PURI MAEROKOCO

Tentang Puri Maerokoco

Salah satu wisata Indonesia yang berada di Jalan Yos Sudarso Semarang kurang lebih 5 Km dari Tugu Muda, adalah salah satu bagian taman dari kawasan PRPP (Pusat Rekreasi dan Promosi Pembangunan) Jawa Tengah. Sebagai taman mini Jawa Tengah yang merangkum semua rumah adat yang disebut dengan anjungan dari 35 kabupaten dan kota yang ada di Jawa Tengah. Di dalam rumah-rumah tersebut digelar hasil–hasil industri dan kerajinan yang diproduksi oleh masing–masing daerah. Selain menampilkan rumah– rumah adat, objek wisata ini dilengkapi dengan fasilitas rekreasi air seperti, sepeda air, perahu, juga kereta bagi pengunjung. Dibuka untuk umum dari jam 08.00 sampai 18.00. Dapat dijangkau dengan kendaraan umum maupun kendaraan pribadi.


Sejarah

Nama Puri Maerokoco diambil dari salah satu bagian epos Mahabarata yang menceritakan tentang keinginan salah seorang dewi memiliki seribu bangunan hanya dalam waktu satu malam. “Taman Mini” Maerokoco diresmikan pada tahun 1980an oleh Gubernur Ismail. Puri mareokoco merupakan perwujudan dari miniature provinsi jateng yang terletak di sebelah barat PRPP-Tawang Mas, Semarang, 3 km dari Bandara Achmad Yani ke timur atau di jalan lingkar utara kota semarang. Taman ini dibangun pada tahun 1993. miniatur ini menempati areal seluas 23,84 ha. Yang terdiri dari anjungan-anjungan dari 35 daerah kabupaten/ kotamadya dati II se-Jateng, dengan desain bercirikan arsitektur khas jateng. Taman ini diwujudkan dengan pulau yang merupakan gambaran miniatur Jawa Tengah dibatasi oleh laut Jawa dan Samudra Indonesia dan lahan Jawa Barat serta Jawa Timur. Di luar miniatur ini terdapat jalan keliling lebar 6 m yang bisa dipakai untuk kereta mini dan sebagainya.


Daya Tarik

Daya tarik dan keunikan dari tempat wisata yang satu ini adalah miniatur Jawa tengah.

Konsepnya mirip dengan Taman Mini Indonesia Indah (TMII), namun di Grand Maerokoco atau yang sering disebut Puri Maerokoco ini miniaturnya hanya sebatas kawasan Jawa Tengah. Harapannya, supaya pengunjung bisa melihat kebudayaan Jawa Tengah secara lebih lengkap.

Dan itu berarti obyek wisata ini juga merupakan tempat wisata edukasi dan wisata budaya. Bagi Kamu yang ingin mempelajari lebih lanjut mengenai kebudayaan-kebudayaan yang ada di Jawa Tengah, maka datanglah ke obyek wisata ini.

Disana ada kurang lebih 35 perwakilan berupa adat istiadat khas Jawa Tengah yang bisa dinikmati oleh pengunjung.

35 adat istiadat atau yang disebut anjungan itu berasal dari 35 Kabupaten dan Kotamadya di seluruh Jawa Tengah, sehingga sangat lengkap untuk edukasi budaya.


Fasilitas

o 35 anjungan atau perwakilan kebudayaan dari seluruh kota dan kabupaten se-Jawa Tengah

o Adanya kolam pancing yang bisa dimanfaatkan untuk Kamu yang suka memancing

o Beberapa tempat istirahat untuk beristirahat sejenak bagi wisatawan yang lelah

o Fasilitas mushola atau tempat ibadah

o Beberapa fasilitas wahana permainan (termasuk perahu air dan bebek air)

o Trekking Hutan Mangrove

o Toilet dengan air bersih

o Fasilitas keamanan selama 24 jam penuh

o Area parkir yang sangat luas

Selain itu, area wisata Grand Maerokoco yang lengkap dan memiliki keunikan ini sering dijadikan lokasi untuk menggelar beberapa acara bagi para wisatawan.

Misalnya sesi foto prewedding, sesi foto model, acara gathering, arisan keluarga, acara outbond, sampai acara halal bihalal.

Kamu dan keluarga atau teman-teman atau rombongan yang ingin mengadakan acara di area wisata Grand Maerokoco juga diperbolehkan dengan syarat dan ketentuan yang berlaku dari pihak pengelola.


Kegiatan Yang Dapat Dilakukan

Ada banyak kegiatan seru yang bisa Kamu lakukan di obyek wisata Grand Maerokoco Semarang ini. Berikut ulasannya:

1. Belajar Tentang Jawa Tengah

Seperti yang sudah disebutkan diatas bahwa Grand Maerokoco merupakan obyek wisata edukasi dan budaya.

Sehingga Kamu bisa mempelajari lebih luas mengenai hal-hal yang ada di Jawa Tengah, khususnya adat istiadat dan kebudayaan. Kamu akan lebih mengenal Jawa Tengah melalui miniatur atau anjungan yang ada disana.

2. Pameran

Di dalam anjungan, ada beberapa pameran yang bisa dilihat oleh pengunjung.Di dalamnya ada pameran kerajinan tangan, pakaian tradisional, makanan dan minuman khas, dan bahkan beberapa informasi obyek wisata sekitarnya.

Tentu saja kegiatan pameran ini sangat menarik untuk dilihat sekaligus menambah wawasan mu mengenai Jawa Tengah.

3. Bermain Di Wahana Permainan

Ada beberapa wahana permainan yang bisa dicoba untuk menikmati waktu liburan.Selain perahu air dan bebek air, di Puri Maerokoco ini juga ada flying fox.

Selain itu ada juga kolam renang, paintball, kereta gantung, bianglala, komidi putar, dan sebagainya.

Wahana-wahana tersebut merupakan spot terbaik untuk hunting foto, tapi ada salah satu spot terfavorit yaitu trekking hutan mangrove.

4. Wisata Kuliner

Tak perlu khawatir kelaparan saat berlibur ke obyek wisata Grand Maerokoco, karena di area Taman Mini Jawa Tengah Indah ini terdapat berbagai tempat makan yang menawarkan wisata kuliner Semarang dengan rasanya yang sangat lezat, terlebih lagi harganya yang cukup terjangkau.

5. Jalan Santai Di Trekking Hutan Mangrove

Kalau menurut saya pribadi, bagian ini sangat cocok untuk Kamu yang datang bersama pacar atau pasangan.

Berjalan berdua menyusuri tepian hutan mangrove sambil menikmati pemandangan air yang hijau membuat suasana semakin romantis.


Harga Tiket

Bagi Kamu yang berminat atau yang akan berkunjung ke tempat rekreasi ini, alangkah baiknya simak dulu harga tiket untuk masuk dan yang ada di dalamnya supaya bisa mempersiapkan anggaran yang pas.

o Tiket Masuk: Rp 10.000 /orang

o Perahu air: Rp 5.000 /orang

o Bebek air: Rp 10.000 /orang

o Paket terusan: Rp 35.000 /orang

Tips: sesuaikan saja dengan kebutuhan mu untuk membeli tiket. Jika kamu tidak tertarik untuk mencoba berbagai wahana permainan, cukup membeli tiket biasa. Namun jika Kamu tertarik untuk mencoba berbagai wahana permainan, tentunya membeli tiket paket terusan akan membuat mu lebih berhemat.


Lokasi

Puri Maerokoco atau Grand Maerokoco yang juga bisa disbut Taman Mini Jawa Tengah berada di Jalan Yos Sudarso Semarang kurang lebih 5 km dari Tugu Muda. Tepatnya beralamat di Jl. Anjasmoro-Tawangsari, Semarang Barat, 50174.


Wonderful Indonesia