CURUG CINALUNG

Tentang Curug Cinalung

Salah satu wisata yang berada di Cicalengka Sindang wangi, Sindulang, Cimanggung, Kabupaten Sumedang, Provinsi Jawa Barat. Curug ini memiliki ketinggian 50-60 m. Sebenarnya namanya adalah Curug Sindulang tetapi lebih terkenal dengan nama Curug Cinulang. Dinamakan Curug Sindulang karena letaknya yang berada di Desa Sindulang, tetapi orang-orang tetap mengenalnya dengan Curug Cinulang.

Daya tarik dari Curug Cinulang Cicalengka adalah pemandangan alam yang ada di sekitar dari air terjun Cinulang ini akan memberikan pengalaman yang sangat berbeda.

Sebagian dari pengunjung menganggap bahwa air terjun ini sangat romantis karena didukung dengan udara yang sangat sejuk. Kamu juga bisa menemukan suasana seperti ini di Bukit Bintang Bandung.

Hal ini yang membuat sebagian dari pengunjung memang datang dengan pasangan masing-masing. Selain itu, kamu juga akan mendengar suara alam yang sangat merdu dan bisa membuat suasana menjadi lebih menyenangkan.

Pada saat menikmati suasana air terjun Cinulang maka kamu akan menikmati pengalaman spritiual yang sangat mengesankan. Apalagi air terjun ini memiliki dua jalur dengan aliran yang cukup deras.

Ketinggian dari masing-masing air terjun itu mencapai 30 meter. Hal ini yang membuat suara dari air terjun sangat sejuk. Bahkan, pada waktu tertentu suara dari gemuruh air terjun bisa kamu dengarkan pada saat masuk dari pintu utama.

Jalur yang akan di lewati oleh pengunjung juga tidak terlalu terjal dan licin. Namun, sebaiknya kamu juga memperhatikan tanda yang telah dibuat pengelola saat memasuki wilayah dari air terjun ini. Hal ini untuk memudahkan akses menuju lembah hingga air terjun.

Suasana yang akan kamu dapatkan saat berkunjung ke lokasi wisata ini memang akan berbeda. Kamu akan merasakan ketenangan hati yang berbeda. Kondisi yang cukup tenang dengan gemuruh air terjun juga dilengkapi dengan kondisi udara yang sangat sejuk. Hal ini yang membuat sebagian dari pengunjung memang datang ke tempat ini untuk mencari ketenangan batin.


Lokasi dan Rute

Rute ke wisata air terjun Bandung tidaklah terlalu sulit. Lokasi dari curug ini berada di desa Sindulang, Cimanggung yang masih masuk dalam wilayah administrasi Sumedang. Sebagian dari pengunjung menganggap bahwa lokasi wisata ini memang cukup mudah dijangkau dari Bandung.

Kamu disarankan untuk menggunakan kendaraan pribadi jika ingin mengunjungi objek wisata ini. Memang ada beberapa pilihan kendaraan umum. Namun, akses yang digunakan kendaraan umum biasanya sangat berbeda.

1. Menggunakan Kendaraan Pribadi

Bila kamu memutuskan untuk menggunakan kendaraan pribadi tentu saja bisa menggunakan akses yang lebih mudah. Perjalanan dimulai dari Jalan Raya Bandung menuju Garut yang melewati Cileunyi.

Pada saat memasuki wilayah jalan by pass Cicalengka ada jembatan dan penunjuk jalan yang telah disediakan. Ikuti penunjuk jalan itu. Lokasi Curug ini sekitar 8 KM dari penunjuk jalan yang telah diberikan.

2. Menggunakan Travel Guide

Kamu bisa menggunakan jasa guide untuk memudahkan perjalanan menuju tempat ini, banyak sekali Travel Guide yang ada di Bandung. Hal yang menarik dari akses ke curug cinulang adalah pemandangan yang sangat mengesankan.

Kamu bisa menikmati panorama sawah hingga pegunungan. Bahkan, sebagian dari pengunjung yang melewati akses ini kadang-kadang berhenti sejenak untuk mengabadikan momen. Kamu juga bisa menemukan pemandangan alam yang berbeda di Kawah Putih Ciwidey.


Kegiatan yang bisa dilakukan

Kamu harus tahu bahwa banyak hal yang bisa dilakukan selama berkunjung ke Air terjun cinulang ini. Apalagi pengelola memang mengandalkan Curug Cinulang Bandung sebagai objek wisata utama.

Kamu bisa mempertimbangkan beberapa pilihan kegiatan yang mungkin bisa membuat waktu liburan menjadi menyenangkan. Beberapa kegiatan yang bisa kamu lakukan selama berada di lokasi air terjun, seperti :

1. Menikmati Pemandangan Alam

Selama kamu berada di lokasi air terjun ini bisa menikmati keindahan alam yang masih asri. Bahkan, pada saat kamu sudah memasuki sebagian wilayah dari lokasi wisata ini juga sudah disambut oleh panorama yang sangat menarik.

Di sekitar air terjun terdapat lembah dengan bebatuan yang terdiri dari berbagai ukuran. Aliran air yang menarik itu akan memberikan pengalaman liburan yang berbeda.

2. Beristirahat Sambil Mendengarkan Suara Slam

Kamu juga bisa menggunakan beberapa spot tertentu untuk beristirahat sejenak sambil mendengarkan suara alam. Biasanya beberapa pengunjung duduk di atas batu yang cukup besar sambil menghirup udara yang masih sejuk.

Kegiatan ini dianggap memberikan ketenangan pikiran dan melupakan sejenak seluruh penat pekerjaan atau beban pikiran lainnya. Jika kamu ingin ke wisata yang memiliki banyak fasilitas, bisa berkunjung ke Taman Hutan Raya Djuanda yang juga ada di Bandung.

3. Berfoto dengan Latar Belakang Air Terjun

Tentu saja kegiatan ini menjadi hal yang paling utama untuk dilakukan. Ada beberapa pilihan spot yang bisa kamu gunakan untuk berfoto. Apalagi area dari curug cinulang juga cukup luas sehingga kamu akan mendapatkan sudut pandang background air terjun yang sangat menarik.

Namun, perhitungkan juga jarak yang digunakan untuk mengambil foto dengan background itu. Dan jika kamu ingin background foto air terjun lainnya, bisa juga datang ke Curug Cimahi bandung.

4. Menikmati Aliran Air Terjun di Sekitar Lembah

Banyak juga pengunjung yang mencoba untuk menikmati aliran air terjun yang ada di sekitar lembah. Aliran air terjun ini akan melewati beberapa batu. Hal ini akan memudahkan anda untuk menjangkau aliran air itu.


Tips

Selama mengunjungi destinasi wisata di Bandung tentu saja kamu harus memperhatikan beberapa hal. Ini akan membantu kamu untuk menikmati curug tanpa harus mengalami masalah tertentu. Beberapa tips yang bisa dipertimbangkan saat mengunjungi curug Cinulang adalah :

• Gunakan kendaraan pribadi dengan jenis minibus atau motor. Hal ini dikarenakan jalur di sekitar curug tidak terlalu lebar. Rombongan pengunjung yang menggunakan bus hanya bisa sampai pada titik by pass Cicalengka.

• Jangan lupa untuk membawa tambahan pakaian atau jaket. Ini dilakukan untuk menghindari pulang dengan kondisi yang sangat basah.

• Kamu harus selalu menjaga kebersihan lokasi dari tempat wisata ini. Jangan pernah membuang sampah sembarangan.


Harga Tiket

Curug ini dibuka untuk umum setiap hari dengan jam operasional dari jam 8 pagi hingga 5 sore. Biaya tiket masuk yang harus dibayarkan oleh setiap pengunjung adalah Rp. 10.000. Ada beberapa fasilitas umum yang bisa kamu gunakan selama berkunjung.


Wonderful Indonesia