UMBUL PONGOK

Tentang Umbul Pongok

Salah satu wisata Indonesia yang terletak di desa Ponggok, Klaten, Jawa Tengah. Umbul Ponggok merupakan mata air yang dimanfaatkan menjadi objek wisata, pemandian dan snorkeling. Kolam Umbul Ponggok berukuran panjang 70 m dan lebar 40 m, mata air terletak pada dasar kolam dan terus mengalirkan air sehingga kolam Umbul Ponggok cenderung jernih. Pada dasar kolam terdapat ikan dan batu-batuan sehingga kolam Umbul Ponggok kerap digunakan sebagai lokasi foto dibawah air.


Sejarah

Keberadaan Desa Ponggok sudah dikenal lebih dari 100 tahun yang lalu. Tahun 1920-an Desa Ponggok adalah kawasan industri karena terdapat Pabrik Gula Ponggok (Suikerfabriek Ponggok). Letak Pabrik Gula Ponggok tepatnya di seberang jalan raya, timur Umbul Ponggok sekarang. Pabrik-pabrik gula yang berdekatan dengan Ponggok antara lain Suikerfabriek TjokroToeloeng, Suikerfabriek Karanganom dan Suikerfabriek Delanggoe. Pada masa itu wilayah Ponggok secara administratif merupakan wilayah Kawedanan Ponggok. Keluarga-keluarga Belanda banyak yang tinggal di Ponggok karena sebagian besar karyawan Pabrik Gula Ponggok adalah warga Belanda seperti administratur, manajer, juru buku, dll. Keluarga-keluarga tersebut tinggal di “Loji-loji” yang dulu rumahnya di sebelah utara Umbul Ponggok. Sekitar tahun 1930-an karena kondisi ekonomi, sosial politik dunia sedang krisis dan masa perjuangan Indonesia membawa dampak kemunduran bagi Pabrik Gula Ponggok, akhirnya operasional pabrik gula ditutup. Diantara peninggalan kejayaan Pabrik Gula Ponggok yang sekarang masih ada adalah Umbul Ponggok.

Dahulu Umbul Ponggok adalah mata air yang dijadikan sebuah water reservoir yang berfungsi sebagai tampungan air untuk kebutuhan operasional Pabrik Gula Ponggok dan Pabrik Gula Karanganom, selain itu untuk pengairan perkebunan tebu di wilayah Polanharjo, Karanganom, Ceper. Setelah pabrik gula tidak beroperasional lagi, keberadaan water reservoir Ponggok masih difungsikan sebagai pengairan sawah dan perkebunan sampai sekarang. Masyarakat sekitar lebih sering menyebutnya Umbul Ponggok (mata air Ponggok) karena sumber airnya memang berasal dari mata air alami yang mempunyai kualitas bagus dan untuk kebutuhan air minum warga sekitar. Seiring dengan perkembangan zaman, Umbul Ponggok merupakan objek yang memiliki potensi luar biasa, selain untuk kebutuhan seperti pengairan sawah dan air minum, dapat juga sebagai objek wisata. Pemerintah Desa Ponggok bersama masyarakat kemudian berinovasi dan berkreasi dengan mengubah umbul tersebut menjadi objek wisata yang unik dengan tema snorkeling, diving dan foto bawah air. Untuk menarik minat wisatawan maka umbul ponggok mengiklankan dirinya dengan slogan “Bunaken van Klaten“ - sensasi menyelam dalam air, menikmati keindahan bawah air dengan rasa air tawar yang segar dan dingin seperti snorkling dan diving di Bunaken.


Harga Tiket

Kalau berencana mengajak teman atau keluarga rekreasi tempat wisata ini, kolam renang ini mulai dibuka pukul 06:00 Pagi dan tutup pukul 17:00 sore. Untuk harga tiket masuk Umbul Ponggok Klaten sangat terjangkau berikut rinciannya :

Harga Tiket Masuk Umbul Ponggok & Paket

o Tiket Reguler Rp15.000

o Tiket Paket Aman Rp35.000

o Paket Kamera Underwater 1 Rp60.000

o Paket Kamera Underwater 2 Rp120.000

o Paket Walker-Power Dive Rp150.000

o Paket Diving Rp250.000

Harga tiket Umbul Ponggok Klaten paket sudah termasuk Tiket masuk, snorkel dan pelampung.

Paket Kamera Underwater untuk durasi pemotretan selama 1/2 jam maksimal 4 orang dan sudah termasuk fotografer. Paket Walker-Power Dive: Power Dive untuk durasi pemakaian selama 30 menit sudah termasuk dokumentasi (foto saja). Paket Diving: sudah termasuk tabung oksigen, kaki katak, baju renang dan kacamata, bimbingan sebelum menyelam.


Jam Buka

Pengujung yang ingin bermain di tempat wisata kolam alami ini bisa datang mulai pagi hari. Taman wisata air ini sudah dibuka mulai pukul 08.00 pagi dan akan tutup di sore hari.

Jam Buka Umbul Ponggok Klaten

• Senin-Sabtu 08.00 – 16.00 WIB

• Minggu & Hari Libur 08.00 – 17.00 WIB


Aktivitas

• Berenang

kegiatan yang paling murah dan mudah bisa dilakukan di Umbul Ponggok Klaten. Kejernihan air serta ribuan ekor ikan siap menemani para pengunjung tempat wisata ini.

• Snorkling

Nah buat yang bisa menyelam dan menahan napas cukup lama bisa mencoba snorkling. Pengunjung akan melihat ternyata dasar kolam Umbul Ponggok berupa pasir dan masih alami dengan bebatuan.

• Foto Bawah Air

Aktivitas lain yang tidak kalah seru dengan berfoto di bawah air. Dengan beragam properti dan hiasan dijamin foto-foto yang dihasilkan pasti bikin puas. Kalau tidak punya kamera bawah air, tenang saja kerena pengelola menyediakan semua kebutuhan pemotretan termasuk operator.

• Diving / Menyelam

Kalau untuk yang sudah expert tentu bukan di sini tempatnya, tapi kalau untuk pemula kolam Umbul Ponggok Klaten sangat tepat. Karena bisa situasinya yang mirip dengan laut, jadi bisa mengasah kemampuan menyelam pemula.


Lokasi

alamat : Jl. Raya Ponggok Ds. Ponggok, Kec. Polanharjo, Kab. Klaten Jawa Tengah, Indonesia 57474.


Wonderful Indonesia