AIR TERJUN DOLO

Tentang Air Terjun Dolo

Salah satu wisata Indonesia yang terletak di Dusun Besuki, Desa Jugo, Kecamatan Mojo, Kabupaten Kediri, Jawa Timur. Air terjun ini berada di bagian timur lereng Gunung Wilis (2.850 meter), yang memiliki ketinggian 125 meter dan 1800 meter di atas permukaan laut (dpl). Air terjun Dolo berjarak 4 meter dari air terjun Irenggolo yang dibatasi oleh banyak pepohonan dan hutan, yang juga masih terletak di kawasan Besuki. Debit air yang dicurahakan air terjun ini tidak terlalu deras, tetapi memiliki suhu air yang sangat dingin. Tumpahan air yang jatuh dari atas terbagi atas tiga bagian, mulai dari bagian yang paling tinggi sekitar 90 meter dan dibawahnya sekitar 2-5 meter. Air terjun Dolo terletak di kawasan pegunungan, sehingga selain suhu udaranya dingin, sering kali kawasan di sekitar air terjun dan akses jalan menuju ke sana tertutup oleh kabut.


Lokasi

Dusun Besuki, Desa Jugo, Mojo, Kediri, Jawa Timur, Indonesia, 64162.


Harga Tiket

Untuk menikmati keseruan Air Terjun Dolo, pengunjung harus membayar tiket masuk. Tiket masuk masih terbilang murah untuk objek wisata indah ini. Selain itu, pengunjung juga akan dikenakan tarif parkir tergantung pada kendaraan yang dikendarai.

Harga Tiket Masuk

Tiket masuk Rp7.500


Jam Oprasional

Pengelola menyediakan waktu yang lama bagi pengunjung untuk menikmati objek wisata ini. Pengunjung dapat datang di pagi hari hingga sore hari. Meskipun siang, tidak masalah juga menghabiskan waktu di sini. Karena udara yang sejuk dan rindangnya lingkungan, sehingga tidak akan kepanasan.

Jam Operasional

Setiap hari 07.00 – 17.30 WIB


Pesona

Berdiri tegak setinggi 125 meter membuat Air Terjun Dolo terlihat sangat gagah. Dinding batunya tampak hitam dan rata, serta membentuk beberapa tingkatan di bawahnya. Karena derasnya air terjun menghantam batuan di dasarnya, bagian dasar ini tampak berkabut putih.

Menciptakan kesan indah paripurna, apalagi air yang dibawa begitu jernih dan dingin. Sebenarnya, air terjun ini tidak langsung terjun dari ketinggian 125 meter, namun bertingkat – tingkat. Tingkatan pertama memiliki tinggi 90 meter, kemudian tingkatan selanjutnya memiliki tinggi 2 hingga 5 meter.

Berdiri di bawah air terjun yang berada di lereng Gunung Wilis ini memungkinkan terkena cipratannya. Meski begitu, pemandangan yang dihasilkan dari berfoto di titik ini begitu indah. Air terjun yang berada di ketinggian 1.800 mdpl ini sangat sejuk dan memiliki pemandangan eksotis.

Berdiri kokoh dikelilingi oleh pepohonan hijau yang tinggi menjulang. Suara gemuruh air terjun berpadu dengan suara hewan – hewan di hutan. Meski begitu, area air terjun terbilang aman dari binatang buas.


Trekking

Untuk menuju Air Terjun Dolo, pengunjung harus melakukan trekking dengan menuruni ribuan anak tangga. Jarak antara anak tangga pertama hingga menuju air terjun kurang lebih sejauh satu kilometer.

Tangga ini membawa pengunjung menuruni lembah hingga sampai ke Air Terjun. Tentunya, pengunjung harus menyiapkan fisik yang baik untuk turun dan naik kembali melalui tangga ini. Namun tidak perlu khawatir, tangga ini telah dibuat dengan sangat layak oleh pengelola.

Pijakan tangga dibuat dari batu sehingga tidak licin dan memunculkan kesan estetis. Di kanan kiri tangga juga telah disediakan pegangan dari besi untuk membantu supaya tidak terjatuh.

Ditambah lagi, pembatas besi yang ada di tengah – tengah tangga. Menuruni dan menaiki anak tangga tidak akan terasa lelah karena tangga yang disusun tidak terlalu curam.

Ditambah lagi, kanan kirinya berupa pepohonan yang begitu rindang, akan memanjakan mata siapapun yang mengamati. Tidak perlu mendengarkan musik dari gadget, karena suara hewan hutan akan menemani perjalanan menuju lokasi.


Yang bisa dilakukan

• Memetik Buah Stroberi dan Sayuran di Kawasan Air Terjun

Puas menikmati air terjun, pengunjung dapat naik kembali melalui anak tangga. Selain wisata air terjun, di kawasan ini juga terdapat wisata petik buah. Ada kebun buah stroberi yang lokasinya tidak jauh dari objek wisata.

Di kebun stroberi, pengunjung dapat puas memetik buah stroberi. Pengunjung pun dapat menikmatinya langsung di kebun atau membawa pulang untuk oleh – oleh. Jika tak sempat memetik sendiri, di sini juga telah tersedia stroberi yang sudah dikemas. Sehingga pengunjung dapat langsung membelinya.

Selain stroberi, ada juga kebun sayuran segar yang dapat dibeli sayurannya untuk dijadikan oleh – oleh. Khusus untuk sayuran, pengunjung tidak dapat langsung memanennya sendiri. Namun, dapat langsung membelinya di pedagang sayur yang menjajakan di lokasi wisata.

• Area Perkemahan di Air Terjun Dolo

Menikmati Air Terjun Dolo tidak hanya dapat dilakukan di siang hari saja. Pengunjung yang ingin menikmati sepanjang hari di sini juga bisa. Yaitu dengan berkemah di area Air Terjun Dolo.

Di kawasan wisata ini terdapat lokasi perkemahan yang dapat disewa pengunjung. Namun tentunya, pengunjung harus membawa sendiri peralatan perkemahan. Seperti tenda, kompor, serta bahan makanan untuk perbekalan. Selain itu, bawalah tenda dan perlengkapan perkemahan yang tahan air.


Fasilitas

Pengelola Air Terjun Dolo telah menyediakan fasilitas yang sangat mendukung pengunjung. Diantaranya kamar mandi, mushola, serta warung makan di area wisata. Ada juga jogging track untuk arena olahraga dan play ground anak. Di sekitar air terjun juga banyak tersedia penginapan bagi pengunjung yang ingin bermalam di sini.


Wonderful Indonesia