PANTAI KUTA

Tentang Pantai Kuta

Salah satu wisata yang terletak kecamatan Kuta, sebelah selatan Kota Denpasar, Bali, Indonesia. Daerah ini merupakan sebuah tujuan wisata turis mancanegara dan telah menjadi objek wisata andalan Pulau Bali sejak awal tahun 1970-an. Pantai Kuta sering pula disebut sebagai pantai matahari terbenam (sunset beach) sebagai lawan dari pantai Sanur. Selain itu, Lapangan Udara I Gusti Ngurah Rai terletak tidak jauh dari Kuta.


Sejarah

Sebelum menjadi objek wisata, Kuta merupakan sebuah pelabuhan dagang tempat produk lokal diperdagangkan kepada pembeli dari luar Bali. Pada abad ke-19, Mads Lange, seorang pedagang Denmark, datang ke Bali dan mendirikan basis perdagangan di Kuta. Ia ahli bernegosiasi sehingga dirinya terkenal di antara raja-raja Bali dan Belanda.

Selanjutnya, Hugh Mahbett menerbitkan sebuah buku berjudul “Praise to Kuta” yang berisi ajakan kepada masyarakat setempat untuk menyiapkan fasilitas akomodasi wisata. Tujuannya untuk mengantisipasi ledakan wisatawan yang berkunjung ke Bali. Buku itu kemudian menginspirasi banyak orang untuk membangun fasilitas wisata seperti penginapan, restoran dan tempat hiburan.

Dulunya pantai ini adalah habitat dari penyu hijau dan banyak orang yang tidak tahu akan hal ini. Penyu hijau keberadaannya hampir punah dan menjadi salah satu hewan yang dilindungi pemeritah Indonesia.

Penangkaran penyu hijau di pulau Bali sekarang telah dipindahkan ke pantai Tanjung Benoa Bali. Jika anda ingin melihat penyu hijau anda dapat berkunjung ke pulau penyu di Tanjung Benoa menggunakan glass bottom boat, sambil memberikan makan ikan dalam perjalanan menuju pulau penyu di Tanjung Benoa.


Daya Tarik

Sebagai salah satu tempat wisata pantai yang ada di pulau Bali, pantai Kuta adalah jantungnya pariwisata pulau Bali, dan mungkin dapat saya katakan, Kuta adalah tempat wisata yang paling terkenal di Bali. Bagaimana menurut anda, apakah anda berpendapat sama?

Jika pantai Sanur Bali, lebih cocok untuk lokasi melihat sunrise, maka berbeda dengan pantai Kuta yang lebih cocok untuk melihat pemandangan matahari terbenam.

Garis Pantai Kuta Sangat Panjang

Garis pantai di Kuta Bali memiliki betangan sejauh 5 kilometer dan dapat saya katakan garis pantai terbaik di pulau Bali. Hamparan garis pantai sangat landai, juga bibir pantai sangat luas dengan tekstur pasir putih halus. Pantai ini sangat aman untuk tempat liburan, dan kebersihan pantai juga terjaga. Oleh karena itu, walaupun hamparan garis pantai begitu panjang, namun selalu dipenuhi wisatawan.

Selain sebagai tempat wisata, pantai Kuta Bali sering dijadikan lokasi syuting serial televisi anak muda di Indonesia. Anak-anak pantai setempat kadang-kadang ikut terlibat. Mereka kebagian sebagai peran pembantu. Sayangnya pengambilan gambar sering terganggu karena pantai selalu ramai pengunjung.


Aktivitas

Aktivitas wisatawan saat liburan ke pantai ini, sebagian besar berjemur di tepi pantai, berselancar, berenang dan aktivitas liburan pantai lainnya. Karena pantai Kuta Bali, memiliki gelombang ombak besar, jadi sangat cocok untuk lokasi aktivitas berselancar.

Oleh karena itu, banyak peselancar dari belahan dunia memilih pantai Kuta Bali, sebagai lokasi surfing di Bali.

• Selancar

Bagi peselancar pemula, tidak perlu khawatir untuk membawa papan selancar jika ingin berselancar di Kuta. Disepanjang garis pantai banyak disewakan papan surfing dengan harga yang bervariasi, tergantung besar dan kualitas bahannya.

Rata-rata harga sewa papan selancar sekitar Rp 150,000 untuk dua jam. Jika anda ingin belajar selancar juga tersedia di pantai ini, anda akan ditemani pemandu selancar yang sudah berpengalaman dan selalu siap membantu anda memecah gelombang ombak pantai.

• Pemandangan matahari terbenam

Sebagian besar wisatawan Indonesia yang liburan ke pantai Kuta, akan jalan-jalan disekitar pantai. Menjelang matahari terbenam, banyak wisatawan akan mencari tempat duduk ditepi pantai sambil menikmati minuman dingin.

Menjelang sore hari wisatawan yang menginap di sekitar Kuta, biasanya berjalan-jalan menuju pantai untuk sekedar berjemur, sambil menikmati matahari terbenam. Jika cuaca lagi cerah, matahari akan terbenam sekitar jam 18.00.


Lokasi

Lokasi pantai Kuta Bali sangat strategis membuat pantai ini tidak pernah sepi pengunjung. Jika anda menyusuri area bibir pantai menuju arah utara, maka anda akan menemukan lokasi pantai Legian, kemudian pantai Seminyak.

Jika anda berangkat dari Bandara Ngurah Rai, dengan menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat. Maka hanya perlu 15 menit untuk mencapai lokasi pantai. Namun jika terjadi kemacetan di jalan raya, maka waktu tempuh menjadi lebih panjang.


Harga Tiket

Bagi yang belum pernah liburan ke pantai Kuta Bali, pasti akan bertanya! Apakah ada biaya tiket masuk ke objek wisata pantai Kuta Bali?

Sebagian besar objek wisata di pulau Bali akan mengenakan biaya tiket masuk kepada pengunjung. Namun untuk pantai Kuta tidak ada biaya tiket masuk, atau gratis.


Wonderful Indonesia