GUA PETRUK

Tentang Gua Petruk

Salah satu wisata yang terbentuk dari proses alamiah di Kawasan Karst Gombong Selatan yang terletak di Dusun Mandayana, Desa Candirenggo, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen, Provinsi Jawa Tengah, Indonesia. Gua yang keseluruhannya terbentuk dari kapur ini memiliki panjang keseluruhan hingga 2 Km[butuh rujukan][1] dengan panjang jelajah 100 meter hingga 664 meter, lebar rata-rata 14 meter, dan tinggi rata-rata 32 meter. Gua ini berjarak 7 Km dari Gua Jatijajar, 38 Km berkendaradari pusat Kota Kebumen dan 24 Km dari Gombong menggunakan kendaraan pribadi maupun angkutan umum.


Asal Usul

Nama Petruk berasal dari sebuah batu (stalaktit/stalagmit) di dalam gua yang mempunyai bentuk seperti hidungnya Petruk, nama tokoh Ponokawan yaitu anak Ki Semar yang berbadan tinggi, namun hidungnya sangat mancung. Namun karena penambangan phosfat di masa penjajahan Belanda batu berbentuk hidung Petruk tersebut putus dan kini sudah tak kelihatan lagi. Goa Petruk terbagi menjadi tiga bagian. Selain itu terdapat stalaktit dan stalagmit yang masih asli bentuknya menyerupai payudara, tugu pancuran, baju putih dan semar. Bagian pertama hanya terdapat kelelawar dengan bau kurang sedap. Sedangkan untuk bagian kedua dalam lokasi tersebut diberi nama Gua Semar dan bagian ketigalah yang bernama Gua Petruk. Tidak seperti Gua Jatijajar, Gua Petruk tetap dijaga kealamiannnya, bahkan untuk diterangi dengan listrik tidak diperkenankan.


Tips

Untuk menjelajahi gua dengan panjang keseluruhan hingga 2 Km ini, Teman Traveler harus memperhatikan beberapa hal sebelum masuk. Barang yang harus dibawa dan digunakan adalah headlamp, sepatu boot, baju tahan air, dan juga helm. Tidak perlu takut, karena selama perjalanan akan didampingi oleh pemandu wisata. Tak lupa, jika ingin mengabadikan keindahan gua, ada baiknya untuk membawa kamera pribadi.


Harga Tiket

Umumnya, harga tiket untuk masuk tempat wisata berbeda antara hari libur, minggu atau hari biasa. Berikut kami sertakan daftar harga tiket masuk ke area Kab Kebumen. Harga bisa berubah sewaktu-waktu.

Saat weekday, harga tiket masuk Goa Petruk adalah Rp8,000.00. Sementara saat weekend, harga tiket masuk Goa Petruk adalah Rp8,000.00. Ada baiknya konfirmasi harga lewat call center di bawah. Harga weekday umumnya berarti hari Senin-Jumat, sementara weekend Sabtu dan Minggu.


Lokasi

Goa Petruk Kab Kebumen terletak di provinsi Jawa Tengah, Indonesia. Tepatnya di Jalan Goa Petruk, RT.04/RW.01, Ayah, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah 54473. Terdapat 41 tempat wisata di Kab Kebumen. Jika anda ingin mendapatkan petunjuk arah ke tempat wisata tersebut, silakan klik tombol petunjuk arah di bawah untuk membuka peta navigasi. Di peta navigasi tersebut, terdapat pilihan apakah memakai kendaraan umum, jalan kaki, atau pakai mobil.


Wonderful Indonesia