TAMAN NASIONAL KARIMUNJAWA

Tentang Taman Nasional Karimunjawa

Salah satu wisata Indonesia yang terletak di utara pulau Jawa. Wilayah taman nasional ini berada dalam administrasi Kabupaten Jepara. Pengelolaanya terdiri dari zona inti, zona perlindungan dan zona pemanfaatan.


Sejarah Penetapan

Kementerian Kehutanan menetapkan Karimunjawa sebagai cagar alam laut pada tanggal 9 April 1986 dengan dikeluarkannya surat keputusan No. 123/Kpts-II/1986. Tahun berikutnya, dilakukan penentuan letak koordinat geografi Karimunjawa.

Kemudian, Karimunjawa ditetapkan menjadi taman nasional pada tanggal 29 Februari 1988, tetapi waktu itu statusnya lebih dikenal sebagai Kawasan Pelestarian Alam. Penetapan ini didasarkan pada pernyataan Kementerian Kehutanan No. 161/Menhut-II/1988. Status itu akhirnya berganti menjadi taman nasional pada tanggal 22 Februari 1999 melalui surat keputusan Kementerian Kehutanan No. 78/Kpts-II/1999.

Pada tahun 2005, Direktorat Jenderal Konservasi SDA dan Ekosistem (Ditjen KSDAE) menetapkan zonasi Karimunjawa.[6] Penetapan zonasi ini kemudian digantikan pada 6 Maret 2012 dengan dikeluarkankannya surat keputusan No. SK.28/IV-SET/2012 yang berlaku hingga kini.


Tiket dan Biaya Masuk

Wisatawan tidak perlu membayar untuk memasuki kawasan Taman Nasional Karimunjawa. Namun, ada biaya yang dibutuhkan untuk tiket kapal menuju Karimunjawa. Harga tiket bervariasi tergantung jenis kapal yang dipilih. Beberapa pantai dan objek wisata juga mengenakan tiket masuk yang berbeda untuk turis lokal dan mancanegara.

Harga Tiket Masuk

• Tiket Masuk Wisatawan Domestik Hari Biasa Rp5.000

• Tiket Masuk Wisatawan Domestik Hari Kerja Rp7.500

• Tiket Masuk Wisatawan Mancanegara Hari Biasa Rp150.000

• Tiket Masuk Wisatawan Mancanegara Hari Libur Rp225.000


Jam Oprasional Penting

Taman Nasional Karimunjawa selalu terbuka untuk umum. Namun, transportasi yang menuju ke pulau ini hanya beroperasi di hari dan jam tertentu. Ada pilihan kapal lain yang berangkat dari Semarang seperti KMC Kartini, namun hanya berangkat satu kali dalam seminggu.

Jam Operasional Kapal

Kapal feri (4 jam)

Kapal feri (4 jam)

• dari Jepara Senin, Rabu, Jumat, Sabtu – 07.00 WIB

• dari Karimunjawa Selasa, Kamis, Minggu – 07.00 WIB

• Jumat – 13.00 WIB

Kapal Express Bahari (2,5 jam)

• dari Jepara Senin, Selasa, Jumat – 09.00 WIB

• Sabtu – 07.00 WIB

• dari Karimunjawa Senin – 12.00 WIB

• Rabu & Minggu – 11.00 WIB

• Sabtu – 10.00 WIB


7 Daya Tarik

Taman Nasional Karimunjawa merupakan gugus kepulauan di Laut Jawa yang termasuk dalam Kabupaten Jepara, Jawa Tengah. Kawasan ini terdiri dari 27 pulau dengan Karimunjawa sebagai pulau terbesar.

Popularitas Karimunjawa sebagai kepulauan eksotis sudah terdengar sejak dulu hingga ke mancanegara. Kepulauan ini menyajikan air laut yang jernih, pantai pasir putih, koleksi terumbu karang yang cantik, hingga kawasan hutan mangrove yang memesona.

• Banyak Pilihan Pantai

Tidak akan ada habisnya jika harus membahas pantai di Taman Nasional ini. Kepulauan Karimunjawa adalah lumbung bagi pantai-pantai indah dengan air yang biru dan jernih. Setiap pantai memiliki daya tarik dan pesonanya masing-masing. Wisatawan tinggal memilih pantai yang sesuai dengan selera dan keinginannya.

Pantai Ujung Gelam dan Pantai Batu Topeng adalah pantai berpasir putih yang paling banyak dikunjungi. Ada juga pantai yang tidak hanya memiliki hamparan pasir putih. Lihat saja bebatuan eksotis di Pantai Batu HItam dan Pantai Batu Merah di Pulau Parang.

Jika ingin mendapatkan suasana pesisir yang santai dan menyenangkan, Pantai Bunga Jabe bisa jadi pilihan. Berkat kreativitas warga setempat, pantai ini dihiasi oleh dekorasi dari bahan-bahan alam seperti batu dan fosil batang pohon. Dengan hiasan patung dan topeng kayu, Pantai Bunga Jabe akan menorehkan kesan tersendiri bagi siapapun yang datang kemari.

• Santai di Pesisir

Dengan arus laut yang cenderung tenang, pantai-pantai di Karimunjawa sangat cocok sebagai tempat menghabiskan waktu. Di samping menikmati sunrise atau sunset, wisatawan juga bisa mencoba menikmati hembusan angin laut di atas ayunan yang menjorok ke laut. Pilihan lainnya, coba berkunjung ke bar minuman yang didirikan di pesisir.

• Eksplorasi Laut

Rekreasi ke Karimunjawa tidak lengkap jika belum mengikuti aktivitas eksplorasi bawah laut seperti menyelam atau snorkeling. Pulau-pulau kecil di sekitar adalah tempat yang cocok. Kondisi air lautnya jernih dengan terumbu karang yang cantik sebagai habitat aneka ikan tropis. Selain itu, berkunjung ke penangkaran hiu juga bisa jadi pilihan menarik.

• Keasrian Alam

Tidak hanya dikenal dengan keindahan laut dan pantainya, Taman Nasional ini juga memiliki keasrian alam yang masih terjaga. Hal ini bisa dirasakan ketika berkunjung ke Trekking Mangrove.

Pengunjung akan dibawa menyusuri jalur yang mengelilingi kawasan hutan mangrove. Di ujung jalur ini, terdapat gardu pandang yang menyajikan pemandangan hutan sekaligus laut yang memesona.

• Kearifan Lokal

Saat malam tiba, sempatkan diri untuk berbaur dengan masyarakat setempat di Alun-Alun. Di sini, wisatawan bisa mencicipi beragam kuliner khas warga sekitar.

Jika tertarik dengan sejarah dan budaya lokal, wisatawan bisa mengunjungi Makam Sunan Nyamplungan. Konon, Kepulauan Karimunjawa ini ditemukan oleh sang keponakan dari Sunan Kudus tersebut.

• Panorama dari Bukit

Bukit Love adalah kawasan dataran tinggi yang dilengkapi dengan aneka instalasi menarik dan populer sebagai spot foto. Selain tulisan “Love” yang menjadi asal-usul namanya, bukit ini juga memiliki spot tulisan “Karimun Jawa”. Spot ini selalu jadi pilihan hits bagi para pemburu swafoto.

Selain Bukit Love, ada juga Bukit Joko Tuo yang menyajikan pemandangan pesisir Karimunjawa dari tempat tinggi. Bukit ini juga dilengkapi dengan gardu pandang bagi yang ingin mendapatkan pemandangan dari atas dengan maksimal. Di sini juga pengunjung bisa melihat fosil paus asli

• Banyak Pilihan Penginapan

Tidak perlu khawatir atau cemas jika ingin bermalam di Karimunjawa. Pilihan akomodasinya nyaris tidak terbatas, mulai dari area berkemah hingga resort mewah yang menempati satu pulau kecil tersendiri.

Wisatawan bisa memilih bungalow a la gubuk di pinggir pantai atau hotel dengan bangunan modern. Jika ingin berbaur dengan warga lokal, tersedia pilihan homestay dengan pelayanan yang ramah.


Fasilitas

Sebagai objek wisata, Taman Nasional Karimunjawa menawarkan aneka jenis penginapan, transportasi laut dan udara, restoran dan kafe, serta agensi-agensi tur. Karimunjawa juga memiliki banyak jasa pemandu untuk aktivitas diving dan snorkeling. Terdapat beberapa kawasan alami yang dibuka sebagai objek wisata seperti hutan mangrove dan perbukitan.


Akses

Beberapa transportasi yang bisa digunakan untuk mencapai Karimunjawa adalah pesawat dan kapal. Penerbangan dengan pesawat cenderung terbatas, sehingga kapal lebih banyak dijadikan pilihan. Kapal yang tersedia merupakan kapal feri dan kapal cepat. Perjalanan dengan kapal membutuhkan waktu 2 – 4 jam.


Lokasi

Taman Nasional Karimunjawa merupakan bagian dari Kabupaten Jepara, Jawa Tengah. Lokasinya berada di Laut Jawa sebelah barat laut Jepara. Jaraknya sekitar 80 km dari Jepara dan 120 km dari Semarang, ibukota Jawa Tengah.


Wonderful Indonesia