AIR TERJUN CIKASO

Tentang Air Terjun Cikaso

Salah satu wisata yang terletak di selatan Kabupaten Sukabumi. Air terjun ini juga dikenal sebagai Curug Luhur, tetapi nama Curug Cikaso lebih dikenal masyarakat sekitar dikarenakan aliran airnya berasal dari anak Sungai Cikaso yaitu Sungai Cicurug.

Curug Cikaso terbentuk dari tiga titik air terjun yang berdampingan dalam satu lokasi di mana di bagian bawah air terjun ini terdapat kolam dengan warna air hijau kebiru-biruan. Kedua titik air terjun dapat terlihat dengan jelas sedangkan yang satu agak tersembunyi dengan tebing yang menghadap ke arah timur. Masing-masing air terjun mempunyai nama masing. Yang kiri bernama Curug Asepan, tengah bernama Curug Meong dan kanan bernama Curug Aki. Ketiga curug ini memiliki ketinggian sekitar 80 meter dengan lebar tebingnya sekitar 100 m. Aliran air di kolam ini berlanjut mengalir ke Sungai Cikaso hingga menuju muara dekat Samudra Hindia di perbatasan Kec. Cibitung dengan Kec. Tegal Buleud. Kolam tersebut dapat digunakan untuk berenang, tetapi adanya pengawasan penjaga, dikarenakan kedalaman kolam ini mencapai 15 meter

Memiliki ukuran lebar 100 m dan ketinggian sekitar 30 m, Curug Cikaso ini terdiri dari tiga titik aliran air dengan dasar air terjun berbentuk kolam yang berisikan air jernih berwarna biru kehijauan. Dua aliran air terjun tersebut sangat jelas terlihat, sedangkan satu aliran lagi terlihat agak bersembunyi di balik tebing.

Ketiga air terjun tersebut memiliki nama masing-masing yaitu sebelah kiri bernama Curug Asepan, tengah bernama Curug Meong, sedangkan yang paling kanan bernama Curug Aki.

Jarak antara Curug Cikaso sendiri dengan Kota Jakarta terbilang cukup jauh yaitu sekitar 200 km. Akses menuju kawasan lokasi wisata ini dapat ditempuh dengan 2 alternatif berbeda. Alternatif pertama adalah dengan menggunakan perahu motor yang telah disediakan dengan harga sewa Rp80.000 dan untuk alternatif kedua yaitu dengan berjalan kaki menyusuri pematang sawah milik penduduk setempat. Selama perjalanan pengunjung akan dimanjakan dengan keindahan alam Curug Cikaso yang lengkap dengan kawasan hutan tropis, persawahan serta tebing-tebing yang menjulang membuat kita sejenak melupakan hiruk pikuk kota.

Setibanya dibalik Curug Cikaso, Anda masih harus menempuh perjalanan di jalan setapak berbatuan dalam kawasan hutan lebat di Curug Cikaso. Tak selang berapa lama, hanya sekitar 2 menit dan Anda mulai mendengar gemuruh air terjun yang berjatuhan dari tebing setinggi 80 m itu.

Bagi Anda para pecinta traveling, akan menjadi sangat luar biasa ketika Anda dapat menemukan sebuah spot keindahan alam tersembunyi di balik curamnya tebing-tebing tinggi menjulang ataupun dibalik lebatnya hutan.

Air yang sejuk dan dingin, keindahan panorama 3 air terjun berjajar ini akan menjadi kenangan perjalanan terindah di pedalaman Sukabumi dan membuat Anda ingin kembali ke curug nan megah ini.


Lokasi

Air terjun ini terletak di pesisir barat daya pulau Jawa, tepatnya di Kampung Ciniti, Desa Cibitung, Kec. Cibitung, Kab. Sukabumi, Jawa Barat, Indonesia.


Harga Tiket

Harga Tiket Masuk Curug Cikaso Sukabumi

• Tiket Masuk Rp3.000

• Kebersihan Rp2.000

Biaya Parkir

• Pejalan Kaki Rp6.000

• Sepeda Motor Rp15.000

• Mobil Rp27.000

• Perahu Persewaan Rp60.000 / perahu

• Pemandu Wisata Rp50.000 – Rp70.000

• Toilet Umum Rp2.000

Note :

Satu buah perahu maksimal dapat dinaiki 10 orang saja. Harga tiket masuk Curug Cikaso Sukabumi dapat berubah sewaktu – waktu tanpa adanya pemberitahuan terlebih dahulu oleh pihak pengelola.


Wahana

1. Tiga Saluran Air

MTerdapat tiga saluran air yang di tampung di kolam yang sama dan ketiganya memiliki nama sendiri – sendiri. Di sebelah paling kiri bernama Curug Asepan, di tengah bernama Curug Meong, dan sebelah kanan bernama Curug Aki.

2. Tegalbuleud

Tegalbuleud ini merupakan sebuah muara yang ada di bawah Curug Cikaso dengan warna air biru kehijauan dan tentunya jernih. Muara ini biasa digunakan oleh para pengunjung untuk berenang ataupun hanya bermain air saja.Muara tersebut juga cukup luas untuk dapat menampung banyak pengunjung.

Namun para pengunjung harus berhati – hati jika berenang di sini karena muara ini sangat dalam. Tak jarang muara ini memakan korban.

3. Memancing

Kita dapat memancing ikan di kawasan wisata ini. Terdapat banyak jenis ikan yang hidup di sini

4. Camping

Para pengunjung dapat bermalam di kawasan ini. Sensasi yang tidak akan di dapatkan jika berada di tempat wisata lain.


Jam Oprasional

Curug Cikaso di buka Senin s/d Minggu pada pukul 07.00 WIB sampai pukul 17.00 WIB.


Wonderful Indonesia