TAMAN BUNGA NUSANTARA

Tentang Taman Bunga Nusantara

Salah satu wisata yang seluas 23 hektare yang terletak dekat Gunung Gede Pangrango dan Kebun Teh Bogor dengan jarak tempuh sekitar 2 jam perjalanan dari Jakarta. Di taman ini disimpan berbagai tipe bunga dan tanaman, dalam hal ini terutama budi daya anggrek. Diperkirakan ada sekitar 2000 jenis anggrek yang dirawat di tempat ini.

Di tempat ini terdapat juga fasilitas hiburan untuk anak-anak berupa minicar, restaurant dan juga permainan ketangkasan. Taman Bunga Nusantara diresmikan oleh Tien Soeharto pada 10 September 1995.

Taman Bunga Nusantara mengusung konsep objek wisata yang mengambil tema Agro Wisata di Indonesia. Tempat yang dirintis 1992 ini, juga menjadi perintis bagi Agro Wisata lain seperti di Malang & Bandung. Tempat wisata ini mengusung konsep yang unik dan penuh dengan nilai edukasi.

Taman Bunga Nusantara yang diresmikan Presiden Soeharto pada tahun 1995. Dan belakangan menjadi salah satu tempat rekreasi favorit warga Jakarta. Lokasinya yang dekat dengan Gunung Gede, Taman Bunga Nusantara dikelilingi oleh alam indah dengan udara yang segar.


Harga Tiket

Harga tiket Taman Bunga Nusantara bisa dikatakan terjangkau mengingat pengalaman seru yang akan didapat. Beberapa jenis tiket Taman Bunga Nusantara berikut sudah termasuk beberapa aktivitas.

Tiket Taman Bunga Nusantara

• Tiket Masuk Rp40.000

• Tiket Doto Train Rp50.000

• Tiket Garden Tram Rp50.000

• Tiket Wara-Wiri Rp5.000

• Tiket Rumah Kaca Rp5.000

Tiket Doto Train: sudah termasuk Tiket Masuk dan berkeliling Lokasi Taman Bunga Nusantara, Dengan Kendaraan Dotto Train, Kapasitas Kendaraan 50 orang tersedia hanya di hari Sabtu, Minggu dan Libur Nasional dengan Jadwal Keberangkatan 1 Jam Sekali).

Tiket Garden Tram : Sudah termasuk Tiket Masuk Taman Bunga Nusantara dan berkeliling Taman Bunga Nusantara Menggunakan Kendaraan Garden Tram, Kapasitas Kendaraan 16 s.d 20 orang, Jadwal Keberangkatan 1/2 Jam Sekali.

Tiket Wara-Wiri: Tiket kendaraan keliling lokasi menggunakan kendaraan Wira-Wiri, Kapasitas 15 orang pengunjung.


Jam Oprasional

Jam Buka

Setiap Hari 09.00 – 17.00 WIB

Jam operasional taman setiap hari mulai pukul 09.00 – 17.00 WIB.

Begitu juga bila tanggal merah atau hari libur nasional, jam operasionalnya sama dengan hari biasa. Bagi pengunjung yang ingin berekreasi lebih mudah dan nyaman maka disarankan untuk datang saat weekdays. Karena saat weekend Taman Bunga Nusantara akan penuh dengan pengunjung yang lain.


Wahana & Aktivitas

Para wisatawan yang ingin menyegarkan pikiran setelah penatnya seminggu, dapat menghabiskan akhir pekan di sini. Seperti namanya, Pengunjung dapat menikmati pemandangan area yang luas ditambah beragam macam bunga yang indah.

Taman Bunga Nusantara memiliki banyak wahana dengan hamparan rumput dan bunga cantik. Sangat cocok sebagai objek foto yang instagrammable. Misalnya saja Taman Perancis yang memiliki rangkaian tanaman yang indah dan rapi untuk dipandang.

Pengunjung dapat mencoba mengabadikan pemandangan Taman yang memiliki gaya Renaissance ini lewat mata lensa. Ada juga Taman Mawar, Jepang, dan Amerika yang dapat menjadi spot menarik untuk acara – acara khusus.

Beberapa area taman yang bisa dinikmati selama berlibur di Taman rekreasi ini diantaranya:

1. Maze Garden (Taman Labirin)

Bila pengunjung suka segala sesuatu yang berkaitan dengan labirin, maka cobalah merasakan sensasi masuk labirin sesungguhnya. Pengalaman itu dapat dirasakan ketika mencoba masuk ke Taman Labirin yang cukup luas ini. Bagi pengunjung yang takut tersesat, jangan takut karena pihak pengelola sudah menyediakan peta untuk digunakan.

2. Taman Air

Taman Air merupakan salah satu area yang berisi berbagai jenis tanaman air. Tanaman-tanaman air ini berasal dari berbagai negara yang memiliki bermacam bentuk dan warna indah. Oleh karena berasal dari luar negeri, ada beberapa tanaman air langka dan terkenal ada disini. Sebut saja Cybera Papyrus yang sering digunakan sebagai bahan kertas oleh orang Mesir kuno zaman dahulu.

Selain itu, bila pengunjung ingin melihat teratai raksasa maka di Taman Air-lah wahana yang tepat. Ada juga tanaman lain seperti tanaman Talia Delbata yang berasal dari USA. Anak-anak juga sangat disarankan dibawa kesini, agar dapat melihat langsung patung Dinosaurus di dekat taman. Bagi pengunjung remaja, Dinosaurus di Taman Air akan menjadi background yang tepat untuk instagram.

3. Taman Mawar

Bunga mawar selalu memiliki kecantikan dan keunikan tersendiri bagi siapapun yang melihatnya. Tidak ketinggalan di tempat ini juga memiliki taman khusus seperti taman berbagai jenis bunga mawar.

Pengunjung dapat menikmati indahnya bunga dari segala bunga ini di sini. Pemeliharaan bagus, penyiraman rutin, juga pupuk yang tepat, membuat bunga-bunga mawar disini tumbuh dengan cantik.

4. Taman Palem

Seperti namanya, pengunjung dapat melihat berbagai jenis tanaman palem di wahana ini. Ada lebih dari 100 spesies palem yang ditanam dan dirawat rapi di sini. Beberapa diantaranya adalah Cuban Royal Palm (palem raksasa) yang ditanam di jalur menuju ke Green House.

Juga ada Washingtonia Robusta (palem kipas Meksiko), Pandanus Utilis (screw pine), dan Archontophoenix Alexandrae (palem Alexandra). Pohon-pohon cantik ini ditata sehingga para wisatawan dapat merasakan atmosfer sejuk dan segar tatkala disini.

5. Taman Perancis

Taman Perancis mengambil konsep taman dari istana raja-raja perancis jaman dulu. Area taman ini sangat khas dengan gaya taman istana eropa jaman dulu. Seperti namanya, taman ini diadopsi dengan gaya Renaissance Perancis yang sangat kental. Taman ini juga sangat serasi, rapi dan indah dengan rangkaian tanaman yang dibentuk sedemikian rupa. Pengunjung dapat melihat langsung taman ini atau juga dapat dilihat dari menara pandang.

6. Taman Bali

Taman yang didesain dengan mengangkat gaya bali. Lengkap dengan berbagai ornamen.

Ketika masuk ke wahana ini, maka pasti langsung akrab dengan atmosfer khas Pulau Dewata yang unik. Pengunjung dapat melihat berbagai bentuk bangunan khas Bali ketika mengunjungi wahana ini. Sebut saja Bale Kulkul, Gapura Pintu Masuk dan Bale Bengong. Ada juga tumbuhan khas Bali seperti helikonia, bunga sepatu, kamboja dan bunga-bunga tropis lainnya. Tentu saja berfoto-foto ria di kawasan ini wajib dilakukan sebagai kenangan indah selama liburan.

7. Rumah Kaca (Green House)

Jikalau ingin melihat bunga-bunga khas negeri empat musim, maka berkunjunglah ke wahana Rumah Kaca ini. Oleh karena bunga-bunga cantik tersebut tidak terbiasa dengan cuaca di Indonesia, maka ditempatkanlah disini.

Rumah Kaca ini memiliki luas 2000 meter persegi dan ditutupi dengan 3.000 panel kaca. Suhu, kelembaban, dan cahaya dalam Green House telah diatur agar bunga-bunga tersebut dapat tumbuh.

8. Taman Jepang

Suka dengan semua hal yang berbau Jepang namun tidak bisa liburan karena ongkos yang mahal? Tidak ada salahnya mengunjungi wahana yang khusus tentang Jepang di Taman Bunga Nusantara ini. Taman ini ditata agar memiliki suasana yang khas seperti taman-taman Jepang yang rapi namun sederhana.

Selain itu, taman ini juga ditata dengan unsur khas negeri Sakura seperti batu-batuan, kayu, dll. Tentu saja hal paling utama adalah kesunyian yang dapat diresapi oleh wisatawan agar tidak membuat penat.

9. Taman Mediterania

Desain Taman ini mengambil tema daerah gurun seperti kawasan Mediterania sana. Sehingga, wahana ini didesain dengan hamparan pasir dan batu putih luas seperti pantai Mediterania. Atau menjadi rumah untuk melindungi tanaman-tanaman khas daerah sana seperti berbagai macam kaktus. Misalnya Opuntia Rufida, Cephalocereys Senilis, dan Cereus Hexagonus yang ditanam agar bisa tumbuh seperti di habitatnya.

10. Taman Amerika

Jika ingin melihat suasana pedesaan Amerika dengan tema Country Classic serta Native Garden, maka datanglah kesini. Taman ini memiliki bunga perdu yang cantik dan berwarna-warni di sepanjang jalan utama masuk.

Hamparan bunga yang indah serta pemandangan unik ala Amerika dapat menjadi spot cocok untuk berfoto. Selain itu, bagi yang ingin mengadakan sesi khusus seperti pre-wedding, Taman Amerika bisa menjadi tempat tepat.

Selain ke-sepuluh wahana tersebut, pengunjung juga dapat melihat hamparan karpet bunga serta mengunjungi Wahana Alam Imajinasi. Yang terdiri atas berbagai spot menarik seperti Danau Angsa, Tempat Bermain Anak, dan ATV.

Jika ingin mendapatkan pemandangan menyeluruh mengenai Taman Bunga Nusantara maka pengunjung bisa masuk kesini. Menara empat tingkat ini, dapat memanjakan mata dari ketinggian sekaligus memotret panorama taman bunga yang asri. Selain itu, dari ketinggian ini juga pengunjung dapat beristirahat sebentar saat lelah setelah berkeliling taman.


Fasilitas

Ada banyak fasilitas yang disediakan oleh Taman Bunga Nusantara yang dapat dinikmati oleh pengunjung. Ada foodcourt bernama Café Marigold sebagai tempat menyantap makanan dan minuman. Ada juga Nany’s Galeria tempat membeli cinderamata dan gazebo yang tersebar di berbagai tempat untuk beristirahat

Selain itu, terdapat Bursa Bunga yaitu tempat membeli bunga dan tanaman untuk ditanam di rumah. Bagi yang ingin mengadakan acara seperti pernikahan dan meeting, hubungi pihak pengelola Gedung Serbaguna Saung Aki.

Dan untuk menyelenggarakan event – event tertentu, pengunjung dapat menggunakan Amphitheater. Sedangkan bila ingin camping dan menginap, pihak pengelola menyediakan Wisma and Camping Ground Saung Nini. Taman Bunga Nusantara juga memiliki Poliklinik tersendiri dan delapan lokasi piknik yang bisa digunakan pengunjung.


Lokasi

Taman Bunga Nusantara sering disebut Taman Bunga Puncak atau Taman Bunga Cipanas. Namun, sebenarnya Taman masuk ke dalam wilayah kabupaten Cianjur.

Lengkapnya, taman ini terletak di Jalan Mariwati Km.7, Kawungluwuk, Kecamatan Sukaresmi, Cianjur, Jawa Barat.


Wonderful Indonesia