perbekalan, setidaknya air putih

o Bawa payung jika tidak ingin terlalu basah

o Penuhi isi baterai gadget

Itulah hal-hal yang perlu untuk kamu ketahui jika ingin berkunjung ke Air Terjun Kabut Pelangi. Semoga perjalananmu menyenangkan ya.


Wonderful Indonesia