PANTAI PULAU PANJANG

Tentang Pantai Pulau Panjang

Salah satu wisata Indonesia yang menghuninya. Namun, tak jarang pengunjung menjadikan tempat ini sebagai tempat berkemah. Alamnya yang indah dengan pepohonan hijau yang asri dan lautan biru yang jernih. Menjadi daya tarik utama wisatawan mengunjungi pulau ini.


Harga Tiket

Objek wisata nan indah ini tidak menerapkan harga tiket masuk yang mahal. Pengunjung akan dikenakan tiket yang terjangkau meski ditambah dengan tarif penyeberangan dengan perahu. Namun jika pengunjung menginap di pulau, tarif perahu menjadi dua kali lipat. Karena operator perahu harus bolak – balik untuk menjemput kembali pengunjung.

Harga Tiket Masuk

Tiket masuk Pulau Panjang Rp 8.000

Sewa Tenda Mulai Rp50.000

Jasa Menyeberang Perahu

Satu kali pulang pergi Rp25.000

Pulang pergi untuk menginap Rp40.000


Jam Oprasional

Pulau Panjang sendiri buka setiap hari selama 24 jam. Namun, operator perahu hanya melayani penyeberangan dari pagi hingga sore hari saja. Penyeberangan perahu juga memperhatikan cuaca dan ombak.


Lokasi

Lokasi terletak di Kelurahan Ujung Batu, Kecamatan Jepara, Kabupaten Jepara. Sedangkan untuk rutenya Anda bisa menggunakan arah melalui Pantai Kartini. Dimulai dari Arah Tenggara menuju Jalan M.T Haryono kemudian belik kanan menuju Jalan A.E.Suryani lurus dilanjutkan belik kiri sampai di Jalan Pelabuhan Kartini lalu belok kiri. Sudah sampai tinggal dilanjutkan dengan kapal penyeberangan.


Aktivitas

• Menikmati Alam Indah Pulau Panjang

Deburan ombak yang tenang turut mengantar pengunjung menuju ke Pulau Panjang. Semakin mendekati pulau kecil ini, air laut tampak semakin biru dan jernih. Bahkan, pengunjung dapat menyaksikan batuan karang serta ikan warna – warni yang ada di dalam perairan. Begitu jernih hingga dapat disaksikan hanya dari atas dermaga saja.

Suasana wisatawan begitu terasa di pulau ini, meskipun tidak terdapat perumahan penduduk. Warung – warung kecil yang menyediakan makanan serta minuman, dan warung yang menjual aksesoris. Memenuhi kanan dan kiri jalanan setelah gapura masuk di objek wisata ini. Para penjual begitu antusias menawarkan dagangannya kepada para wisatawan.

Pulau ini begitu asri, dengan pepohonan yang sangat rimbun. Di sini juga telah dibangun jalan setapak dari paving, sehingga pengunjung dapat berjalan dengan nyaman. Tampak bangunan toilet serta mushola yang tampak rapi dan terawat. Seolah pulau kecil ini memiliki segala yang dibutuhkan wisatawan.

• Snorkeling Menikmati Alam bawah Laut

Keindahan bawah laut objek wisata ini patut diacungi jempol. Dan ketika sudah sampai di sini, jangan lewatkan untuk menjelajah alam bawah lautnya. Perairannya yang dangkal memungkinkan pengunjung dapat menikmati keindahannya dengan mudah. Bahkan, bagi pengunjung yang tidak pandai berenang sekalipun.

Ombak yang tidak terlalu besar menjadikan tempat ini aman untuk snorkeling. Dari perairan yang dangkal di tepi pantai, pengunjung dapat menyaksikan keindahan bawah lautnya. Ikan kecil warna – warni tampak berenang kesana – kemari dengan riangnya. Sembunyi dan menyembul kembali dari balik batuan karang yang indah.

Bagi yang tidak membawa perkelengkapan snorkeling, jangan khawatir. Karena banyak tempat penyewaan snorkeling di sini. Dengan harga yang sangat terjangkau.

• Bermain di Tepi Pantai

Pulau Panjang memiliki pasir pantai yang putih dan areanya cukup luas. Pengunjung dapat puas berlarian di area pasir ini. Lembutnya pasir pantai seolah membelai telapak kaki ketika menapakinya.

Lebih asyik lagi ketika datang ke objek wisata ini bersama dengan teman atau keluarga. Dapat bermain berkejaran di atas pasir pantai, atau berkejaran dengan ombak yang sesekali menyapu pasir. Begitu menyenangkan dan menggembirakan. Namun tetap berhati – hati, karena terkadang ada karang berada di pasir, dan sakit ketika terinjak.

• Berkemah di Tepi Pantai

Area pasir yang luas memungkinkan pengunjung mendirikan tenda di sini. Tak sedikit wisatawan yang menyempatkan diri untuk menikmati malam di Pulau Panjang. Karena saat malam tiba, bintang akan semakin jelas terlihat. Membuatnya tampak begitu indah dan ramai bertaburan di langit yang gelap.

Di pagi hari, pengunjung dapat menanti datangnya matahari terbit yang begitu memukau. Kilauan cahayanya mengenai perairan pantai, yang membuatnya tampak bersinar.

Untuk dapat menikmati berkemah di sini, pengunjung tidak perlu membawa tenda sendiri. Karena di sini banyak tersedia tempat penyewaan tenda dengan harga cukup terjangkau.

• Berkeliling Menyusuri Pulau

Pulau Panjang bukanlah pulau yang besar, sehingga dapat dikelilingi dalam waktu kurang lebih satu jam. Pengelola juga telah melengkapi tempat ini dengan jalan setapak dari paving. Lebarnya kurang lebih satu meter, sehingga cukup luas untuk berjalan dua hingga tiga orang beriringan. Pengunjung pun dapat menyewa sepeda untuk mengelilingi pulau.

Di kanan kiri jalan setapak ini terdapat pepohonan yang tumbuh dengan rimbun. Berjalan menyusuri pulau tidak akan terasa panas meski matahari bersinar dengan teriknya. Karena tak banyak sinar yang dapat menembus rimbunnya dedaunan di pohon ini.


Fasilitas

Objek wisata ini memiliki fasilitas yang cukup lengkap, mulai dari toilet hingga mushola. Jajaran warung kuliner juga tersedia, dijamin tidak akan kelaparan berada di sini. Toko souvenir juga turut melengkapi wisata di pulau ini. Ditambah lagi, di sini juga terdapat makam ulama Jepara zaman dulu, yaitu Syeikh Abu Bakar.


Wonderful Indonesia