GREEN CANYON

Tentang Grenn Canyon

Salah satu wisata yang terletak di Desa Kertayasa Kecamatan Cijulang, Kabupaten Ciamis ± 31 km dari Pangandaran. Ngarai ini terbentuk dari erosi tanah akibat aliran sungai Cijulang selama jutaan tahun yang menembus gua dengan stalaktit dan stalakmit yang mempesona serta diapit oleh dua bukit dengan bebatuan dan rimbunnya pepohonan menyajikan atraksi alam yang khas dan menantang. Untuk mencapai tempat ini, kita harus menyewa sebuah perahu kayuh dari dermaga Ciseureuh. Perjalanannya memakan waktu kurang lebih 30-45 menit dengan jarak sekitar 3 km untuk sampai ke Green Canyon. Harga sampannya sekitar Rp.75.000 untuk maksimal 5 orang dan beroperasi setiap hari mulai dari pukul 7.30 sampai 16.00 WIB. Sepanjang perjalanan, mata kita akan dimanjakan oleh hijau teduhnya warna air sungai.|[1] Di mulut gua terdapat air terjun Palatar sehingga suasana di objek wisata ini terasa begitu sejuk. Kegiatan yang dapat dilakukan di antaranya panjat Tebing, berenang, bersampan sambil memancing. Untuk mencapai lokasi ini wisatawan dapat menggunakan perahu yang banyak tersedia di Dermaga Ciseureuh, baik perahu tempel maupun perahu kayuh. Objek wisata ini berdekatan degan objek wisata Batukaras serta Bandar Udara Nusawiru.


Nama

Nama Green Canyon dipopulerkan oleh seorang Perancis pada tahun 1993. Namun, orang Sunda menyebut Green Canyon dengan sebutan Cukang Taneuh atau dalam bahasa Indonesia berarti Jembatan Tanah. Nama Green Canyon ini juga merupakan pelesetan dari nama Grand Canyon yang ada di Colorado, Amerika Serikat.


Harga Tiket

Di daerah wisata ini sangat cocok jika pengunjung datang berkelompok, karena hitungan untuk transportasi dan aktivtas kebanyakan dihitung secara kelompok. Tiket retribusi per perahu sebesar Rp200.000, kemudian peralatan untuk aktivitas rata-rata diharga Rp250.000 perpaket untuk 5 orang.

Biaya Paket Green Canyon Pangandaran

• Paket Hemat (Minimal 5 Orang) Rp180.000/Orang

• Paket Standart (Minimal 5 Orang) Rp220.000/Orang

• Paket Lengkap (Minimal 5 Orang) Rp235.000/Orang

Wisatawan yang berkunjung ke sini sebaiknya membawa uang dalam bentuk cash. Karena transportasi yang tersedia hanya perahu dan cukup menyulitkan jika menggunakan selain uang tunai. Ditambah lokasi menuju fasilitas seperti ATM yang cukup jauh mungkin akan menyulitkan pengunjung nantinya, sehingga lebih baik bersiap-siap.


Aktivitas

Sebagai wisata alam tentu aktivitas di lokasi pariwisata ini akan bernuansa alam hingga ekstrim. Aktivtas ini akan cocok sekali untuk wisatawan yang menyukai tantangan juga alam. Jadi aktivitas apa saja yang bisa dilakukan disini? Let’s check this out!

o Menyusuri Sungai Diantara Ngarai

Jika pengunjung yang lebih senang menikmati keindahan alam tanpa terkena sejuknya air. Di tempat wisata ini memungkinkan wisatawan mengarungi sungai menggunakan perahu. Jarak ngarai yang harus ditempuh adalah sekitar 3 kilometer dan bisa ditempuh dalam waktu 30-45 menit.

Pengunjung bisa mendapatkan foto-foto menawan keindahan sungai Cijulang yang diapit lembah sepanjang perjalanan. Untuk mendapatkan spot terbaik dan mengenal kawasan wisata bisa menyewa pemandu.

Untuk keamanan tidak perlu khawatir. Setiap penumpang perahu akan diberikan masing-masing rompi pelampung.

o Body-rafting Green Canyon Pangandaran

Ini dia, kalau pengunjung yang benar-benar ingin merasakan nuansa alam terbaik dari wisata di Green Canyon Pangandaran. Body-rafting adalah jawabannya. Tanpa menggunakan perahu mesin atau perahu karet. Pengunjung akan menyusuri sungai hanya berbekal pelampung, helm dan tubuh sebagai alat transportasinya.

Karena tergolong olahraga ekstrem sangat baik jika pengunjung yang ikut body-rafting sudah memiliki kemampuan berenang. Walaupun tidak wajib tetapi akan sangat membantu agar tetap dalam kondisi tenang dan tidak panik ketika berada di air. Tetapi jangan khawatir karena pengunjung dibekali dengan pemandu dan peralatan keamanan yang lengkap.

o Bodyrafting di Green Canyon Cukang Taneuh Ciamis

Pengunjung juga akan tetap memiliki waktu istirahat ketika melakukan olahraga ini. Karena akan melakukan aktivtas dalam air selama berjam-jam akan menurunkan suhu badan. Sehingga di pertengahan jalan perlu untuk mengisi tenaga dengan snack dan menghangatkan tubuh.

o Loncat Batu Tebing

Kalau aktivitas tadi masih belum memuaskan untuk para pengunjung masih ada loncat batu dan loncat tebing. Nama aktivitasnya saja sudah sangat menantang dan cukup berbahaya. Tetapi jangan khawatir, selama masih ada di daerah ini dan dalam pengawasan para penjaga disini tetap aman.

Pengunjung yang ingin mencoba aktivitas ini dapat melompat dari batu atau tebing dengan ketinggian 5 meter sampai 10 meter. Pengunjung yang mencoba tentu akan sangat puas setelah melompat karena langsung masuk ke air di kawasan ini yang terkenal akan kesejukannya.

o Menikmati Sejuknya Hujan Abadi

Selain berenang, body-rafting dan lompat tebing, pengujung bisa bersantai menikmati hujan abadi. Hujan abadi ini merupakan tumpahan air akibat rembesan air dari celah lembah. Debit air yang mengalir ini membentuk air mancur seperti hujan yang tak pernah habis.

Berfoto atau sekadar mandi di derasnya hujan abadi ini menjadi aktivitas yang tidak kalah seru.


Lokasi

Wisata ini berlokasi di Jl. Raya Cijulang – Green Canyon Pangandaran, RT.02/RW.10, Cijulang, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat 46394.


Wonderful Indonesia