BATURRADEN

Tentang Baturraden

Salah satu wisata Indonesia yang berada di Kabupaten Banyumas, Provinsi Jawa Tengah, Indonesia. Kecamatan ini berjarak sekitar 7,5 Km dari Kota Purwokerto ke arah utara. Pusat pemerintahannya berada di Desa Rempoah. Kecamatan ini terletak di lereng selatan Gunung Slamet dan merupakan kawasan wisata.


Asal Mula Nama

Istilah Baturraden sendiri berasal dari dongeng yang berkembang di masyarakat. Dahulu kala ada seorang putra raja ("raden") yang mencintai seorang pembantu ("batur"). Namun oleh kedua orang tuanya tidak disetujui, dan mengakhiri hidupnya di tempat yang kini bernama "Baturraden".


Lokasi

Lokasi: Karangmangu, Baturraden, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah. Baturaden bisa kamu lalui dari Purwokerto, karena lokasinya berada di sisi utara kota Purwokerto, sekitar 15 km dari pusat kota atau sekitar 15-20 menit.


Spot Menarik

Baturaden merupakan tempat wisata alam yang indah, di Indonesia memang banyak wisata alam yang indah seperti Wisata Alam Bogor, namun Baturaden tidak kalah indahnya dengan tempat wisata alam yang lain, banyak wisatawan datang ke tempat ini untuk memanjakan mata begitu megahnya ciptaan Tuhan, di kawasan Baturaden terdapat beberapa spot yang menarik, jika kalian datang ke tempat ini sangat sayang jika tidak mengunjugi beberapa spot di bawah ini.

• Pancuran pitu da pancuran telu

Pancuran Pitu dan Pancuran Telu Baturaden merupakan tempat favorit para wisatawan yang datang ke Wisata Baturaden, kawasan ini merupakan tempat pemandian air panas dengan pemandangan yang indah.

Kalian akan menikmati pemandian alami dengan suhu berkisar antara 60 hingga 70 derajat celcius, tidak sedikit yang datang ke sana untuk terapi air panas banyak penyakit, kawasan ini merupakan salah satu wisata di Baturaden, selain untuk pemandian air panas kalian juga dapat menikmati pijat sulfur yang banyak terdapat di tempat ini, cukup dengan membayar 7.500 hingga 15.000 rupiah kalian sudah bisa menikmati pijatan ini.

• Telaga Sunyi

Telaga Sunyi juga salah satu destinasi wisata yang ada di Kawasan Wisata Baturaden, Telaga Sunyi merupakan sebuah mata air yang bersih dan jernih, masyarakat men-sakralkan tempat ini untuk itu para wisatawan dilarang untuk mandi maupun berenang di tempat ini demi keselamatan pengunjung.

Ketika kalian pergi ke tempat ini, kalian akan merasakan tidak sedang berada di Indonesia, karena letak dan kondisinya seperti di negara lain seperti Jepang, jernih sejuk disertai dengan kicauan burung yang merdu, bagi kalian yang ingin menenangkan hati perlu coba untuk datang ke tempat ini.

• Bumi Perkemahan Wana Wisata Baturaden

Selain destinasi wisata di atas, Kawasan Wisata Baturaden juga memiliki bumi perkemahan yang biasa digunakan untuk camping, pada tahun 2001 tempat ini pernah menjadi lokasi Jambore Nasional Gerakan Pramuka.

Camping di tempat ini kalian akan menikmati alaminya hutan Baturaden dengan keindahan yang tidak akan kalian dapatkan di tempat lain.

• Taman Kaloka Widya Mandala

Kawasan Wisata Baturaden juga tedapat tempat kebun binatang, tempat ini juga digunakan untuk wisata edukasi. Tempat wisata ini diresmikan oleh Bupati Kepala Daerah Tingkat II Banyumas H. Djoko Sudantoko pada tanggal 17 mei 1995.

Di Taman Kaloka Widya Mandala terdapat berbagai hewan maupun satwa dari dalam negeri dan luar negeri, kebun binatang ini memiliki koleksi satwa yang cukup banyak, bahkan di tempat ini terdapat museum satwa yang menyimpan kerangka satwa.

• Teater Alam Baturaden

Teater alam Baturaden merupakan salah satu destinasi wisata di Baturaden yang memiliki tempat yang unik, karena bentuk teater dari tempat ini berada di dalam pesawat. Pesawat jenis Foxer 28 milik Garuda Indonesia itu berdiri tepat di samping pintu masuk di atas tanah seluas 600 meter.

Teater ini tidak menayangkan film-film seperti teater modern lainnya, namun menayangkan tentang Alam Indonesia seperti cerita budaya TMII, bahkan peristiwa alam seperti gunung berapi meletus maupun peristiwa tsunami di Indonesia.

Untuk tiket masuk ke Teater Alam Baturaden cukup mengeluarkan 5000-10.000 kalian sudah dapat menikmati sensasi naik pesawat sambil melihat teater yang belum ada di tempat lain.

Wisata Budaya Grebeg Syura

Tidak hanya wisata alam yang di sajikan di Wisata Baturaden, wisata budaya Grebeg Syura yang menjadi tradisi utama masyarakat sekitar Baturaden, para wisatawan banyak datang hanya untuk menyaksikan acara ini, untuk itu saat bulan pertama dalam kalender tahun Islam kawasan Baturaden banyak dikunjugi karena banyak yang ingin berwisata ke tempat ini sekaligus menyaksikan ritual budaya masyarakat Baturaden.

Dalam budaya ini sering dibarengi dengan pertunjukan musik calung, tarian lengger, pertunjukan kuda lumping, dan juga sesaji arak-arakan ke tempat suci.


Harga Tiket

Untuk bisa mengakses beragam aktivitas dan wahana tempat wisata yang berada di Kabupaten Purwokerto ini tidak perlu membayar mahal. Harga tiket masuk relatif murah berlaku untuk semua usia.

Harga Tiket Masuk Lokawisata Baturraden

Tiket Masuk Hari Biasa Rp20.000

Tiket Masuk Hari Libur Rp25.000


Jam Opasional

Kawasan wisata ini buka setiap hari mulai dari pagi sampai sore hari.

Jam Buka

Weekday 07.00-15.00 WIB

Weekend 07.00-15.00 WIB


Aktivitas dan Wahana

Setelah mengantungi tiket masuk, beragam aktivitas dan wahana bisa dicoba di sini. Mulai dari berenang lanskap alam perbukitan, danau, wahana selfie, dan masih banyak lagi. Berikut beberapa diantaranya.

1. Berenang di Keindahan Alam Perbukitan

Di Lokawisata Baturraden ini terdapat kolam renang yang cukup luas dilengkapi berbagai wahana permainan. Kolam-kolam yang ada bisa dimainkan anak maupun dewasa. Jika membawa anak kecil, tersedia juga kolam khusus anak kecil.

Di sekitar kolam renang juga disediakan tempat untuk menunggu dan menyimpan barang bawaan. Sehingga bagi pengunjung yang ingin beristirahat setelah berenang tetap merasa nyaman.

2. Danau Air Mancur di Lokawisata Baturraden

Pengunjung yang tidak ingin berenang bisa bersantai di danau ini sambil menikmati pemandangan. Jika merasa bosan bisa mencoba bermain sepeda air bebek-bebekan di danau. Selain itu, melihat dan memberi makan ikan di sini juga tidak kalah menariknya.

3. Berkunjung ke Curug Gumawang

Para pengunjung bisa menikmati keindahan Curug Gumawang setelah melewati pintu masuk loket. Curug dengan tinggi 20 meter ini berada di jantung Lokawisata Baturraden. Selain berfoto-foto ria, pengunjung juga akan mendapatkan suasana yang sangat asri dan sejuk dari Curug ini.

4. Cascade Alam Sendang Mulya

Obyek wisata ini adalah wahana yang berbentuk seperti curug dan air terjun. Dikelilingi oleh bebatuan menjadikan tempat ini seperti tebing. Jika membutuhkan kesegaran alami, wahana ini adalah jawabannya. Namun karena airnya cukup deras dan dikelilingi bebatuan. Pengunjung diharuskan untuk lebih berhati-hati.

5. Pakis Spot Selfie

Wahana ini terbilang baru untuk dicoba. Tempat duduk di atas ketinggian ini menjadi tempat yang cocok untuk berfoto ria. Jika difoto disini, pemandangan sekitar Lokawisata Baturraden akan terlihat lebih jelas.

Karena lokasinya yang berada di ketinggian, pengunjung harus selalu berhati-hati agar tidak menyebabkan hal-hal yang tidak diinginkan.

6. Ayunan Gantung dan Sepeda Gantung

Ayunan yang menggantung di atas tanah ini berada di Area Taman Botani. Akan lebih indah lagi jika momen ini diabadikan menggunakan kamera. Bagi pengunjung yang memiliki ketertarikan terhadap ketinggian, wahana ini patut dicoba.

Selain itu, ada juga wahana sepeda gantung. Pengunjung yang menaiki sepeda akan melintas di atas seutas tali dan melewati wahana. Wahana ini cukup menantang dan memicu adrenalin siapa saja yang mencoba wahana ini.

7. Pemandian Air Hangat Belerang

Jika ingin menghangatkan tubuh, Pemandian air hangat ini adalah salah satu pilihannya. Fasilitas yang disediakan ini bisa digunakan oleh anda yang ingin berendam dan bermain air hangat. Setelah berendam jangan lupa menikmati jahe hangat agar tubuh segar dan juga sehat.

8. Beragam Spot Foto Menawan Di Lokawisata Baturraden

Karena ini adalah tempat liburan bertemakan alam, maka dipastikan banyak spot foto terbaik dengan tema alam. Dengan suguhan alam yang masih asri, segar dan juga sejuk. Pengunjung bisa memilih tempat terbaik versi dirinya. Misalnya di kolam renang, curug, sepeda gantung, atau bahkan ayunan gantung.

Tetapi pengunjung juga harus sabar dalam mengantre. Karena wisatawan yang datang pun tidak sedikit, pasti tempatnya pun ramai. Jadi lebih baik antre untuk mendapatkan giliran.

9. Pertunjukan Calung

Calung adalah alat musik tradisional yang ada di Indonesia. Disini, pertunjukan calung ditampilkan untuk menemani pengunjung yang sedang bersantap ria. Selain itu, ini adalah cara untuk memperkenalkan warisan budaya yang paling mudah.


Wonderful Indonesia