KETEP PASS

Tentang Ketep Pass

Salah satu wisata yang dikembangkan dengan ciri khas wisata kegunungapian, khususnya Gunung Merapi.Pada tanggal 17 Oktober 2002, Ketep Pass diresmikan sebagai kawasan wisata jalur Solo–Selo–Borobudur (SSB) oleh Presiden ke-5 Republik Indonesia Megawati Soekarnoputri.


Lokasi

Lokasi Ketep Pass berada di puncak Bukit Sawangan (pertengahan antara Gunung Merapi dan Gunung Merbabu). Ketep Pass berada pada ketinggian 1200 meter dpl dan luas areanya kurang lebih 8000 meter persegi. Ketep pass ini berjarak 21 km dari Mungkid, 17 km dari Desa Blabak ke arah timur, 30 km dari Kota Magelang, 35 km dari Kota Boyolali, dan 30 km dari Candi Borobudur. Dari Kota Salatiga yang berjarak sekitar 32 km, Ketep Pass dapat dicapai melalui Kopeng dan Desa Kaponan. Lokasi objek wisata Ketep Pass ini mudah dijangkau baik dengan bus besar, minibus, sedan atau sejenisnya maupun sepeda motor karena medan jalannya yang tidak terlalu susah untuk dilewati.


Fasilitas

• Museum Vulkanologi: Museum ini memiliki luas kurang lebih 550 m persegi. Di dalamnya berdiri miniatur Gunung Merapi, komputer interaktif yang berisi tentang dokumen kegunungapian, beberapa contoh batu-batuan bukti letusan dari tahun ke tahun, poster puncak Garuda yang berukuran 3x3m, poster peringatan dini lahar Gunung Merapi, dan juga beberapa foto dan poster yang menggambarkan kisah dari aktivitas Gunung Merapi.

• Bioskop mini: Memiliki kapasitas tempat duduk yang cukup banyak, yaitu 78 kursi. Bioskop ini menyajikan film berupa sejarah dari Gunung Merapi yang meliputi peristiwa terbentuknya Gunung Merapi, jalur-jalur pendakian,penelitian di puncak Garuda, letusan dahsyat Gunung Merapi, dan berbagai peristiwa yang terjadi dalam rentetan waktu tertentu. Durasi dari film ini cukup pendek, hanya sekitar 25 menit.

• Teropong: Jumlah teropong yang ada di Ketep Pass ini adalah dua buah. Masing-masing berada di puncak Panca Arga dan Gardu Pandang.Dengan alat ini, para pengunjung dapat melihat dengan jelas keindahan panorama Gunung Merapi, Merbabu dan gunung-gunung yang lain.

• Pelataran Pancaarga: Mempunyai arti lima gunung. Lokasi ini merupakan puncak tertinggi di Objek Wisata Ketep Pass. Dari puncak tertinggi ini pengunjung dapat melihat 5 gunung, yaitu Merapi, Merbabu, Sindoro, Sumbing, dan Slamet. Selain kelima Gunung tersebut pengunjung juga dapat melihat dan menikmati gunung-gunung kecil dan bukit-bukit yang sangat indah antara lain Gunung Tidar, Gunung Andong, Gunung Pring, Bukit Menoreh, Bukit Telomoyo, dan lain-lain.

• Gardu panjang: Berupa dua buah gazebo masing-masing dengan ukuran empat persegi panjang dan bangunan segi delapan dengan panjang panjang sisi lima meter. Dari Gardu Padang ini, pengujung dapat melihat keindahan alam Gunung Merapi dan Merbabu, serta hamparan lahan pertanian yang ada di kedua kaki Gunung tersebut.


Harga Tiket

Harga tiket masuk yang berlaku sampai saat ini adalah sebagai berikut :

o Tiket Masuk Area dan Museum : Rp7.500,-/orang (Rp.500,- Asuransi Pengunjung)

o Tiket Ketep Volcano Theatre : Rp7.000,-/orang

o Tiket Teropong : Rp3.000,-/orang

o Tiket Wisata Mancanegara : US $ 3,-/orang (free all facilitas)

o Parkir Sepeda Motor : Rp2.000,-/unit

o Parkir Mobil : Rp5.000,-/unit

o Parkir Mini Bus : Rp7.000,-/unit

o Parkir Bus Besar: Rp12.000,-/unit


Aktivitas Wisata

Panorama keindahan puncak pegunungan tentu menjadi hiburan utama wisatawan yang datang ke sini. Selain tentu saja kesejukan udara dan keindahan alam kawasan wisata serta beragam aktivitas. Berikut beberapa kegiatan wisata yang bisa dilakukan di sini.

• Puncak 5 Gunung

Ketep Pass berada di lereng Merbabu di ketinggian 1.200 mdpl. Dari tempat ini, jika cuaca cerah, puncak merapi bisa terlihat. Terutama sisa erupsi yang terjadi pada tahun 2010 yang lalu. Pengunjung juga akan bisa melihat asam sulfata dari kubah lava Merapi.

Selain Gunung Merapi dari area objek wisata ini juga akan terlihat puncak 4 Gunung lainnya. Gunung kembar Sindoro dan Sumbing, Gunung Slamet serta Gunung Merbabu dimana tempat wisata ini berada.

• Museum Vulkanologi & Volcano Theater

Dengan menggunakan teropong, pengunjung yang ingin belajar vulkanologi juga bisa melihat merapi lebih dekat. Misalnya melihat bentuk setelah erupsi ataupun mempelajari karakteristik merapi. Jika merasa kurang informasi, bisa datang ke Ketep Vulcano Center.

Bangunan yang disebut juga dengan museum vulcanologi ini berbentuk melingar. Di dalam bangunan ini terdapat miniature gunung merapi, misalnya bebatuan sisa erupsi. Selain itu di Museum Vulcanologi juga terdapat poster dan foto aktivitas merapi dan peringatan dini lahar Merapi.

Pengunjung bisa mengunjungi bioskop mini yang menayangkan dokumenter. Beberapa diantaranya adalah dokumenter sejarah terbentuknya Merapi, penelitian di Puncak Garuda, letusan Merapi. Film yang ditayangkan selama 25 menit ini hanya bisa ditonton oleh pengunjung maksimal 78 per sesi.

• Melihat Alam Lebih Dekat

Pengunjung bisa melihat pemandangan alam di ketinggian di kawasan wisata ini. Terdapat 2 buah teropong yang bisa digunakan pengunjung untuk melihat pemandangan lebih dekat. Teropong tersebut berada di puncak Panda Arga serta di Gardu Pandang. Beberapa pemandangan yang bisa dinikmati menggunakan teropong adalah Merapi, Andong, Merbabu.

Selain menggunakan teropong, pengunjung juga bisa melihat pemandangan gunung dari dekat di pelataran Pancaarga. Dari lokasi tertinggi Ketep Pass ini, gunung Sindoro, Sumbing, Merapi, Merbabu, Slamet akan terlihat jelas. Selain kelima gunung tersebut, beberapa pemandangan lain yang terlihat diantaranya gunung Tidar, Andong, Pring.

Wisatawan juga bisa menikmati pemandangan alam sekitar dari gardu pandang. Panorama seperti hamparan tanah pertanian, Merapi dan Merbabu dari gazebo berukuran 4m2 ini. Selain itu, bersantai di gardu pandang dapat dilakukan setelah berkeliling sekitar area wisata.

• Sunrise & Sunset di Ketep Pass

Pengunjung bisa datang pagi hari atau-pun sore hari agar tidak terlalu panas. Di pagi hari, pengunjung dapat menikmati pemandangan matahari terbit, udara yang lebih segar dan kabut tipis. Sedangkan saat sore hari, pengunjung bisa melihat pemandangan matahari terbenam sambil makan jagung bakar.

Pengunjung bisa mengabadikan pemandangan alam lewat foto. Misalnya berfoto di tulisan “Ketep Pass”. Atau, jika cuaca cerah, latar belakang gunung Merapi dan Merbabu bisa membuat foto lebih bagus. Pengunjung yang datang di pagi hari atau sore hari, bisa berfoto sambil menikmati sunset/sunrise.

• Berpiknik & Bermain Playground

Pengunjung yang membawa anak-anak bisa bermain di taman bermain. Terdapat aneka permainan yang ada di taman ini. Salah satunya adalah seluncuran. Selain bermain seluncuran, anak-anak juga bisa lebih leluasa berlarian di area taman bermain.

Saat di sini, pengunjung bisa berpiknik dengan keluarga. Misalnya dengan membawa makanan sendiri dari rumah ataupun memesan di warung makan. Sambil bersantai saat berpiknik, pengungjung bisa menikmati udara lebih segar di sini.

• Meditasi

Pengunjung dapat melakukan meditasi terutama saat pagi hari dimana tempat wisata ini belum terlalu ramai. Pengunjung bisa duduk bersantai di gardu pandang atau gazebo dan melakukan meditasi. Udara pagi yang sejuk bisa membantu untuk merilekskan pikiran dan badan. Apalagi jika sebelumnya, badan dan pikiran cukup lelah karena beragam aktivitas misalnya bekerja.


Wonderful Indonesia