TANJUNG BENOA

Tentang Tanjung Benoa

Tanjung Benoa merupakan tempat wisata di Bali yang terkenal akan pantainya. Tempat ini juga merupakan surganya wahana air seperti banana boat, scuba diving, parasailing, rolling donut, seawalker, flying fish, snorkeling dll. Selain itu, terdapat pelayaran menuju Pulau Penyu tempat hidup dan penangkaran seekor kura-kura, ular, jalak bali, dan sebagainya. Sehingga tidak salah kalau Tanjung Benoa dikenal sebagai pusat wisata bahari di Bali.

Aktivitas wahana air sangat tergantung dari kondisi pasang surut air laut yang dikenal istilah pasang purnama dan pasang tilem. Jika kena pengaruh bulan mati (tilem), atraksi wisata laut baru bisa dilangsungkan di atas pukul 11.00 hingga sore. Sebaliknya, kalau terkena pengaruh pasang purnama (bulan penuh), wisatawan bisa memulai aktivitas wisata tirta sejak pagi hari, sekitar pukul 09.00 hingga sore hari biasanya sampai jam 4 sore. Bibir pantai Tanjung Benoa memiliki laut yang aman, nyaman dan indah. Karang lautnya masih lestari, sehingga ombak akan pecah di luar, sebelum menyentuh bibir pantai. Karena itu, di pantai Tanjung Benoa dikenal istilah laut dangkal dan laut dalam.

Pesisir pantai Tanjung Benoa mencakup tujuh lingkungan/banjar, enam di antaranya masuk wilayah Kelurahan Tanjung Benoa (Banjar Kerta Pascima, Anyar, Tengah, Purwa Santi, Panca Bhineka, dan Banjar Tengkulung), sedangkan Banjar Terora masuk wilayah Kelurahan Benoa. Luas keseluruhannya 400,39 hektar, 226,64 hektar di antaranya adalah luar wilayah Banjar Terora. Dengan demikian luas wilayah Tanjung Benoa hanya 173,75 hektar.


Harga Tiket

Untuk masuk ke area tempat watersportnya, di Gapura Selamat datang ini kamu akan ‘dikutip’ tiket masuk yang besarannya adalah sebagai berikut:

• Mobil : Rp5.000/mobil (bukan per orang)

• Bus plat Bali: Rp10.000/bus (bukan per orang)

• Bus plat luar bali: Rp15.000/bus (bukan per orang)


Daya Tarik

Sudah tentu apabila kita ingin menikmati pantai - pantai yang ada di Bali banyak menawarkan keindahan dan keeksotisan. Pantai Tanjung Benoa juga banyak menawarkan aktifitas yang unik serta menyenangkan yang memiliki keindahan luar biasa dengan pasir pantai yang putih serta keindahan bawah lautnya. Berikut ini adalah beberapa daya tarik Pantai Tanjung Benoa Bali.

o PANTAI PASIR PUTIH YANG INDAH DI BALI

Pantai yang indah dan luar biasa terletak di daerah wisata Tanjung Benoa ini menawarkan pesona dan eksotisme yang luar biasa yang di lengkapi oleh pasir putih yang cantik dan menawan hingga cocok bagi anda yang ingin mengabadikan momen momen liburan dengan berfoto ria karena pantai ini sangat instagramable. Pantai yang seru sehingga banyak para wisatatawan betah untuk berlama lama menikmati sambil berjemur dan menikmati keseruan keseruan di Pantai Tanjung Benoa.

o PANTAI WISATA BAHARI ATAU WISATA BAWAH LAUT DI PULAU BALI

Selain menjadi pantai yang terkenal hingga mancanegara yang menawarkan banyak keindahan. Pantai Tajung Benoa juga menawarkan hal menarik lainnya seperti aktivitas Tanjung Benoa Watersport yang seperti kita ketahui bahwa pantai Tanjung Benoa merupakan kawasan wisata pantai yang merupakan surga bagi wahanan permainan air di Bali yang menjadi favorit. Pantai Tanjung Benoa Bali memiliki karakteristik dengan gelombang air lautnya yang relatif sangat tenang sehingga Pantai Tanjung Beno sangat pantas untuk dijadikan lokasi tempat bermain beragam wahana olahraga air serta aktifitas bawah laut atau underwater. Adapun daftar permainan yang ada di Tanjung Benoa seperti:

• Rolling Donut Tanjung Benoa: Ini adalah wahana watersport yang ada di pantai tanjung benoa yang berupa perahu karet yang berbentuk donut yang ditarik speedboat berkeliling dan anda dapat menikmati keseruan serta dapat menguji nyali anda.

• Flying Fish Tanjung Benoa: ini adalah permainan air atau watersport yang berupa 3 buah banan boat yang berbentuk pisang yang dijadikan satu dengan tambahan rubber boat yang melintang di depannya ada semacam sayap di samping kiri dan kanan.

• Snorkeling Fish Tanjung Benoa: merupakan kegiatan menyelam di permukaan air laut perairan dangkal menggunakan perlatan berupa masker untuk menyelam dan snorkel.

• Sewalker Tanjung Benoa: adalah kegiatan wisata berjalan dibawah atau dasar laut menggunakan helm yang kedap air sehingga kita dapat berjalan didasar laut dan air laut tidak akan masuk kedalam helm.

• Flyboard Tanjung Benoa: adalah wahanan watersport atau permainan air sejenir dengan jet pack air yang melekat pada kerajinan air pribadi (PWC) yang memasok penggerak untuk menggerakkan Flyboard melalui udara dan air.

• Wakeboarding Tanjung Benoa: adalah wahana uji nyali yang merupakan permainan olahraga air yang menggabungkan skateboard dan surfing dan di tarik dengan speedboat. Harga Permainan Watersport di Tanjung Benoa Bali

o Banana Boat Rp. 70.000

o Parasailing Rp. 80.000

o Rolling Donut Rp. 80.000

o Jetski Rp. 150.000

o Flying Fish Rp. 150.000

o Wakeboard Rp. 250.000

o Waterski Rp. 250.000

o Snorkeling Rp 150.000

o Scuba Diving Rp. 300.000

o Sewalker Rp. 350.000

o Flyboard Rp. 550.000

o Parasailing Adventure Rp. 350.000


Obyek Wisata

1. Diving

Olahraga air yang satu ini sangat popular di Pantai Tanjung Benoa. Ada banyak sekali tempat yang menyewakan perlatan yang berkenaan dengan menyelam. Tempat yang direkomendasikan untuk dijadikan sebagai tempat menyewa peralatan bernama Pacific Bahari Water Sport.

Tempat persewaan peralatan water sport yang satu ini tergolong lengkap dan dapat dijangkau dengan harga yang miring. Di tempat ini, pengunjung akan disambut dengan sangat ramah.

2. Olahraga Air

Olahraga air selain diving adalah mengendarai banana boat. Hal ini akan menjadi sangat menarik, tetapi tentu saja Anda sudah harus siap dengan baju yang menjadi basah. Sangat disarankan Anda untuk membawa baju ganti yang dilapisi dengan plastik.

1Harga yang ditawarkan di setiap tempat adakalanya sangat bervariasi, sehingga disarankan untuk melakukan survey terlebih dahulu. Yang pastinya Anda akan dibuat bahagia dengan melakukan kegiatan olahraga air yang ada di Pantai Tanjung Benoa ini.

3. Paragliding

Olahraga yang satu ini juga dapat dilakukan di Pantai ini. Tenang saja, bagi Anda yang tidak ahli tidak perlu khawatir, karena pada saat terbang Anda akan didampingi tenaga profesional. Dari ketinggian, pengunjung yang bermain wahana ini dapat menyaksikan keseluruhan pemandangan Pantai.

Tentu saja hal tersebut akan memiliki sensasi tersendiri yang juga turut memacu adrenalin. Walaupun demikian, bagi Anda yang memiliki jantung lemah atau ketakutan terhadap ketinggian yang parah, disarankan untuk tidak melakukan kegiatan yang satu ini.


Wonderful Indonesia