PANTAI PANGANDARAN

Tentang Pantai Pangandaran

terletak di sebelah tenggara Jawa Barat, tepatnya di Desa Pangandaran dan Pananjung, sekitar 222 km dari selatan Bandung, Kecamatan Pangandaran, Kabupaten Pangandaran, Provinsi Jawa Barat.Pantai ini terkenal karena keindahan pasir hitam dan pasir putihnya dan berada di sekitar area Cagar Alam Pananjung. Pantai Pangandaran pernah dinobatkan oleh AsiaRooms sebagai Pantai terbaik di provinsi Jawa Barat. Sebagian besar mata pencaharian masyarakat adalah sebagai nelayan, oleh kerena itu, dulu pantai ini mendapat julukan sebagai Kota Nelayan Kecil.

Pantai Pangandaran dinobatkan sebagai salah satu pantai tercantik di Pulau Jawa. Pantai Pangandaran memiliki bentangan pantai yang luas. Pantai ini telah menjadi objek wisaya Pangandaran sejak tahun 2012. Pangandaran merupakan bagian dari selatan Pulau Jawa yang terkenal karena ombak besarnya. Namun pantainya landai dengan rentang waktu antara pasang lautnya yang relatif lama. Ombak pemandangan yang tenang dan pemandangan matahari yang spektakuler membuat pantai ini begitu menawan terlebih ketika sore hari. Kawasannya terbagi menjadi dua bagian yakni pantai Pangandaran Barat dan pantai Pangandara timur. Keduanya dipisahkan oleh daratan yang menjorok jauh ke lautan atau yang biasa disebut sebagai teluk.


Karakteristik

Pantai Pangandaran merupakan pantai yang menghadap ke Samudra Hindia. Pasir putih dan pasir hitam, disertai dengan kondisi alamnya yang masih indah dan alami, ditambah lingkungannya yang bersih dan berombang tenang serta pemandangan matahari terbenam yang spektakuler. Di pantai Pangandaran ini terdapat sebuah daratan yang menjorok ke laut dikenal yang sekarang menjadi cagar alam atau hutan lindung yang dikenal sebagai Cagar Alam Pananjung seluas 530 hektar, tanjung inilah yang mengambat atau mengurangi gelombang besar untuk sampai ke pantai serta jarak antara pasang dan surut relatif lama sehingga memungkinkan orang untuk berenang dengan aman.[8] Di dalamnya terdapat gua-gua yang terbentuk ratusan bahkan ribuan tahun. Gua alam yang terbentuk itu di dalamnya terdapat bebatuan stalagtit (endapan berbentuk batuan keras) dan batuan granit yang menggantung di langit-langit. Kondisi pantai yang menjorok ke laut membuat gelombang cukup landai sehingga banyak nelayan dari wilayah lain datang. Selain itu, terdapat pula menara pengawas milik bay watch atau biasa disebut life guard.


Harga Tiket

Untuk memasuki kawasan wisata pantai pengunjung akan dikenakan biaya tiket masuk. Harga tiket masuknya cukup murah dan berlaku sama setiap hari. Tidak ada perbedaan tiket antara anak dan dewasa.

Harga Tiket Masuk

• Tiket Pejalan Kaki Rp6.000

• Sepeda Motor Rp14.000

• Jeep/Sedan Rp37.500

• Mini Bus Kecil Rp65.000

• Mini Bus Besar Rp92.500

• Bus Kecil Rp126.000

• Bus Sedang Rp188.000

• Bus Besar Rp310.000


Jam Oprasional

Pantai ini dibuka untuk umum dari pagi hingga malam hari. Bagi yang tidak ingin berenang bisa berkunjung lebih sore untuk menikmati suasana pantai yang lebih tenang.

Waktu operasional

Senin – Minggu Pk. 09.00 – 21.00


Aktivitas dan Wahana

Objek wisata Pantai Pangandaran merupakan primadona pantai di Jawa Barat. Kawasannya juga memiliki taman laut dengan ikan-ikan dan kehidupan laut yang mempesona. Pantai ini selalu dikunjungi wisatawan dari berbagai daerah yang puncaknya pada perayaan pergantian tahun.

Wisatawan dapat menyaksikan matahari terbit di Pantai Timur Pangandaran dan matahari tenggelam di Pantai Barat. Beragam aktivitas seperti berenang, berperahu pesiar, memancing, maupun menyusuri pantai dilakukan di sini. Berbagai acara pun digelar seperti upacara Hajat Laut dan festival layang-layang internasional.

• Menelusuri Sepanjang Pantai

Di Pantai Pangandaran wisatawan dapat menikmati horison Samudera Hindia dengan sensasi angin lautnya. Pantai ini terkenal dengan keindahan pasir hitam dan pasir putihnya.

Wisatawan dapat berjalan-jalan menelusuri sepanjang pantai merasakan tekstur pasirnya. Dengan berkeliling, wisatawan akan disuguhi keindahan alam Pantai Pangandaran dan sejuknya udara pantai. Dapat juga mengayuh sepeda yang disewakan atau berkuda untuk menyusuri garis pantainya.

• Berenang di Pantai Berpasir Putih

Pangandaran merupakan bagian dari pantai selatan Pulau Jawa yang terkenal mempunyai ombak besar. Namun pantainya landai dengan rentang waktu antara pasang-surut air lautnya yang relatif lama. Hal ini memungkinkan wisatawan untuk berenang di tepian dangkal yang berombak tenang. Wisatawan juga banyak yang bermain di pasir pantai karena suasananya yang sejuk.

• Wahana Water Sport di Pantai Pangandaran

Pantai Pangandaran memiliki berbagai fasilitas yang mendukung aktivitas watersport bagi wisatawan. Salah satunya wahana Banana Boat dan Jet Ski yang sekaligus menjadi sarana berkeliling perairan pantai.

• Pemandangan Bawah Laut Pantai Pangandaran

Pemandangan bawah lautnya lengkap dengan terumbu karang serta aneka ragam ikan warna warni.Untuk menyaksikan alam bawah air tersebut, wisatawan dapat pergi ke Pantai Pasir Putih. Lokasi ini terkenal dengan keindahan pasir putihnya. Sebagai alternatif menuju ke sana, wisatawan dapat berjalan melalui cagar alam atau menggunakan perahu.

Keanekaragaman biota di taman laut dapat dijelajahi dengan ber-snorkeling maupun menggunakan perahu pesiar. Wisatawan dapat juga menikmati keindahan pasir putih dan segarnya keasrian hutan cagar alam.

• Sunset dan Sunrise di Pantai Pangandaran

Pesona Pantai Pangandaran yang selalu diburu wisatawan adalah momen sunrise dan sunset. Istimewanya, kedua momen tersebut dapat dinikmati dari satu tempat. Di sini, wisatawan dapat menyaksikan sekaligus mengagumi indahnya matahari terbit dan terbenam.

Jika wisatawan datang pagi hari, maka akan mendapatkan kesempatan melihat pemandangan matahari terbit di timur. Sedangkan pada bagian barat pantai di sore hari akan terlihat indahnya matahari terbenam.

• Mengangkut Ikan Hasil Tangkapan Para Nelayan

Pantai Pangandaran terkenal sebagai dermaga para nelayan karena banyak terdapat nelayan yang berlayar mencari ikan. Di selatan pantai juga ada tempat pelelangan ikan yang didapat langsung dari nelayan selepas melaut. Wisatawan pun dapat merasakan sensasi berlayar dan menjaring ikan di pantai ini.

Salah satu kegiatan rutin di pantai ini yaitu bersama-sama warga lokal mengangkut ikan ke pinggir pantai. Jaring Arad/Ered/Tarik adalah alat penangkap ikan yang jaringnya ditarik dari sisi kanan dan kiri. Masing-masing sisi terdiri dari 6-10 orang yang menarik jaring dari pesisir pantai.

Wisatawan pun dapat ikut serta dalam aktivitas membantu menarik hasil tangkapan para nelayan Pangandaran ini. Saat satu kapal nelayan hendak merapat ke pantai, puluhan orang datang berduyun-duyun menarik kapal. Suasana begitu riuh, saling membantu satu sama lain para nelayan yang baru pulang melaut.

• Berbagai Event Nasional & Internasional

Pada momen tertentu, beberapa event digelar di Pantai Pangandaran. Berbagai perayaan dan festival-festival tahunan diadakan pemerintah setempat melalui pengelola maupun warga masyarakat. Hal tersebut menambah daya tarik Pantai Pangandaran dan meningkatkan lebih banyak lagi wisatawan.

Acara tradisional seperti Hajat Laut digelar sebagai upacara melarung sesajen ke laut lepas. Nelayan Pangandaran mengadakannya sebagai perwujudan rasa terima kasih mereka terhadap kemurahan Tuhan YME. Acara ini biasa dilaksanakan setiap tahunnya di bulan Suro pada penanggalan kalender Jawa.

Sedangkan event pariwisata bertaraf internasional di Pantai Pangandaran adalah Festival Layang-layang Internasional. Pangandaran International Kite Festival ini biasa dilaksanakan setiap bulan Juni atau Juli. Puluhan ribu wisatawan lokal dan mancanegara memadati festival yang dimeriahkan konser musik dan ronggeng ini.

• Wisata Kuliner di Tepi Pantai Pangandaran

Di Pantai Pangandaran, wisatawan dapat mencoba berbagai macam olahan hasil laut. Beraneka ragam olahan ikan, cumi-cumi, kepiting, udang dan hasil laut lainnya merupakan santapan wajib. Aneka menu hidangan laut tersedia di restoran maupun di warung-warung makan ditawarkan di kawasan pantai.

Dengan harga ekonomis, Pantai Timur menjadi surganya para penikmat makanan khas laut atau seafood.


3 Spot Primadona

• Pantai Pananjung,

Berada di sisi barat dengan ombak akrab berlatar hutan perbukitan. Daerah dengan sebuah goa alami dan bunker Jepang ini merupakan santunan satwa kera dan rusa. Dengan menempuh pendakian bukit, dapat terlihat riam cantik dan hamparan keindahan Pantai Pananjung.

• Pantai Timur,

Memanjakan wisatawan dengan kelezatan hidangan laut. Mulai dari warung makan hingga restoran menyajikan menu andalan berbahan hasil laut. Dilengkapi dengan pasar ikan, lokasi ini menjadi pilihan wisatawan berbelanja ikan segar untuk oleh-oleh. Wahana air seperti Jet Ski dan Banana Boat juga ditawarkan di sini.

• Belanja Souvenir,

Makanan khas pangandaran, yaitu ikan asin Jambal Roti menjadi oleh-oleh incaran wisatawan. Untuk pecinta karya seni, tersedia pernak-pernik berbahan dasar kerang dan lainnya. Selain itu juga ada kaos, topi, celana pendek, dan baju renang.


Lokasi

Destinasi wisata primadona Jawa Barat ini terletak di Desa Pananjung Kecamatan Pangandaran Kabupaten Ciamis.


Wonderful Indonesia